Sungai Maron Pacitan, “The Indonesia’s Amazon”


Sungai Maron Pacitan, “The Indonesia’s Amazon”

Tabloidwisata.comSungai Maron Pacitan adalah sebuah wisata susur sungai dengan panorama alam yang sangat alami. Air sungai ini sangat jernih dan banyak ditumbuhi pohon kelapa di sisi sungai. Kedalaman Sungai mencapai 20 meter, untuk bagian yang paling dalam. Karena kejernihan airnya, tidak sedikit warga setempat yang memanfaatkannya sebagai kebutuhan sehari hari.

Sungai Maron Pacitan Gambar
Sungai Maron

Eksotisme Sungai Maron Pacitan

Sungai ini dipenuhi dengan ikan kakap merah. Suasana di area sungai sangat tenang dan sejuk. Panorama pepohonan hijau di sisi sungai membuat wisata ini berasa menyusuri sungai Amazon.

Karena keeksotisan dan keindahan panorama nya, Sungai Maron mendapat julukan Green Canyon nya Pacitan dan juga “The Indonesia’s Amazon”. Sungai ini selalu menjadi destinasi favorit bagi mereka yang menginginkan wisata dengan panorama alam yang natural. Bahkan tidak sedikit Artis Ibukota yang tergiur untuk mencoba susur sungai di Sungai Maron.

Susur Sungai Maron Pacitan Gambar
Green Canyon
Tips: Ketika berkunjung ke Sungai Maron sebaiknya saat cuaca cerah. Ketika sedang hujan, air Sungai Maron menjadi keruh dan suasana menjadi kurang bagus

Tiket Masuk & Biaya Sewa Perahu Sungai Maron Pacitan

Aktivitas seru yang umum dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung ke sungai ini adalah susur sungai dengan menyewa sebuah perahu yang disediakan oleh warga. Ketika menyewa sebuah perahu, wisatawan akan dipandu oleh pemilik perahu sekaligus ia yang akan mengemudikan serta mengantarkan perjalanan susur sungai hingga sampai. Perahu kecil yang digunakan untuk susur sungai tersebut cukup untuk menampung hingga 6 orang.

Sungai Maron Pacitan berujung di sebuah muara pantai Ngiroboyo. Susur sungai dilakukan dengan menyusuri sungai sepanjang 4,5 km dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit. Wisatawan yang ingin melakukan susur sungai, harus berjalan 20 meter dari lokasi pembayaran tiket menuju dermaga kecil dimana perahu perahu yang digunakan untuk susur sungai bersandar.
Perahu sungai Maron Pacitan Gambar
Susur Sungai

Wisatawan yang berkunjung ke sungai ini juga berkesempatan menggali informasi menarik tentang Sungai Maron kepada pengemudi perahu yang sekaligus sebagai tour guide.
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 2.000 / orang
  • Harga biaya sewa perahu: Rp. 100.000 s/d Rp 150.000 (Harga tergantung pada kondisi perahu yang disewa).
  • Apabila ingin perahu nya bersandar, maka cukup menambah biaya Rp. 5.000 saja.
Note: Harga diatas dapat berubah sewaktu waktu

Di Sungai Maron Pacitan selalu diadakan event rutin setiap tahunnya, yaitu lomba dayung. Lomba dayung ini dilakukan di sepanjang sungai, dan berakhir di muara pantai Ngiroboyo, pantai yang ramai dengan aktivitas Water Tubing dan Surfing. Event lomba dayung masih cukup baru, Event ini pertama kali diadakan pada tahun 2012.

Lokasi / Alamat Sungai Maron Pacitan

Sungai ini cukup dekat dengan lokasi Pantai Klayar, tepatnya berada di Desa Darsono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jadi ketika anda berkunjung ke sungai ini, anda juga dapat sekalian berlibur ke pantai Klayar.

Rute Jalan Menuju Sungai Maron Pacitan

Kabupaten Pacitan berjarak kurang lebih 100 km dari kota Solo. Jika anda berangkat dari arah Solo maka keberangkatan berawal dari Jl. Raya Pacitan dengan rute sebagai berikut;
Solo => Kab. Pacitan => Kec. Pringkulu => Desa Darsono => Sungai Maron
Kondisi jalan menuju lokasi sedikit kurang bagus dan juga kondisi jalan cukup menanjak dan berkelok kelok. Untuk itu setiap wisatawan yang melintasi jalur tersebut selalu dihimbau untuk lebih berhati hati.

Lihat Sungai Maron Pacitan di Google Map

Sumber : http://www.tabloidwisata.com

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin