Gunung Buka Pasca Covid

Gunung Buka Pasca Covid
Jateng
Gunung Lawu (21-24 Juni 2020)
Gunung Prau (03 Juli 2020)

Jabar - Jatim - Sumatra - Lombok - DLL
Gunung Lainnya kunjungi https://www.xplorewisata.com/p/jalur-buka-tutup-pendakian-gunung.html

SALAM PETUALANGAN !!!

Apabila membutuhkan bantuan informasi, konsultasi, reservasi segera hubungi +62 85 643 455 685 [[ Syarif ]] melalui WhatApp. Pesan anda akan kami respon dengan respon terbaik kami !!!

Gunung Semeru 3.676 MDPL

GUNUNG SEMERU 3.676 MDPL

tarif, rute, jalur pendakian gunung semeru

Sebelum mendaki, simak dulu tips, estimasi biaya dan jalur pendakian gunung Semeru dari Cadventura berikut ini!

Siapa tak kenal Semeru? Gunung yang digadang-gadang sebagi gunung tertinggi di pulau Jawa itu telah memikat ribuan mata baik dari wisatawan domestik maupun mancanegara. Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 mdpl dengan Ranu Kumbolonya yang mempesona. Selain merupakan gunung tertinggi di pulau jawa, gunung Semeru juga salah satu gunung yang memiliki trek yang terbilang susah. Kamu harus menyiapkan keperluan pendakian jauh-jauh hari, mulai dari perijinan, persiapan mental fisik maupun logistik, semua harus siap sedia. Agar pendakianmu menjadi aman dan menyenangkan!
Nah sobat Cadventura, kini Cadventura akan memberikan informasi apa saja yang diperlukan saat pendakian, mulai dari cara perijinan pendakian Gunung Semeru, transportasi, estimasi waktu dan biaya pendakian, serta jalur/rute pendakian. Mau tahu? Yuk simak ini

Perijinan pendakian Gunung Semeru

Untuk melakukan pendakian di Gunung Semeru, kamu harus melengkapi persyaratan wajib sebagai berikut:
  • Fotocopy identitas diri yang masih berlaku sebanyak 2 lembar.
  • Mengisi biodata semua peserta pendakian yang telah tertera pada form pendakian.
  • Surat keterangan sehat dari dokter atau rumah sakit.
  • Membayar karcis masuk, asuransi dan surat ijin pendakian.
  • Mengisi buku tamu (nama ketua kelompok, alamat, jumlah pengikut, nomor surat ijin, tanggal naik dan tanggal turun sesuai yang ada di surat ijin)
  • Mengisi formulir daftar barang bawaan setiap anggota tim.

Transportasi, Estimasi Waktu dan Biaya Pendakian ke Gunung Semeru

Estimasi Waktu
Waktu normal yang dibutuhkan untuk melakukan pendakian gunung Semeru adalah 4 hari 3 malam, atau bisa juga dengan 3 hari 2 malam jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk pendakian. Akan tetapi perjalanan bisa lebih menyenangkan jika ditempuh dengan waktu normal yaitu 4 hari 3 malam karena bisa melakukan camping di Ranu Kumbolo 2 malam sembari menikmati milky way-nya Ranu Kumbolo ditemani api unggun yang menghangatkan. Ah romantisnya!
Transportasi dan Estimasi Biaya
Ada tiga jalur yang bisa kamu lewati untuk sampai di pos Ranu Pani, antara lain: Jalur dari arah Probolinggo, Pasuruan, dan Kota Malang.
Dari Probolinggo: Terminal Probolinggo -> Sukapura -> Desa Jemplang -> Desa Ranu Pani
Dari Pasuruan: Menuju Simpang Dengklik -> Jalur sama seperi Probolinggo
Dari Kota Malang – Tumpang
Para pendaki bisa menggunakan dua alternatif model transportasi yaitu kereta api dan bus. Untuk transportasi menggunakan bus berada di Terminal Arjosari, sementara jika kamu ingin menggunakan kereta berada Stasiun Malang (atau Malang Kota Baru). Setelah berkumpul, lakukan carter angkot sampai ke Tumpang. First! Lakukan negosiasi dengan pak supir angkot dengan biaya di bawah Rp 200.000,-. Setelah itu bisa berangkat ke Tumpang.
Tumpang – Ranu Pani
Saat di Tumpang kamu serombongan perlu mendaftar dulu di pos bawah. Di sini kelengkapan administrasi dicek. Pengecekan yang resmi ada di Ranu Pani, tapi kalau sudah jauh-jauh ke sana dan sobat Cadventura tidak membawa lengkap persyaratan pasti nanti malah kecewa. Di sini pula terdapat berbagai pilihan mobil 4×4 yang siap dinaiki. Kalau ada perlengkapan mendaki yang belum sempat dibeli, di sini ada yang jual.
Setelah semua siap, saatnya menyewa 4×4 untuk naik ke Tumpang. Ada dua opsi:
  • Menunggu satu mobil sampai penuh oleh pendaki yang mau naik, lalu tiap orang bayar. Opsi ini lebih murah biayanya bagi tiap orang, tapi seringkali harus ngantri.
  • Carter mobil buat dinaiki pendaki dan langsung berangkat. Opsi ini lebih cepat, tapi bayar per orang lebih mahal.
tarif, rute, jalur pendakian gunung semeru
Saran dari Cadventura, kalau anggotanya banyak sekitar 10 ke atas ambil yang opsi pertama saja, pasti langsung berangkat! Dan kalau anggotanya sedikit mending ambil opsi yang kedua dari pada nunggu lama ngga berangkat-berangkatkan bisa bikin bete, ya ngga?
Jalan menuju Ranu Pani merupakan jalur utama transportasi umum di wilayah Taman Nasional BTS (Bromo Tengger Semeru). Jadi kalau mau ke Bromo juga lewat Tumpang. Di jalur ini lintasannya selalu naik. Di awal-awal nampak permukiman penduduk dengan kebun apel. Selanjutnya jalan makin menanjak dan hutan mendominasi. Jalanan mulai berkabut dengan jurang di sisi jalan. Semuanya membuat perjalanan ini nikmat, meskipun sambil berdiri dan berdesakan di mobil.
Perjalanan menuju Ranu Pani memakan waktu sekitar 1 jam. Itu sudah termasuk foto-foto di sepanjang perjalanan (tergantung permintaan pendaki). Cocok nih bagi sobat Cadventura yang hobi foto-foto atau selfie.
Pos Ranu Pani
Di Ranu Pani terdapat pos awal keberangkatan. Langkah awal yang harus dilakukan adalah lapor ke loket keberangkatan. Di situ segala kelengkapan akan dicek kembali. Ditambah lagi, sobat Cadventura harus membayar tiket untuk masuk Taman Nasional BTS. Biayanya Rp 17.500,- per orang per hari.
tarif, jalur pendakian gunung semeru
Jalur pendakian Semeru: Sumber gambar: http://infopendaki.com/

Jalur/Rute Pendakian Gunung Semeru

Setelah sampai dari pos Ranu Pani, kamu bisa memilih dua jalur untuk melakukan pendakian, yaitu: jalur Ayak-Ayak dan jalur Watu Rejeng, diantara kedua jalur tersebut memiliki perbedaan.
Jalur Ayak-Ayak
Jalur Ayak-Ayak relatif jarang dipilih oleh pendaki karena melalui trek yang berdebu dan berbatu.
Jalur / Rute Pendakian:
Ranupani – Gunung Ayak-Ayak – Panggonan Cilik – Ranu Kumbolo = (5jam)
Ranu Kumbolo – Oro-Oro Ombo = 1km (30 Menit)
tarif, rute, jalur pendakian semeru
Oro-Oro Ombo – Cemoro Kandang = 1,5km (30 Menit)
Cemoro Kandang – Jambangan = 3km (30 Menit)
Jambangan – Kalimati= 2km (30 Menit)
Kalimati – Arcopodo = 1,2km (2,5jam)
Arcopodo – Cemoro Tunggal – Puncak Semeru = 1,5km (3-4jam)
tarif, rute, jalur pendakian gunung semeru
Watu Rejeng. Sumber gambar: http://gambar.malangtimes.com/
Jalur Watu Rejeng
Jalur watu Rejeng ini sering dipilih oleh para pendaki, karena trek yang ditempuh tidak terlalu sulit. Recommended banget buat pendaki pemula di Gunung Semeru.
Jalur / Rute Pendakian:
Ranupani– Landengan Dowo = 3km (1,5jam)
Landengan Dowo – Watu Rejeng = 3km (1,5jam)
Watu Rejeng – Ranu Kumbolo = 4,5km (2jam)
Ranu Kumbolo – Oro-Oro Ombo = 1km (30 Menit)
Oro-Oro Ombo – Cemoro Kandang = 1,5km (30 Menit)
Cemoro Kandang – Jambangan = 3km (30 Menit)
Jambangan – Kalimati= 2km (30 Menit)
Kalimati – Arcopodo = 1,2km (2,5jam)
Arcopodo – Cemoro Tunggal – Puncak Semeru = 1,5km (3-4jam)
rute, jalur pendakian gunung semeru
Cemoro Tungal, sumber gambar: http://infopendaki.com/
tarif, rute, jalur pendakian gunung semeru
Sumber gambar: islamireligius.blogspot.com
ZONE BLANK 75, Warning di Cemoro Tunggal!
Summit attack atau pendakian menuju puncak, kamu akan melewati medan paling berat di pendakian gunung Semeru ini. Jalur yang kita lewati yakni Cemoro Tunggal kemudian puncak Mahameru.
rute, jalur pendakian gunung semeru
Sumber gambar: http://infopendaki.com/
Zone Blank 75 adalah zona tengkorak atau zona kematian yang terdapat di pinggir jalur dari Arcopodo menuju puncak Mahameru. Zona ini adalah sebuah jurang yang sangat dalam. Dinamakan “75” karena dalamnya mencapai 75 meter. Zona Blank 75 banyak sekali menelan korban. Saat turun dari puncak Mahameru diwajibkan pendaki untuk tidak lari atau terburu-buru (karena jalan menurun tajam) karena banyak pendaki yang tidak sengaja berbelok arah ke kanan akibat lari dari atas dan masuk ke dalam Zona Blank 75 tersebut.
Sudah siap mendaki gunung Semeru? Eits, tunggu dulu. Jangan lupa untuk cek jadwal buka/tutup jalur pendakiannya, atau hubungi contact person-nya terlebih dulu sebelum berangkat ya!

Related Posts

Komentar

Cara Menulis Pesan // Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Xplore Wisata // Operator Porter dan Guide Indonesia

  1. Xplore Wisata adalah salah satu pilihan terbaik untuk pendakian gunung terbaik dengan guide dan porter yang berpengalaman di semua gunung Indonesia.
  2. Inovasi selalu kami lakukan sehingga Anda akan mendapatkan kesan terbaik ketika mendaki bersama kami.
  3. Kami akan memastikan bahwa perjalanan anda akan berkesan serta memuaskan dan rindu untuk bertemu dengan tim kami kembali.
Subscribe Our Newsletter