GUNUNG MERAPI 2.930 MDPL




 GUNUNG MERAPI 2.930 MDPL

Jalur pendakian Merapi ada tiga yakni jalur via Selo, jalur via Babadan dan jalur Kineharjo. Namun sejak erupsi 2010 dua jalur lain yakni Babadan dan Kineharjo sudah tidak dipakai lagi. Untuk jalur Babadan jalannya sudah tidak ada dan kini hanya dipakai sebagai Pos Pemantauan saja. Sedangkan untuk jalur Kineharjo treknya sangat ekstrim sehingga sulit untuk dilalui. Nah, sekarang hanya menyisakan jalur pendakian Selo.
Selo adalah desa di kabupaten Boyolali. Untuk mencapai ke sana kita bisa melalui jalur Muntilan atau Boyolali. Untuk menuju Selo caranya gampang. Jika dari Yogyakarta tujulah ke pasar Muntilan dari sana ambil arah kanan. Jika dari Boyolali kita bisa berenti di terminal Boyolali lalu ke arah Cepogo lalu Selo. Jika dari arah Semarang kita bisa menuju pasar Ampel lalu menuju Cepogo dan Selo. Nah, masing-masing perjalanan memerlukan waktu berbeda-beda. Tips transportasi: cari tahu dahulu jalur secara garis besarnya, atau kemana yang pertama harus kita tuju. Di jalan jangan sungkan untuk tanya kepada orang. Kalau ada GPS atau google maps ya tentunya bisa dimanfaatkan.
GOOGLE EARTH MERAPI JALUR SELO
BASECAMP VIA SELO
BASECAMP BARAMERU MERAPI
Basecamp paling terkenal di Selo adala basecamp Barameru. Di daerah sekitaran basecamp dan lereng Merapi masih sangat padat penduduk. Hanya sekitar 100-200m dari basecamp kita bisa menemukan warung-warung makan dan angkringan. Bahkan pom bensin dan swalayan letaknya pun tidak jauh.
Sampai di basecamp beristirahatlah. Dan lakukan pendaftaran terlebih dahulu. Karena jalur Selo terbilang jalur tunggal naik Merapi maka biasanya di jalur ini sangat padat. Para pendaki biasa melakukan pendakian pada malam hari. Nah jika malam hari pastinya kita bisa lihat basecamp ini penuh sesak.
Untuk tiket masuk Rp 10.000/orang, parkir motor Rp 3.000, mobil Rp 10.000 (jan 2015).
PETA JALUR PENDAKIAN VIA SELO
PETA JALUR SELO MERAPI
MEMULAI PENDAKIAN
Basecamp – New Selo (30 menit)
NEW SELO 2015
Dari basecamp kita akan jalan menanjak jalanan aspal menuju shelter New Selo. New Selo adalah tempat penanda masuk Taman Nasional Gunung Merapi. Di New Selo kita akan menemui warung-warung makanan.
New Selo – Pos I (2-3jam)
Dari perjalanan ke Pos 1 kita akan bertemu dengan shelter atau tempat istirahat. Trek Merapi di awal adalah perkebunan lalu kemudian kita akan melewati jalan berbatu-batu besar.
POS I MERAPI
Tempat peristirahatan
Pos I – Pos II (1-2jam)

