Candi Sewu, Candi Buddha yang Terlupakan

Candi Sewu, Candi Buddha yang Terlupakan

Candi_Sewu_viewed_from_the_south,_23_November_2013
Tidak banyak yang tahu bahwasanya di dalam Komplek Candi Prambanan terdapat beberapa candi lainnya, salah satunya dalah Candi Sewu yang merupakan komplek candi Buddha yang keindahannya tidak kalah dengan Candi Prambanan.  Candi Sewu adalah candi Buddha Mahayana abad ke-8 yang terletak 800 meter di utara Candi Prambanan di Klaten, Jawa Tengah. Candi Sewu sebenarnya kompleks Candi Budha terbesar kedua di Indonesia setelah Borobudur dan lebih tua dibanding Candi Prambanan. Nama candi berasal dari bahasa Jawa yang berarti “seribu candi”, meskipun kompleks candi hanya terdiri dari 249 candi. Nama asli candi ini diperkirakan adalah Manjusrigrha .
 
Candi ini merupakan salah satu candi yang ada di Komplek Candi Prambanan dan merupakan komplek candi Buddha terbesar yang ada di kawasan ini. Berbentuk persegi panjang, Candi Sewu memiliki panjang 185 meter dari utara keselatan dan lebar 165 meter dari timur ke barat. Pintu masuk ditemukan di keempat mata angin namun jika dilhat dari tata letak bangunan candi maka pintu masuk utama berada di sisi timur. Di setiap pintu masuk cadi dijaga oleh sepasang patung-patung Drawapala.

Terdapat 249 bangunan candi yang diatur dalam pola Mandala sebagai ekspresi pandangan alam semesta dalam Buddha Mayapada. Candi-candi lebih kecil disebut candi perwara, terdiri dari 240 candi dengan desain yang sama dan diatur dalam empat baris persegi panjang. Candi utama memiliki ukuran diameter 29 meter dengan tinggi hingga 30 meter. Candi utama memiliki lima kamar, satu Garbhagriha besar di tengah dan empat kamar kecil di setiap arah mata angin.  Pada tiap penjuru mata angin terdapat struktur bangunan yang menjorok ke luar, masing-masing dengan tangga dan ruangan tersendiri dan dimahkotai susunan stupa.

Candi Sewu jarang dikunjungi wisatawan karena banyak yang tidak mengetahui keberadaan candi ini walau dekat dengan Candi Prambanan. Walau tidak sepopulr Candi Prambanan, candi ini tetap menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang menyukai wisata candi. Selepas menikmati keindahan Candi Prambanan, wisatawan dapat berjalan menuju candi ini dan melihat keindahan dari Candi Sewu yang luar biasa.

Mari yang ingin ke Candi Sewu  bisa menghubungi kami, ^_^

Telp. / SMS / SMS 085 643 455 685 
BBM 7A722B86

sumber : http://www.njogja.co.id

3 Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

  1. Terimaksih atas informasinya berkaitan dengan Candi Sewu, Candi Buddha yang Terlupakan
    Ditungu kunjungan baliknya

    BalasHapus
  2. Terimaksih untuk informasinya berkaitan dengan Candi Sewu, Candi Buddha yang Terlupakan
    Ditungu kunjungan baliknya

    BalasHapus
  3. Terimaksih atas informasinya mengenai Candi Sewu, Candi Buddha yang Terlupakan
    Ditungu kunjungan baliknya

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin