Jadwal Terencana Open Trip dan Private Trip


SALAM PETUALANGAN !!!

Apabila membutuhkan bantuan informasi, konsultasi, reservasi segera hubungi +62 85 643 455 685 [[ Syarif ]] melalui WhatApp. Pesan anda akan kami respon dengan respon terbaik kami !!!

Tindakan Jika Tersesat Dihutan


Tindakan Jika Tersesat Dihutan

#GreenTips

Forumhijau.com - Belakangan ini rasanya nya kita sering mendengar berita Pendaki gunung hilang karena tersesat.

Kelemahan Penggiat alam khususnya pendaki gunung Indonesia adalah sikap kurang koreksi diri terhadap kecelakaan sekecil apa pun. Mereka sering memandang diri sebagai orang kuat.

Contoh paling gampang, kalau kita bermain di air. Sejago apa pun kita berenang, alat pelindung tetap harus digunakan.

Begitu pula pendaki yang kerap naik-turun gunung. Matinya sepele, akibat lelah, dia nyasar sampai kedinginan.

Model yang kerap dipakai, adalah jika cedera, kita masih mengatakan untung tidak mati.

Jadi, begitu hilang, pendaki gunung seharusnya memiliki tekad dasar berupa kemauan untuk hidup, bukan sekadar tekad bagaimana meloloskan diri dari lubang ketersesatan.

Jika kita terjebak dan tersesat di hutan yang mengharuskan kita melakukan tindakan survival.

Ada 4 hal yang perlu di ingat sobat greener FHI yaitu STOP, singkatan dari :

1. Sit (duduk)
Jika sobat greener FHI menyadari diri kamu tersesat dalam suatu perjalanan, hal yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah duduk tenang.

2. Thinking (berfikir)
Setelah kamu duduk tenang, kamu mulai berfikir, faktor apa yang menyebabkan sobat greener FHI tersesat, selain itu ada pepatah yang terkenal. "Know Your Enemy" atau kenali musuhmu. Di fase ini sobat greeners FHI dituntut setenang mungkin, dan mencoba memutar kilas balik peristiwa- peristiwa yang menyebabkan kita tersesat.
www.forumhijau.com

3. Observation (observasi)
Setelah berfikir, kamu melakukan apa yang disebut dengan observasi. Dalam fase ini ada 6 Komponen yang harus sobat greener FHI perhatikan dengan seksama yaitu : Air, Makanan, Shelter, Api, Keadaan alam sekitar, dan keadaan cuaca.

Dengan melakukan observasi atau pengamatan terhadap 6 komponen tersebut, akan berguna kelak dalam menentukan fase selanjutnya yaitu planning.
www.forumhijau.com

4. Planning (perencanaan)
Pada fase terakhir ini, setelah kamu melakukan observasi terhadap keadaan diri kita dan lingkungan sekitar. Kamu menentukan perencanaan langkah apa yang harus Kamu lakukan. Apakah kamu hanya berdiam diri di tempat tersebut menunggu bantuan dari team SAR, atau kamu berjalan mencari sumber pertolongan.

Semua perencanaan tersebut harus dibuat sematang mungkin, keadaan kesehatan diri kamu merupakan hal yang vital dalam menentukan perencanaan tersebut.

Tips diatas hanya sebagian kecil dari Teknik Dasar Survival yang bisa kamu pelajari jika mengikuti Pendidikan dasar Pecinta alam.

Sekali lagi berkegiatan di alam itu harus mempunyai ilmu dan persiapan, tidak sekedar bermodal tekad dan keberanian.

Salam Rimba Lestari!

©[ www.forumhijau.com | Archive FHI]

Follow us : @ForumHijau_ID

Related Posts

Komentar

Open Trip Pendakian Gunung

Open Trip Pendakian Gunung Sumbing, Sindoro, Lawu dan Prau 16-17 Agustus 2020. Informasi selengkapnya hubungi +62 85 643 455 685

Gunung Buka Pasca Covid

Covid 19 memang berbahaya namun dengan pengalaman dan mengantisipasi akan menjadikan bahaya tersebut akan berkurang dan dapat ditiadakan. Dengan semangat Anda Aman Bersama Kami, kami akan berupaya untuk menjaga Anda.

Gunung Buka Pasca Covid (Jateng)

Gunung Lawu (21-24 Juni 2020) #Gunung Prau (03 Juli 2020) #Gunung Sindoro (18-24 Juli 2020) #Gunung Sumbing (01 Agustus 2020)

Jabar - Jatim - Sumatra - Lombok - DLL

Gunung Lainnya kunjungi https://www.xplorewisata.com/p/jalur-buka-tutup-pendakian-gunung.html

Cara Menulis Pesan // Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Xplore Wisata // Operator Porter dan Guide Indonesia


  1. Xplore Wisata adalah salah satu pilihan terbaik untuk pendakian gunung terbaik dengan guide dan porter yang berpengalaman di semua gunung Indonesia.
  2. Inovasi selalu kami lakukan sehingga Anda akan mendapatkan kesan terbaik ketika mendaki bersama kami.
  3. Kami akan memastikan bahwa perjalanan anda akan berkesan serta memuaskan dan rindu untuk bertemu dengan tim kami kembali.

Subscribe Our Newsletter