Tissue adalah Pembabat Hutan


Tissue adalah Pembabat Hutan


FORUMHIJAU.COM – Bisa dikatakan penggunaan tissue dalam kehidupan sehari-hari memang terhitung praktis. Tapi pernahkah terlintas di pikiran Sobat greeners bagaimana asal muasal tissue sampai bisa digunakan oleh kita sehari-hari?

Tissue mulai dibuat sekitar tahun 1880-an dari bahan baku kulit kayu yang dijadikan pulp (bubur kertas).

Sampai sekarang pun bahan baku dalam pembuatan tissue masih menggunakan kayu.*fhi Kayu yang didapat pastinya dari hasil penebangan pohon- pohon di hutan.

Sadarkah kita bahwa penggunaan tissue yang berlebihan ikut mendukung kerusakan hutan?

Misalnya, dalam 1 pack terdapat 20 lembar tissue. Dan, ternyata dari 1 pohon berumur 6 tahun hanya bisa menghasilkan 2 pack tissue saja, atau 40 lembar.

Sementara, satu pohon itu bisa menghasilkan oksigen untuk menghidupi 3 orang.

Bayangkan berapa jumlah orang disekitar Sobat greeners FHI yang menggunakan tissue setiap harinya. Pasti sangat banyak.

Sampai saat ini pun Indonesia sudah kehilangan sekitar 72% hutan alam aslinya, dan semakin hari kerusakan hutan masih terlanjut.

Jika dilihat dari segi produksinya, menghemat penggunaan Tissue, Kertas tulis dan Pembalut Wanita dapat mengurangi pemborosan energi dan air saat proses produksi.

Belum lagi dampak negatif lainnya dari segi kesehatan. Contoh, kita sering menggunakan Tissue untuk mengambil atau membungkus makanan, misalnya gorengan, untuk menghindari tangan kotor atau menyerap minyak yang berlebihan pada makanan tersebut. Padahal, zat kimia yang terkandung dalam kertas tissue dapat berpindah ke makanan.

Zat pemutih (Dioxin) memang ditambahkan dalam pembuatan kertas tissue agar terlihat lebih putih dan bersih. Zat ini bersifat karsinogik (pemicu kanker).

Jadi, menyelamatkan alam itu tidak harus menanam jutaan pohon. Menyelamatkan alam bisa dimulai dari hal sederhana, yaa salah satunya kembali membudayakan Sapu Tangan dan tinggalkan Tissue.
Dari hal sederhana, mulai sekarang dan mulai dari diri sendiri!

Baca Selanjutnya : http://forumhijau.com/tissue-adalah-pembabat-hutan/
Follow us : @ForumHijau_ID

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin