Sampah Plastik Bertebaran di Jalur Wekas

Lihatlah, Sampah Plastik Bertebaran di Jalur Wekas ke Puncak Merbabu!

Rabu, 15 April 2015 08:16

Lihatlah, Sampah Plastik Bertebaran di Jalur Wekas ke Puncak Merbabu!
DEDI H PURWADI

Tumpukan sampah di Gunung Merbabu, tepatnya jalur pendakian Wekas, Kaponan, Kabupaten Magelang. 
TRIBUNJOGJA.COM, JOGJA - Penulis yang juga fotografer senior Dedi H Purwadi berkisah tentang keprihatinannya melihat sebaran dan tumpukan sampah plastik yang merusak keindahan pemandangan Gunung Merbabu.
Sebaran dan tumpukan sampah botol-botol plastik bekas minuman itu ia saksikan saat melintasi Pos 2 di jalur pendakian Wekas, Kaponan, Kabupaten Magelang, Senin (13/4/2015) pagi.
Dedi bersama anak dan dua teman anaknya dalam perjalanan turun setelah naik ke puncak sehari sebelumnya lewat jalur Selo, Boyolali. Foto pemandangan menyesakkan di lereng Merbabu itu ia bagi untuk pembaca Tribun.
"Apakah ini ulah pendaki, pekemah, atau pengunjung pos? Harusnya pendaki atau siapapun tidak akan pernah tinggalkan sampah, harusnya membawa turun sampah ke base camp," kata Dedi Purwadi, Selasa (14/4/2015) malam.
"Kami pun bahkan membawa pulang sampah logistik kami ke rumah. Anak saya betul-betul marah melihat pemandangan tadi di pos 2 Wekas," imbuhnya.
Pemandangan di Pos 2 jalur pendakian Wekas ini benar-benar kontras dengan keindahan panorama sabana dan puncak Merbabu. Beberapa foto menakjubkan puncak Merbabu hasil jepretan mantan jurnalis foto Harian Bernas ini juga dibagikan.

Dedi H Purwadi

Jalur Wekas terhitung rute favorit karena jarak tempuh ke puncak Merbabu relatif pendek. Posisi jalurnya ada di Dusun Wekas, Kaponan, yang terletak antara Kopeng-Sawangan, Magelang. Dari Kaponan pendaki berjalan kaki melewati jalanan berbatu sejauh sekitar 3 Km menuju base camp atau pos 1.
Pos 2 merupakan sebuah tempat yang terbuka dan datar, yang biasa didirikan hingga beberapa puluhan tenda. Pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur lokasi ini kerap digunakan untuk berkemah.
Dedi H Purwadi

Sehingga pada hari-hari tersebut banyak penduduk yang berdagang makanan. Pada area ini terdapat sumber air yang di salurkan melalui pipa-pipa besar yang ditampung pada sebuah bak.
Dikutip dari Wikipedia, Merbabu adalah gunung api yang bertipe Strato yang terletak secara geografis pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Secara administratif gunung ini berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan, Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara.
Dedi H Purwadi

Di khasanah Islam tempo dulu, Merbabu dikenal melalui naskah-naskah masa pra-Islam sebagai Gunung Damalung atau Gunung Pam(a)rihan. Di lerengnya pernah terdapat pertapaan terkenal dan pernah disinggahi oleh Bujangga Manik pada abad ke-15.

Menurut etimologi, "merbabu" berasal dari gabungan kata "meru" (gunung) dan "abu" (abu). Nama ini baru muncul pada catatan-catatan Belanda.

Gunung ini pernah meletus pada tahun 1560 dan 1797. Dilaporkan juga pada tahun 1570 pernah meletus, akan tetapi belum dilakukan konfirmasi dan penelitian lebih lanjut. Puncak gunung Merbabu berada pada ketinggian 3.145 meter di atas permukaan air laut. (tribunjogja.com)

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin