Jalur Pendakian Gunung Batok Jawa Timur

 
Jalur Pendakian Gunung Batok Jawa Timur
 
Buat teman-teman yang mau mengeksplorasi G. Batok dan G. Bromo yang 'out of the tourist path' ini saya gambarkan detil jalur trekkingnya.

Untuk mendaki G. Batok sebaiknya dari lereng di sebelah kiri Pura Poten, ditandai dengan gerumbul cemara yang paling banyak dibanding lereng lainnya. Dari bawah, jalur pendakian terlihat jelas. Lama pendakian sekitar 2 jam buat pendaki palsu kayak saya. Jadi perkirakan sendiri waktu summit attack-nya kalau misal mau mengejar sunrise. Sebaiknya bawa tali yang cukup panjang untuk membantu menarik atau menahan teman yang kesulitan saat naik atau turun. Tidak semua lereng punya jalur pendakian dan yang punya jalur pun belum tentu sampai ke puncak.
 
Kalau mau mengeksplor Lautan Pasir Atas, ikuti jalur trekking di bibir kawah Bromo, belok kanan setelah mencapai pertigaan tertinggi Bromo. Jalur trekkingnya seperti di sini: http://tgifmag.com/bad-day-in-bromo

Kalau mau kemping, nonton 'stadion' Lautan Pasir Atas, atau mengekspkor G. Watangan sampai Embus-embusan Angin, jalur trekkingnya seperti di sini: http://tgifmag.com/in-search-of-upper-sea-sand. Ada sumber air di G. Keduwung yang biasa dipakai penduduk lokal untuk isi ulang air minum. Tapi untuk menemukannya, mesti sama guide yang pernah lewat ke situ.


Ketiga aktivitas di atas mungkin bisa dilakukan dalam sehari, mungkin juga tidak, tergantung kondisi fisik dan kecepatan masing-masing orang. Kayaknya sih sayang kalau ngebut cuma sehari. Kapan menikmatinya? (Saya butuh 3x kunjungan untuk 3 aktivitas ini). Yang jelas ketiganya mesti didampingi guide lokal yang sudah pernah mengeksplorasi kawasan ini.

Semoga bermanfaat. Have a nice weekend!
 

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin