Jadwal Terencana Open Trip dan Private Trip


SALAM PETUALANGAN !!!

Apabila membutuhkan bantuan informasi, konsultasi, reservasi segera hubungi +62 85 643 455 685 [[ Syarif ]] melalui WhatApp. Pesan anda akan kami respon dengan respon terbaik kami !!!

Gua Sumur

Gua Sumur

Salah satu gua yang terdapat di kawasan Dieng adalah Gua Sumur , gua ini terletak kurang lebih 20 meter dari Gua Semar dan biasanya digunakan sebagai tempat pertapaan. Salah satu ciri khas Gua Sumur adalah, di depan Gua ini terdapat arca wanita yang sedang membawa kendi.  

Di dalam Gua Sumur ini terdapat mata air yang sampai dengan saat ini tidak diperoleh informasi tentang sejarah dan asal muasal keberadaan sumur tersebut.

Sumber air suci yang yang terdapat di Gua Sumur disebut "Tirta Prawitasari", di lokasi inilah umat Hindu biasanya mengadakan upacara ritual yang disebut Muspe/Mubakti. Penganut agama Hindu percaya, sumber mata air yang terdapat di Gua Sumur adalah sumber air suci tertua.

Para pengunjung yang datang ke Gua Sumur ini biasanya membawa botol untuk mengambil air dari sumur tersebut yang dipercaya mempunyai manfaat yang besar. Mitos yang berkembang di masyarakat sekitar, air sumur di gua tersebut dipercaya memiliki khasiat sebagai obat tanaman rusak dan mati terkena hujan salju yang sering terjadi antara bulan Juli - September, dan obat hama tanaman kentang.

Selain itu, manfaat lain air sumur ini dipercaya oleh warga sekitar berkhasiat sebagai obat untuk awet muda. Biasanya orang yang ingin melakukan meditasi di Gua Semar, sebelumnya harus mensucikan diri terlebih dahulu di Gua Sumur yang tentunya melalui ijin sang juru kunci. 

Harga Tiket
Rp. 5.000,-/orang

Jam Operasional
24 jam setiap hari

Fasilitas
Lahan parkir luas, rumah makan, pasar yang menjual oleh-oleh khas Dieng

Related Posts

Komentar

Open Trip Pendakian Gunung

Open Trip Pendakian Gunung Sumbing, Sindoro, Lawu dan Prau 16-17 Agustus 2020. Informasi selengkapnya hubungi +62 85 643 455 685

Gunung Buka Pasca Covid

Covid 19 memang berbahaya namun dengan pengalaman dan mengantisipasi akan menjadikan bahaya tersebut akan berkurang dan dapat ditiadakan. Dengan semangat Anda Aman Bersama Kami, kami akan berupaya untuk menjaga Anda.

Gunung Buka Pasca Covid (Jateng)

Gunung Lawu (21-24 Juni 2020) #Gunung Prau (03 Juli 2020) #Gunung Sindoro (18-24 Juli 2020) #Gunung Sumbing (01 Agustus 2020)

Jabar - Jatim - Sumatra - Lombok - DLL

Gunung Lainnya kunjungi https://www.xplorewisata.com/p/jalur-buka-tutup-pendakian-gunung.html

Cara Menulis Pesan // Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Xplore Wisata // Operator Porter dan Guide Indonesia


  1. Xplore Wisata adalah salah satu pilihan terbaik untuk pendakian gunung terbaik dengan guide dan porter yang berpengalaman di semua gunung Indonesia.
  2. Inovasi selalu kami lakukan sehingga Anda akan mendapatkan kesan terbaik ketika mendaki bersama kami.
  3. Kami akan memastikan bahwa perjalanan anda akan berkesan serta memuaskan dan rindu untuk bertemu dengan tim kami kembali.

Subscribe Our Newsletter