Jalur selanjutnya kita akan merasakan trek yang lebih ekstrim lagi. Kita akan berada di lahan gersang berbatu dengan pohon-pohon kecil. Banyak sekali jurang-jurang di situlah kita harus waspada.
Pos II – Watu Gajah (1jam)
WATU GAJAH MERAPI
Inilah Watu Gajah. Dari Pos 2 menuju Watu Gajah treknya juga ekstrim. Namun tenang saja semuanya pasti bisa dilalui. Di Watu Gajah ini ada sebuah batu yang besar dan beberapa pohon kecil rimbun. Nah di sinilah kita bisa mendirikan tenda. Ini merupakan pilihan kedua biasanya para pendaki memilih tempat untuk mendirikan tenda.
Watu Gajah – Pasar Bubrah (30 menit)
pasar bubrah
Inilah tenda-tenda yang didirikan di Pasar Bubrah. Dari Watu Gajah terus jalurnya agak datar. Hanya diperlukan waktu sebentar untuk sampai ke Pasar Bubrah. Nah, di Pasar Bubrah inilah biasanya menjadi pilihan pertama pendaki mendirikan tenda. Di Pasar Bubrah tidak ada pohon sama sekali, hanya lapangan batu krikil membentang.
tower merapi
Di Pasar Bubrah ini juga berdiri tower alarm penanda kalau ada gempa lokal. Jika gunung Merapi bereaksi dengan adanya dentuman-dentuman maka alarm tower akan berbunyi.
Pasar Bubrah – Puncak Merapi (1 jam)
tanjakkan menuju puncaktanjakkan menuju puncak
Dari Pasar Bubrah untuk menuju puncak kita akan melewati jalur super ekstrim. Yakni jalur pasir halus menanjak dengan kemiringan 45-50 derajat. Banyak pendaki bilang kalau jalur ini lebih ekstrim ketimbang jalur menuju Mahameru.
TANJAKKAN MENUJU PUNCAK MERAPI
Pemandangan trek ekstrim menuju puncak Merapi. Dan dari atas terlihat pula tenda-tenda yang berdiri di Pasar Bubrah.
KAWAH
Sampailah di puncak Merapi (bawah kaki adalah kawah Merapi, apa jadinya jika meletus?). Dahulu gunung Merapi memiliki puncak bernama Puncak Garuda. Namun setelah letusan besar 2010 puncak tersebut hilang dan hanya menyisakan bebatuan saja. Gambaran kondisi puncak Merapi adalah berkabut dan berbau belerang. Jika kabut hilang dan langit biru membentang maka kita bisa melihat pemandangan super luar biasa dari puncak Merapi.
puncak gunung merapi
Puncak Merapi (bawah-belakang adalah kawah). Diselimuti kabut dan bau belerang yang tajam.
Jika kita kalkulasikan perjalanan tadi:
Basecamp – New Selo (30 menit)
New Selo – Pos I (2 jam)
Pos I – Pos II (1 jam)
Pos II – Watu Gajah (1 jam)
Watu Gajah – Pasar Bubrah (30 menit)
Pasar Bubrah – Puncak (1 jam)
TOTAL adalah 6 jam. Namun biasanya dalam pendakian gunung Merapi kita tidak bisa berpatok pada itinerary. Karna biasanya ada kondisi-kondisi yang tak diperhitungkan terjadi. Jika dalam anggota kelompok ada pendaki wanita atau pendaki yang kondisi fisik lemah atau gampang capek maka waktu pendakian bisa sampai 8-9 jam. Tidak sedikit pula pendaki yang berhenti di tengah jalan karena tidak kuat. Namun tenang saja karena pendakian gunung Merapi pada dasarnya mudah. Treknya hanya satu jalur dan tidak terlalu panjang. Hanya saja treknya adalah batu-batu besar dan krikil. Untuk waktu turun gunung bisa mencapai 4jam paling cepat – 7jam.
TIPS PENDAKIAN
  1. Pilihlah hari yang bagus untuk mendaki, usahakan jangan waktu hujan
  2. Latihan fisik seminggu sebelum hari H
  3. Persiapkan tim dan perlengkapan yang akan dibawa . Jangan lupa bawa sesuatu misal benda kesayangan atau tulisan untuk seseorang supaya bisa foto bareng saat di puncak
  4. Tim yang solid adalah 5-8 orang. Jika sedikit usahakan 3 orang (1 orang harus sudah pernah naik gunung)
  5. Jangan sepelekan keselamatan. Pakai sandal atau sepatu gunung dan jaket gunung. Bawa makanan dan air secukupnya jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Yang paling penting jangan melanggar peraturan dan jangan buang sampah di gunung
  6. Untuk pendakian Merapi kita bisa naik pagi atau malam. Jika pagi bagusnya pukul 10-13. Jika malam 6-7
  7. Dirikan tenda di tempat yang datar dan usahakan diselimuti pohon atau semak supaya tidak terkena angin gunung langsung
  8. Jika ada anggota kelompok yang tidak bisa melanjutkan perjalanan sebaiknya ditemani. Atau jika sakit parah langsung beritahu dengan kelompok lain.
INFORMASI GUNUNG MERAPI
Nama: Gunung Merapi
Ketinggian: 2.968 mdpl (2006) – 2930 mdpl (2010)
Lokasi: Klaten (Tenggara), Boyolali (Timur), Magelang (Barat), Sleman,Yogyakarta (Selatan)
Pengelola: Taman Nasional Gunung Merapi
Tipe: Gunung berapi strato
Letusan terakhir: 2010
Kondisi: udara dingin, kabut, bebatuan dan pasir, debu tinggi
Jalur pendakian: Jalur Selo
Spot alam: hutan tropis tandus
Flora: saninten (Castanopsis argentea), anggrek Vanda tricolor
Fauna: Elang jawa (Spizaetus bartelsi),macan tutul (Panthera pardus) dan banyak sekali spesies burung.
Sumber air: di jalur pendakian Selo
Sungai: Serang, Cemoro, Pepe dan Gandul
Puncak: puncak Merapi (dahulu bernama puncak Garuda th 2010)
View gunung lain dari puncak: Gn. Merbabu, Sumbing, Sindoro, Ungaran, Telemoyo, Lawu
Tarif daki: Rp 10.000/orang/hari (Jan 2015)
Website: www.tngunungmerapi.org
Mitos: Kerajan Jawa sangat besar terkubur di dalam Gunung Merapi dan gunung Merbabu yang berkaitan dengan kerajaan Mataram Kuno
Kismis (kisah misteri): Sebelum puncak merapi ada tempat bernama “Pasar Bubrah” yang menurut cerita sebagai pasar-nya setan-setan di keraton Merapi

2 Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin