Lombok Tengah Buka Jalur Baru Rinjani


LOTENG Resmi Buka Jalur Baru Rinjani Terindah Terlandai & Terdekat

Kategori: Gunung HutanDiposting oleh : Ady Ardiansyah



Lombok Tengah (LOTENG), MapalaPTM.Com (25/5) - secara resmi membuka jalur pendakian Gunung Rinjani. Peresmian jalur ini dilakukan pada acara pembukaan Kemah Pesona Bangun Desa di Dusun Pemasir Desa Lantan Kecamatan Batukliang Utara (BKU) oleh Bupati LOTENG HM Suhaili, Jumat (20/5).
Dikatakannya, jalur ini bagaikan napak tilas menyusuri jejak kaki Dewi Anjani saat turun Gunung Rinjani untuk mengunjungi pangeran Siledengdeng yang ada di Pantai Selatan.
"Itulah sebabnya jalur pendakian melalui ini sangat indah dan bisa jadi sengaja diperindah karena jadi jalur pulang pergi Dewi Anjani," Ujarnya lagi.
Dia juga mengatakan "Berbagai bunga dan sekitar 72 spesies kupu-kupu serta puluhan jenis burung dan hewan lainya seperti rusa masih banyak berkeliaran karena hutannya yang masih perawan".
"Yang paling mempesona, kita bisa melewati 6 air terjun dan salah satunya bertingkat tiga dan itu hanya ada dijalur baru kita ini," Sambung Bupati dua periode ini.
Pendakian melalui Desa Lantan Batukliang Utara itu, bisa dilalui oleh sekeluarga karena sangat aman dan jalurnya landai serta paling dekat dibanding dengan 3 jalur yang sudah ada sehingga sangat cocok bagi mereka yang tidak biasa melakukan pendakian.
Nantinya, jalur itu juga bisa dilalui dengan kendaraan motor trial dan kendaraan roda empat segala medan sampai ke pelawangan bernama batu belah.
"Kalau dulu, hanya mereka yang biasa mendaki yang bisa menikmati langsung keindahan danau segara anak, tapi dengan diresmikannya jalur ini, maka kini semua bisa pergi kesana," Ujar bupati.
Setelah sampai di pelawangan batu belah, perjalanan kemudian dilanjutkan menuju danau segara anak dengan menuruni tangga yang nantinya akam dibangun dengan seindah mungkin agar menjadi lebih menarik. 
Bagi yang mau melanjutkan perjalanan ke puncak rinjani, maka akan disediakan speed boat menyeberangi segara anak menuju ke kaki gunung rinjani. "Barulah kemudian pendakian ke puncak gunung rinjani dilakukan," Terang bupati.
Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bagi  mereka yang  melakukan tracking rinjani melalui jalur baru ini lanjut Bupati,  maka sepanjang jalan akan dipasangkan kamera pengawas. 
Selain itu akan diijinkan dibuat kantin disetiap sekian kilo meter perjalanan, sehingga tidak perlu khawatir kehabisan bekal. Bukan itu saja, internet gratis berupa jaringan wifi juga dipasang dari mulai start hingga ke puncak rinjani. 
"Jadi sepanjang jalan hingga ke puncak rinjani bisa selfie lalu dikabarkan ke seluruh dunia,"Pungkas bupati. 
Kontributor: Ady Ardiansyah - Mapala UMM Lombok
-Portal Berita Petualang-
#Twitter: @MapalaPTM
#Instagram: @MapalaPTM
#Page facebook: MapalaPTM.Com
Jika para petualang, Backpacker, Pecinta Alam, Mapala, maupun Sispala yang hobby menulis tentang Kegiatan- kegiatan Organisasinya, petualangannya, kritik kerusakan lingkungan, Wisata Alam,  dan Artikle-nya ingin dimasukan ke Portal Berita Petualang MapalaPTM.Com, Silahkan tulisannya kirim ke email: mapalaptm@gmail.com atau inbox page MapalaPTM.Com yang di facebook. 

Kami juga akan membuatkan username akun penulis dan passwordnya di portal MapalaPTM.Com, agar para penulis bisa langsung memposting artiklenya sendiri ke portal berita petualang MapalaPTM.Com

Yuukkk Mari Menulis, Berbagi itu Indah...

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin