Jadwal Terencana Open Trip dan Private Trip


SALAM PETUALANGAN !!!

Apabila membutuhkan bantuan informasi, konsultasi, reservasi segera hubungi +62 85 643 455 685 [[ Syarif ]] melalui WhatApp. Pesan anda akan kami respon dengan respon terbaik kami !!!

Pendaki Dilarang Upacara dan Selfie di Puncak Merapi


Pendaki Dilarang Upacara dan Selfie di Puncak Merapi

#PendakiBeretika

FORUMHIJAU.COM – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta mengimbau pendaki Gunung Merapi tidak mendaki hingga ke puncak Merapi.

Jelang Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus, ramai calon pendaki gunung hendak memperingatinya di puncak gunung. Namun kondisi Puncak Merapi tidak stabil dan rapuh sehingga berbahaya untuk didaki.

“Di puncak relatif rawan tanahnya. Sekarang enggak ada tanah datar dan stabil lagi,” kata Kepala BPPTKG DIY, I Gusti Made Agung Nandaka.

Agung menyarankan pendaki yang hendak mengibarkan Bendera Merah Putih di Pasar Bubrah Gunung Merapi.

“Kami sarankan pendakian dan upacara sampai Pasar Bubrah. Upacara lebih enak di Pasar Bubrah karena tanahnya rata dan kuat untuk pijakan. Kalau di puncak tidak ada tempat datar untuk berdiri,” ujarnya.

BPPTKG DIY mengaku sudah mengumumkan batas pendakian Gunung Merapi. CCTV yang disiagakan untuk memantau aktivitas di Gunung Merapi pun disiapkan.

“Kami siapkan papan warning di Selo dan Pasar Bubrah. Kami harap para pendaki mematuhi peraturan itu. Ini juga untuk keselamatan mereka. Ada 15 CCTV yang tersebar di sekitar merapi. Di puncak ada 3 CCTV yang akan mantau pergerakan aktivitas Merapi,” pungkasnya.

Selain itu, demi menekan jatuhnya korban pendakian di Gunung Merapi, para pendaki dilarang ber-selfie ria di puncak Merapi.

Kepala Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Edy Sutiyarto mengatakan, pihaknya akan membangun memorial atau spot untuk berfoto maupun ber-selfie.

Di tempat itulah pendakian dan kegiatan berfoto di Merapi diperbolehkan. Soal kapan akan dibangun, Edy menyatakan pembangunannya akan dilakukan pasca-HUT RI ke-70, 17 Agustus 2015 mendatang.

“Belum kita bangun memorialnya. Saat ini memang kami masih sibuk untuk persiapan pendakian (17 Agustus) nanti. Tapi tetap akan kita dirikan. Rencananya juga agar bisa digunakan sebagai tempat selfie,” terang Edy.

Pembangunan memorial dan spot foto itu dilakukan setelah bercermin dari petaka yang pernah terjadi pada Mei lalu, di mana seorang pendaki tewas, usai tergelincir ke kawah Merapi.

Sementara untuk meminimalisir bencana lainnya, TNGM juga akan memperketat pengawasan pendakian pada HUT RI ke-70 mendatang.

“Untuk itulah, ini menjadi bahan kami dalam menyiapkan upaya pengawasan pendakian pada 17 Agustus mendatang,” timpal Tri Atmojo, Kasubag Tata Usaha TNGM.

http://forumhijau.com/pendaki-dilarang-upacara-dan-selfie-di-puncak-merapi/

Follow us : @ForumHijau_ID

Related Posts

There is no other posts in this category.

Komentar

Open Trip Pendakian Gunung

Open Trip Pendakian Gunung Sumbing, Sindoro, Lawu dan Prau 16-17 Agustus 2020. Informasi selengkapnya hubungi +62 85 643 455 685

Gunung Buka Pasca Covid

Covid 19 memang berbahaya namun dengan pengalaman dan mengantisipasi akan menjadikan bahaya tersebut akan berkurang dan dapat ditiadakan. Dengan semangat Anda Aman Bersama Kami, kami akan berupaya untuk menjaga Anda.

Gunung Buka Pasca Covid (Jateng)

Gunung Lawu (21-24 Juni 2020) #Gunung Prau (03 Juli 2020) #Gunung Sindoro (18-24 Juli 2020) #Gunung Sumbing (01 Agustus 2020)

Jabar - Jatim - Sumatra - Lombok - DLL

Gunung Lainnya kunjungi https://www.xplorewisata.com/p/jalur-buka-tutup-pendakian-gunung.html

Cara Menulis Pesan // Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Xplore Wisata // Operator Porter dan Guide Indonesia


  1. Xplore Wisata adalah salah satu pilihan terbaik untuk pendakian gunung terbaik dengan guide dan porter yang berpengalaman di semua gunung Indonesia.
  2. Inovasi selalu kami lakukan sehingga Anda akan mendapatkan kesan terbaik ketika mendaki bersama kami.
  3. Kami akan memastikan bahwa perjalanan anda akan berkesan serta memuaskan dan rindu untuk bertemu dengan tim kami kembali.

Subscribe Our Newsletter