Dilarang Mendaki Semua Gunung di Jateng dan Jatim

Dilarang Mendaki Semua Gunung di Jateng dan Jatim

Dilarang Mendaki Semua Gunung

FORUMHIJAU.COM – Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf meminta instansi terkait untuk menutup sementara semua jalur pendakian gunung di provinsi itu.

Instruksi tersebut untuk menekan korban jiwa jika terjadi kebakaran hutan. 

Gus Ipul, panggilan akrab Saifullah, juga mengimbau para pendaki agar tidak melakukan pendakian gunung sepanjang musim panas.

“Kondisinya memang kurang baik, potensi kebakaran hutan cukup tinggi,” katanya, Selasa (27/10).

Berdasarkan laporan sementara yang dia terima, kebakaran hutan di sejumlah gunung di Jatim terjadi karena faktor alam. 

“Belum ada indikasi kesengajaan dibakar,” tambah dia.

Selain karena kekeringan, dia juga menduga karena perilaku pendaki yang kurang berhati-hati dalam memanfaatkan api unggun. 

“Mungkin juga karena api unggun yang dinyalakan pendaki,” tambahnya.

Sebelumnya, kebakaran hutan di sejumlah gunung bahkan membawa korban jiwa, seperti di Gunung Lawu pekan lalu. Tujuh pendaki Gunung Lawu tewas karena terjebak kebakaran.

Sementara itu, saat ini di Gunung Argopuro Jember dan Gunung Semeru Malang juga sedang dilakukan evakuasi sejumlah pendaki. 

Tim SAR, TNI, dan Polri diterjunkan, selain untuk mencari keberadaan pendaki, juga dalam upaya untuk memadamkan api yang membakar hutan di kawasan gunung tersebut. Laporan yang diterima Gus Ipul, hingga saat ini masih ada 60 titik api yang sedang dipadamkan. 

Serupa, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta pihak terkait mengkaji jalur pendakian. Bila perlu, jalur pendakian ditutup.

“Ini kok pada kebakaran ada apa? Saya minta untuk dikaji dan kalau memang ada faktor manusia maka jalur pendakian harus kita tutup dulu,” ujar Ganjar di Semarang, seperti dilansir Antara, Selasa (27/10). 

Bahkan, secara khusus Ganjar meminta para pendaki gunung untuk menghentikan sementara aktivitasnya. Dia tidak ingin ada jatuh korban akibat kebakaran hutan. 

“Saya mengimbau para pendaki, tidak usah mendaki gunung dulu sampai memasuki musim hujan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terkait dengan kebakaran hutan,” katanya. 

Ganjar juga menginstruksikan jajaran BPBD untuk melakukan penjagaan dan pemantauan agar kebakaran hutan tidak semakin meluas. 

“Satu tindakan pertama yang harus kita lakukan adalah mencegah jangan sampai kebakaran hutan masuk ke permukiman,” katanya. 

Ganjar menjelaskan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah beserta Badan Penanggulangan Bencana Daerah tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, dan TNI-Polri telah melakukan rapat koordinasi untuk mendeteksi potensi kebakaran hutan di lereng-lereng gunung.


[Forumhijau.com | FHI]

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin