Guide, Porter Gunung Merbabu : Mendaki Merbabu, Awas Kawah Kenteng Songo

Mendaki Merbabu, Awas Kawah Kenteng Songo

mediapantura.com
Dalam daftar gunung-gunung di Jawa Tengah, Gunung Merbabu tidak masuk sebagai gunung aktif. Untuk itu gunung ini dianggap tidak membahayakan. Tapi itu dibantah masyarakat sekitar. Sebab tiga kawah di puncaknya terus mengirimkan pesan-pesan.

Ya, Gunung Merbabu memang istimewa. Gunung ini tetap berbahaya. Tiga kawah yang terdapat di pucaknya mempunyai nilai mistik tinggi. Keangkeran di kawah ini sebagai pertanda, bahwa Merbabu tidak boleh disepelekan.

Kawah Candradimuka, Kawah Samber Nyawa dan Kawah Kendang sudah sangat dikenal. Selain, tentu, Kenteng Songo (lesung berjumlah sembilan). Sebab Kenteng Songo ini sangat misterius. Siapa saja yang bisa melihat dengan jelas penampakannya dianggap akan mendapat berkah, mendapat keberuntungan.

Gunung Merbabu berada di ketinggian 3.145.M.dpl bersebelahan dengan Gunung Merapi. Gunung Merbabu masuk wilayah Kabupaten Boyolali (sisi timur), Kabupaten Salatiga (sisi utara), dan Kabupatean Magelang (sisi barat).

Untuk menuju puncak Merbabu bisa dilakukan melalui empat arah. Dari sisi timur lewat Kecamatan Ampel, selatan lewat Kecamatan Selo, Utara lewat Kecamatan Kopeng, dan dari sisi barat lewat Megelang. Tapi jalur yang biasa digunakan pendaki, terbanyak lewat jalur selatan dan utara.

Dari jalur selatan naik lewat Selo, dan turun di Kopeng Salatiga. Ini dianggap pendakian sempurna. Sebab dalam kepercayaan masyarakat setempat, pendakian seperti ini bakal mendapatkan berkah dari penguasa Merbabu.

Menaklukkan Gunung Merbabu gampang-gampang susah. Setiap pendaki harus melewati tiga bukit yang memiliki tingkat kemiringan sekitar 70 derajat. Ini yang sangat menguras tenaga. Berbeda dengan Gunung Merapi tetangga sebelahnya yang tanpa bukit tapi sedikit terjal.

Perjalanannya pun lebih lama. Jika mendaki Merapi sekitar 4 jam perjalanan sampai ke puncak, tapi untuk Merbabu paling cepat sekitar enam jam. Itu ukuran kaki penduduk setempat yang setiap hari hidupnya bergelut dengan kerasnya alam pegunungan. har/jss

Sumber :

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin