Astana Giribangun


Astana Giribangun, Peristirahatan Terakhir Soeharto

Hari ini, tepat delapan tahun Presiden kedua RI, Soeharto meninggal dunia. Beliau wafat pada 27 Januari 2008.

Astana Giribangun merupakan kompleks makam keluarga Soeharto yang terletak di lereng tenggara Gunung Lawu pada ketinggian 660 meter di atas permukaan laut, di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, sekitar 35 kilometer dari Kota Surakarta.

Astana Giribangun dibangun pada tahun 1974 oleh Yayasan Mangadeg Surakarta dan diresmikan pada tahun 1976 dengan ditandai pemindahan sisa jenazah ayah Tien Soeharto, Soemaharjomo, dan kakak tertuanya, Siti Hartini Oudang.

Bangunan makam ini mengadopsi bentuk joglo dengan gaya Surakarta beratap sirap. Ada tiga cungkup atau bangunan makam di kompleks ini, yaitu cungkup Argosari yang terletak di tengah dan paling tinggi posisinya, serta cungkup Argokembang dan Argotuwuh.

Makam Soeharto, Tien, serta ayah dan kakak tertua Tien terletak di cungkup Argosari.

Kompleks makam keluarga Soeharto ini kerap menjadi destinasi wisata dan ziarah, baik oleh para pengunjung domestik maupun mancanegara.

(regional.kompas.com)

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin