5 Surga Air di Jawa Timur

5 Surga Air Tersembunyi di Jawa Timur Untuk Snorkeling

 
Ngadem.com – Jawa Timur menduduki peringkat pertama sebagai provinsi terluas di antara 6 provinsi Indonesia. Memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua setelah DKI Jakarta. Hal lain yang membahagiakan adalah bahwa di Jawa Timur memiliki banyak tempat wisata memukau, mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata air sampai wisata snorkeling. Nah, buat kamu warga Jawa Timur yang ingin ber-snorkeling ria, bisa banget nih datang ke tempat-tempat berikut:

1. Pantai Bangsring

Menyelam di Pantai Bangsring via travel.kompas.com
Menyelam di Pantai Bangsring via travel.kompas.com

Pantai yang memiliki jarak 20 kilometer dari pusat kota Banyuwangi ini terletak di Ds. Bangsring, Kec. Wongsorejo, Banyuwangi. Karakter airnya yang dangkal, tenang, dan bening membuat keindahan bawah laut di pantai ini begitu memukau. Bagi kamu yang hobi snorkeling maupun diving dan kebetulan tak terlalu jauh dari Banyuwangi, Pantai Bangsring bisa menjadi pilihan tepat. Untuk penyelam pemula, jika ingin sonrkeling atau diving, sebaiknya mintalah pemandu untuk mendampingi.

2. Pulau Tabuhan

Oke... via travelwritingonlocation.com
Oke… via travelwritingonlocation.com

Pulau yang mendapat julukan the hidden paradise ini berdekatan dengan pantai Bangsring, tepatnya di Ds. Bengkak, Kec. Wongsorejo, Banyuwangi. Dinamakan Pulau Tabuhan karena angin di kawasan ini cukup kencang sehingga terdengar di telingan seperti tetabuhan musik. Setelah puas bermanja-manjaan dengan pantai Brangsing, kamu bisa langsung melipir ke Pulau Tabuhan. Kondisi airnya yang jernih dan bening membuat keindahan biota bawah laut bisa dilihat dengan mata telanjang. Di sini kamu juga bisa melakukan aktivitas snorkeling.Untuk mencapai pulau ini, kamu bisa menyewa perahu di sekitaran lokasi.

3. Teluk Kletekan

Surga snorkeling di Malang via detik.com
Surga snorkeling di Malang via detik.com

Teluk yang terletak di kawasan Dampit, Malang ini memiliki karakter air yang sangat tenang dan cukup dangkal. Warna airnya yang kehijauan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang ke teluk Kletekan. Selain itu, Teluk Kletekan juga menjadi salah satu spot asik untuk melakukan aktivitas snorkeling. Jadi, bagi warga Jawa Timur yang haus akan olahraga snorkeling bisa banget nih datang ke sini. Untuk menuju teluk Kletekan, sebaiknya gunakan kendaraan roda dua, sebab akses menuju tempat ini cukup ekstrim dan tidak memungkinkan bila harus menggunakan kendaraan roda empat. Tempatnya yang masih sepi akan membuat kamu untuk tinggal lebih lama.

4. Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng via www.banyuwangibagus.com
Pantai Wedi Ireng via www.banyuwangibagus.com

Pantai Wedi Ireng terletak 65 KM dari pusat kota Banyuwangi atau kurang lebih 3 KM dari Pulau Merah, tepatnya di dusun Pancer. Ds. Sumber Agung, Kec. Pesanggeran, Kab. Banyuwangi. Lokasinya yang terbilang susah diakses membuat pantai ini masih belum terjamah banyak orang. Meski demikian, pantai ini memiliki keindahan yang mampu membius siapa saja yang mendatanginya. Karakter air di Pantai Wedi Ireng juga cukup tenang, jadi aman untuk berenang atau snorkeling.

5. Teluk Banyu Biru (Blue Bay)

Ngadem di Teluk Banyu Biru via www.asliindonesia.net
Ngadem di Teluk Banyu Biru via www.asliindonesia.net

Teluk Biru yang memiliki nama lain Teluk Selanggrong ini berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, tepatnya di kec. Muncar, kab. Banyuwangi, Jawa Timur atau di balik semenanjung Sembulungan. Teluk Banyu Briu terkenal dengan pesona sunrise-nya yang mengagumkan, namun karena lokasinya yang begitu tersembunyi membuat tempat eksotis ini jarang terekspos. Untuk mencapai tempat ini kamu harus menyewa perahu boat terlebih dahulu. Aksesnya yang memang cukup susah, akan terbayar setelah menyaksikan keindahan teluk dengan warna airnya yang bening kehijauan.

Meski Jawa Timur terkenal dengan pantai-pantai berombak ganas karena letaknya yang memang berada pada jalur pantai selatan, ternyata beberapa diantaranya ada juga yang berombak tenang dan memiliki kedalaman laut yang dangkal. Jadi, bagi kamu warga Jawa Timur, kenapa harus lari jauh-jauh untuk ber-snorkeling?

sumber : http://ngadem.com

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin