Gunung Batur Gunungkidul



GUNUNG BATUR,

OBJEK WISATA BARU DI GUNUNG KIDUL


Masyarakat Gunungkidul berlomba-lomba untuk membuka objek wisata baru, baik pantai maupun wisata alam. Seperti masyarakat Desa Balong, Kecamatan Girisubo juga membuka wisata minat khusus di Gunung Batur.

Bagi wisatawan yang hoby tracking menaiki bukit dan gunung. Objek wisata Gunung Batur adalah jawabannya. Gunungbatur yang ada di Dusun Ngelo II Desa Balong ini menjadi kawasan Cagar Alam Geologi Gunung Batur. Selain itu juga merupakan salah satu geoside kawasan Geopark Gunungsewu yang sudah diakui oleh Unesco.

Letak Kawasan cagar alam geologi ini dari Balai Desa Balong sekitar 5 kilometer, atau dari Kota Wonosari sekitar 40 kilometer. Pemerintah Kabupaten Gunungkidul lewat Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan telah membangun areal parkir dan petunjuk nama serta pos retribusi yang menyatu dengan objek wisata Pantai Wediomobo.

Menurut Kepala Desa Balong Suwardiyanto, kepada KRjogja.com, Jumat (08/01/2016) untuk bisa mencapai ke puncak bukit Gunung Batur harus berjalan kaki melewati jalan setapak kurang lebih 500 meter. Namun dengan perjuangan yang lelelahkan menaiki bukit wisatawan akan terbayarkan dengan keindahan puncak bukit, karena bisa melihat seluruh bukit di Gunungkidul dan seluruh pantai mulai dari Tepus hingga Girisubo.

Selain itu, di puncak gunung terdapat petilasan berupa batu tumpang atau batu manggung, yang pernah disinggahi Sunan Kalijaga dan sumur yang tidak pernak kering meski terjadi kemarau panjang yang diberi nama Sumur Gandok.

Menurut salah seorang sesepuh Desa Balong Cipto Budiarso yang ditemui terpisah bahwa Gunungkidul menyimpan misteri. Dinamakan Gunung Batur karena ditempat tersebut konon digunakan untuk mengubur ari-ari atau batur Ki Joko Mursodo Putra Raja Galuh III pada Jaman Mataram Kuno. Tempat ini sejak dulu hingga sekarang dikeramatkan dan menjadi tempat untuk semedi orang-orang baik dari Solo, Jawa Timur dan berbagai kota di Jawa Tengah. Para peziarah mendatangi tempat ini kebanyakan pada malam Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon.

Bahkan sumber air yang ada di puncak bukit yang dinamakan Sumur Gandok juga memiliki khasiat, karena menurut para peziarah bagi yang meminum air atau membasuh muka dengan air ini akan awat muda, bahkan bisa dijadikan obat berbagai penyakit.

Sumber ; KR Jogja
JOGJA GUMREGAH

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin