Jadwal Terencana Open Trip dan Private Trip


SALAM PETUALANGAN !!!

Apabila membutuhkan bantuan informasi, konsultasi, reservasi segera hubungi +62 85 643 455 685 [[ Syarif ]] melalui WhatApp. Pesan anda akan kami respon dengan respon terbaik kami !!!

Sampah Plastik Bertebaran di Jalur Wekas

Lihatlah, Sampah Plastik Bertebaran di Jalur Wekas ke Puncak Merbabu!

Rabu, 15 April 2015 08:16

Lihatlah, Sampah Plastik Bertebaran di Jalur Wekas ke Puncak Merbabu!
DEDI H PURWADI

Tumpukan sampah di Gunung Merbabu, tepatnya jalur pendakian Wekas, Kaponan, Kabupaten Magelang. 
TRIBUNJOGJA.COM, JOGJA - Penulis yang juga fotografer senior Dedi H Purwadi berkisah tentang keprihatinannya melihat sebaran dan tumpukan sampah plastik yang merusak keindahan pemandangan Gunung Merbabu.
Sebaran dan tumpukan sampah botol-botol plastik bekas minuman itu ia saksikan saat melintasi Pos 2 di jalur pendakian Wekas, Kaponan, Kabupaten Magelang, Senin (13/4/2015) pagi.
Dedi bersama anak dan dua teman anaknya dalam perjalanan turun setelah naik ke puncak sehari sebelumnya lewat jalur Selo, Boyolali. Foto pemandangan menyesakkan di lereng Merbabu itu ia bagi untuk pembaca Tribun.
"Apakah ini ulah pendaki, pekemah, atau pengunjung pos? Harusnya pendaki atau siapapun tidak akan pernah tinggalkan sampah, harusnya membawa turun sampah ke base camp," kata Dedi Purwadi, Selasa (14/4/2015) malam.
"Kami pun bahkan membawa pulang sampah logistik kami ke rumah. Anak saya betul-betul marah melihat pemandangan tadi di pos 2 Wekas," imbuhnya.
Pemandangan di Pos 2 jalur pendakian Wekas ini benar-benar kontras dengan keindahan panorama sabana dan puncak Merbabu. Beberapa foto menakjubkan puncak Merbabu hasil jepretan mantan jurnalis foto Harian Bernas ini juga dibagikan.

Dedi H Purwadi

Jalur Wekas terhitung rute favorit karena jarak tempuh ke puncak Merbabu relatif pendek. Posisi jalurnya ada di Dusun Wekas, Kaponan, yang terletak antara Kopeng-Sawangan, Magelang. Dari Kaponan pendaki berjalan kaki melewati jalanan berbatu sejauh sekitar 3 Km menuju base camp atau pos 1.
Pos 2 merupakan sebuah tempat yang terbuka dan datar, yang biasa didirikan hingga beberapa puluhan tenda. Pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur lokasi ini kerap digunakan untuk berkemah.
Dedi H Purwadi

Sehingga pada hari-hari tersebut banyak penduduk yang berdagang makanan. Pada area ini terdapat sumber air yang di salurkan melalui pipa-pipa besar yang ditampung pada sebuah bak.
Dikutip dari Wikipedia, Merbabu adalah gunung api yang bertipe Strato yang terletak secara geografis pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Secara administratif gunung ini berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan, Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara.
Dedi H Purwadi

Di khasanah Islam tempo dulu, Merbabu dikenal melalui naskah-naskah masa pra-Islam sebagai Gunung Damalung atau Gunung Pam(a)rihan. Di lerengnya pernah terdapat pertapaan terkenal dan pernah disinggahi oleh Bujangga Manik pada abad ke-15.

Menurut etimologi, "merbabu" berasal dari gabungan kata "meru" (gunung) dan "abu" (abu). Nama ini baru muncul pada catatan-catatan Belanda.

Gunung ini pernah meletus pada tahun 1560 dan 1797. Dilaporkan juga pada tahun 1570 pernah meletus, akan tetapi belum dilakukan konfirmasi dan penelitian lebih lanjut. Puncak gunung Merbabu berada pada ketinggian 3.145 meter di atas permukaan air laut. (tribunjogja.com)

Related Posts

Komentar

Open Trip Pendakian Gunung

Open Trip Pendakian Gunung Sumbing, Sindoro, Lawu dan Prau 16-17 Agustus 2020. Informasi selengkapnya hubungi +62 85 643 455 685

Gunung Buka Pasca Covid

Covid 19 memang berbahaya namun dengan pengalaman dan mengantisipasi akan menjadikan bahaya tersebut akan berkurang dan dapat ditiadakan. Dengan semangat Anda Aman Bersama Kami, kami akan berupaya untuk menjaga Anda.

Gunung Buka Pasca Covid (Jateng)

Gunung Lawu (21-24 Juni 2020) #Gunung Prau (03 Juli 2020) #Gunung Sindoro (18-24 Juli 2020) #Gunung Sumbing (01 Agustus 2020)

Jabar - Jatim - Sumatra - Lombok - DLL

Gunung Lainnya kunjungi https://www.xplorewisata.com/p/jalur-buka-tutup-pendakian-gunung.html

Cara Menulis Pesan // Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Xplore Wisata // Operator Porter dan Guide Indonesia


  1. Xplore Wisata adalah salah satu pilihan terbaik untuk pendakian gunung terbaik dengan guide dan porter yang berpengalaman di semua gunung Indonesia.
  2. Inovasi selalu kami lakukan sehingga Anda akan mendapatkan kesan terbaik ketika mendaki bersama kami.
  3. Kami akan memastikan bahwa perjalanan anda akan berkesan serta memuaskan dan rindu untuk bertemu dengan tim kami kembali.

Subscribe Our Newsletter