Reruntuhan Candi Ditemukan di Karangbajang

 

Reruntuhan Candi Ditemukan di Karangbajang


Balai Pelestarian Cagar Budaya Jogjakarta yang telah melakukan ekska-vasi (penggalian) sejak sepekan lalu, mu-lai menemukan reruntuhan bangunan candi di situs Karangbajang, Mlati, Sleman. Meski telah ada kemajuan, namun belum cukup signifikan untuk menentukan apa-kah nantinya proses ekskavasi akan dilan-jutkan atau tidak.Kepala Seksi Perlindungan, Pengembangan dan Pemanfaatan pada Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jogjakarta Wahyu Astuti mengatakan, reruntuhan yang di-temukan pada situs di Karangbajang, Ke-camatan Mlati, Sleman tersebut baru berupa permulaan candi, atau yang dise-but antefiks, berupa hiasan candi.“Temuan antefiks itu reruntuh candi yang kami temukan. Temuan yang masih dangkal ini juga  cukup wajar. Karena proses ekska-vasi baru berjalan dua hari terakhir,” katanya.

Dijelaskan, proses penggalian terus dilakukan, bersama dengan tenaga lokal, dan dibantu beberapa mahasiswa jurusan arkeologi. Ke-pala Kelompok Kerja (Kapokja) Perlindun-gan BPCB Jogjakarta Muhammad Taufik menambahkan, penggalian yang dilakukan baru delapan kotak. Setelah delapan kotak, selanjutnya akan ditambah sampai 14 kotak. “Memang sudah bisa dikatakan ada candi-nya, namun jika akan dilakukan terus ekska-vasinya, masih kurang temuannya,” tuturnya. Menurutnya, temuan bisa dikatakan sig-nifikan bila ada struktur candinya. Se-perti lantai, dinding, yoni, atau lingganya. Sehingga penggaliannya tinggal diurutkan.Sesuai yang diagendakan, proses  ekskavasi akan dilakukan hingga Rabu (19/8). Jika temuan tetap tidak menunjukkan hasil yang signifikan, akan dihentikan.

2 Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin