Sendang Ngembel di Bantul


SENDANG NGEMBEL, 
OBJEK WISATA BARU DI BANTUL

WARGA Kabupaten Bantul khususnya Kecamatan Pajangan, saat ini boleh bangga. Sebentar lagi mereka memiliki wahana wisata air baru yang dijamin sejuk dan nyaman. Oleh masyarakat, tempat wisata itu dinamai Sendang Ngembel.

Sendang tersebut berada di Dusun Beji Wetan, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, lebih tepatnya berada di sisi selatan Desa Wisata Krebet. Untuk menjangkau lokasi pun cukup mudah, bisa ditempuh dengan sepeda, sepeda motor, ataupun mobil.

Tempat tersebut bisa dikatakan favorit bagi para penggemar olahraga sepeda. Biasanya, menjadi tujuan akhir mereka setelah melalui jalur-jalur menantang di kawasan perbukitan kapur Kecamatan Pajangan. Terlebih saat ini dilakukan pembangunan kembali yang menjadikannya semakin menarik. “Oleh masyarakat sendang ini dikembangkan sebagai wisata lokal yang hasilnya bisa dimanfaatkan bersama,” jelas Sunaryo warga setempat di sekitar sendang, Selasa (18/01/2015).

Diungkapkannya, sendang itu sebenarnya sudah ada sangat lama. Namun karena ada bantuan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan Pola Khusus MP3KI untuk Kecamatan Pajangan tahun 2014, sendang yang sebelumnya kurang terawat dan banyak endapan lumpur direvitalisasi lagi. Harapannya, bisa sebagai sumber pemasukan masyarakat Kecamatan Pajangan, sebab dikelola warga juga.

Meski bisa dikatakan baru 90 persen selesai, tempat tersebut sudah ramai dikunjungi masyarakat yang rata-rata anak muda. Mereka memanfaatkan gazebo yang dibangun di bawah rimbunnya pohon gayam yang ada di sekeliling sendang, dari yang sekadar bercengkerama, sampai mengerjakan tugas kuliah.

Selain revitalisasi pada sumber mata air, kawasan tersebut juga dibangun rest area. Keberadaan fasilitas gazebo, kamar kecil, dan beberapa bangunan permanen terbuka yang nantinya warung makan serta tempat pertunjukan kesenian, akan semakin menambah menarik kawasan Sendang Ngembel.

Sementara menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, Drs Bambang Legowo MSi, pihaknya menyambut antusias ada obyek wisata baru yang sedang berkembang. Ia optimis, jika masyarakat memiliki semangat dalam membangun kawasan tersebut maka perkembangan ke depan akan pesat. “Kami akan membantu mengembangkannya dengan berbagai cara seperti promosi,” jelasnya

Sumber : KR Jogja

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin