Tips Memilih Tenda

Tips Memilih Tenda

source : http://www.ekowahyu.com/petualangan/tips-memilih-tenda-sesuaikan-dengan-kebutuhan/

Saat ini di pasaran banyak sekali beredar tenda-tenda yang entah itu dijual secara perseorangan dan dijual di toko-toko outdoor, rata-rata dengan konstruksi dome tent atau pengembangan dari tunnel tent dan single hope tent. Namun dari semua tenda yang dijual dipasaran dewasa ini sebenarnya tidak semuanya cocok dipakai untuk mendaki gunung, ada tenda yang hanya cocok dipakai camping di kaki gunung atau bahkan cocok hanya dipakai untuk camping di halaman belakang rumah.


Pada prinsipnya, membeli tenda jangan hanya berdasar nama atau gambar/model saja. Beranilah cerewet dg minta dibuka diberdirikan, kecuali sudah pernah punya tenda sejenis atau pinjam temennya. Yang jelas, berusahalah pegang secara fisik

Nah bagaimana mengetahui ciri-ciri tenda yang cocok untuk mendaki gunung? berikut mudah-mudahan tips ini bisa membantu teman-teman dalam memilih tenda yang cocok untuk pendakian gunung.

tenda1
tenda yang cocok untuk daerah berangin

Tenda untuk pendakian gunung cenderung konstruksinya lebih rendah dari pada tenda untuk camping, ini dikarenakan untuk lebih tahan terhadap tiupan angin yang lebih kencang didaerah ketinggian gunung ketimbang lokasi camping yang berada lebih rendah di kaki gunung. Pilihlah tenda yang lebih rendah konstruksinya.

Tinggi tenda setidaknya maksimal 1 meter atau 40 inci. Ini berdasar pengamatan tenda-tenda di luar negeri rataa-rata tingginya 1m atau dibawahnya. Seperti biasa, makin tinggi tenda makin besar daya tangkap anginnya.

tenda2
hindari tenda seperti ini didaerah rawan badai

Bahan tenda
Perhatikan bahan tenda pilihlah yang dari nylon jangan pilih tenda yang terbuat dari kain katun bahan bagian dalamnya (inner) terbuat dari katun, jika tenda ini dipakai digunung yang tinggi yang bersuhu lembab akan sangat dingin sekali, tenda ini tidak bisa memberikan isolasi yang baik bagi penghuninya. Tenda dengan bahan jenis ini hanya cocok dipakai untuk camping.

Bentuk Tenda
Hindari memilih tenda yang mempunya bagian terbuka / menganga, apalagi bagian atas, karena akan jadi “santapan” angin, karena angin dan badai adalah kendala utama yang dihadapi jika berada di tempat ketinggian.

Bobot dan dimensi
Pilihlah tenda yang masuk akal beratnya dan dimensi yang kecil pada saat di packing. Selain untuk kepraktisan juga sangat membantu ketika harus dibawa-bawa dalam carrier.

Bahan alas tenda
Banyak yg berpikiran, bahan terpal lebih bagus. gak juga tuh….udah banyak kejadian tenda yang bawahnya pake bahan terpal tidak menjamin akan bebas dari rembesan air. Contohnya bahan yg dipakai di tenda ultralight (sejenis nylon), walaupun tipis tapi bisa menahan rembesan air. untuk menyiasati bahan yg tipis, bisa digunakan footprint tenda untuk mengurangi gesekan dengan tanah / material bawah tenda. Mengenai foot print, sebaiknya dibuat tidak sama persis dengan alas tenda, buatlah beberapa cm menjorok ke dalam. Bila dibuat sama persis ukurannya dengan alas tenda berisiko menangkap air hujan. Jangan lupa membuat parit di sekeliling tenda untuk mengalirkan tumpahan air hujan.

Lembar Flysheet
Tenda untuk pendakian gunung harus mempunyai lembar flysheet nya, kecuali tenda yang single tent yang terbuat dari bahan breathable garmen yang bisa menahan air tapi kondensasi dalam tenda bisa keluar. Seperti tenda keluaran merek Bibler akan tetapi harga tenda dengan bahan jenis seperti ini mahal sekali, dan kebanyakan tenda Bibler ini dipakainya di gunung-gunung tinggi bersalju.
Di Indonesia banyak sekali tenda camping yang dijual tenda ini umumnya tidak memiliki flysheet, kalaupun ada pendek sekali bahkan cenderung hanya seperti hiasan, seperti misalnya tenda merek bestway yang banyak dijual di beberapa toko di jakarta. Flysheet sangat berguna untuk melindungi tenda bagian dalam dari hujan, flysheet yang bagus adalah yang menutup tenda hingga kebawahnya. Hindari memakai tenda camping yang tidak mempunyai flysheet karena sewaktu dipakai di gunung dengan cuaca yang lembab saja tenda tersebut cenderung bagian dalamnya akan menjadi lembab dan sangat buruk untuk kesehatan pendaki didalamnya. Sering liat orang pada pakai tenda yang flysheet model payung kaya keluaran colemen, padahal kalo ada angin yang lumayan kencang, bisa bisa terbang tuh tenda, minimal framenya pada patah.

Jarak flysheet dan bagian dalam tenda
Perhatikan juga jarak antara flysheet dan diding tenda, jarak yang bagus adalah satu jengkal karena dengan begitu bagian dalam tenda tidak menempel dengan flysheet dan jika hujan lebat bagian dalam tenda tidak ikut basah oleh flysheet, yang bisa menyebabkan kebocoran juga, jarak yang bagus antara flysheet dan bagian dalam tenda akan memungkinkan uap kondensasi dari dalam tenda hilng tertiup angin sehingga tidak tertampung di bagian dalam flysheet yang water proof, jika tertampung dibagian dalam flysheet akan berubah menjadi titik air dan kembali jatuh kebagian dalam tenda. Kadan inilah yang kita sangka tenda bocor sewaktu hujan, padahal tendanya tidak bocor atau bolong sama sekali.
Sebagai patokan umum, jarak terbaik untuk flysheet adalah sekepalan tangan orang dewasa atau ya kira-kira 10-20cm. Jika sampai nempel atau ada bagian-bagian yang nempel antara inner-outer ada resiko panas yg keluar dari tubuh manusia tidak terbuang keluar, hasilnya tenda anget tapi karena di luar dingin maka terjadilah hujan lokal dalam tenda…bentuknya bisa titik-titik embun..

tenda3
tenda dengan teras

Guylines atau tali pengencang
Tenda pendakian gunung pasti akan mempunyai tali-tali pengencang dibagian tertentu yang berguna untuk ketahanan tenda dalam menghadapi angin di gunung. tali-tali ini umumnya oleh pabrik tenda ditempatkan pada titik-titik frame konstruksi tenda yang berguna memberikan kekuatan tambahan pada frame agar tidak patah.

Ruang penyimpanan
Teras atau istilah kerennya vestibule tenda, adalah bonus istimewa untuk tenda pendakian gunung, karena selain bisa dijadikan tempat penyimpanan barang, vestibule bisa dijadikan dapur saat cuaca jelek dan tidak memungkinkan untuk memasak di luar tenda.

Kepkraktisan saat mendirikan.
Usahakan memilih tenda yang mudah dan praktis saat dirakit atau digunakan. Sekiranya ruwet tidak praktis mending cari merk lainnya.

Jahitan
Perhatikan apakah jahitan2nya sudah dberi seam seal/didobel lapisan plastik. Perhatikan pula apakah keempat sudut tendanya terangkat atau malah sejajar dengan tanah saat didirikan. Sebaiknya cari tenda yg sudah ada seam pada jahitanya dan kalau bisa cari yang pojok-pojoknya terangkat beberapa cm dari permukaan (bath tub type).

Musuh utama kita bukan salju tapi hujan badai. Kalo dingin masih bisa dikasi sleeping bag. Oleh karena itu carilah tenda yang sekiranya didisain tahan angin besar dan hujan besaaar lebaat.

Itulah beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat memilih tenda untuk kegiatan pendakian gunung. Mngenai hal lainnya tergantung selera dan type gunung yang akan kita daki.

Rekomendasi tenda yang beredar di pasaran Indonesia
Jika anda hanya bertujuan untuk camping misalkan di kaki gunung, atau di pantai, maka tenda keluaran coleman (sundome) ataupun stansport seperti ini sudah mencukupi. Kisaran harga pada 400rb hingga 700rb. Tergantung dimana anda membelinya.

coleman tentstanpic2100
Apache 2 

Sedangkan untuk tenda yang digunakan pada cuaca hutan tropis yang memungkinkan terjadi badai secara tiba-tiba, penulis sangat menyukai tenda keluaran lichfield tipe Apache .  Perbedaan dgn tenda yang banyak beredar saat ini adalah, tenda lichfield didirikan dengan membangun lapisan flysheetnya dahulu yang dipasangkan dengan frame. Nah bagian inner, dipasang setalah bagian flysheet terpasang. untuk lebih jelas spesifikasinya silahkan kesini http://www.lichfield-outdoor.co.uk/products/tentsinfo.aspx?productid=253&modelid=159

Untuk merk lokal, Consina sudah membuat tenda dengan model yang hampir sangat mirip dengan Lichfield jenis ini. Namun dengan bahan yang berbeda tentunya. Penulis sendiri tidak pernah mencoba merk Consina tsb.Dipasaran (Juli 09) dijual pada harga 625rb.

Tips for Choosing a tent

source: http://www.ekowahyu.com/petualangan/tips-memilih-tenda-sesuaikan-dengan-kebutuhan/
Currently on the market many outstanding tents were either sold individually and sold in stores outdoor, on average, with a dome tent construction or expansion of a single tunnel tent and tent hope. But of all the tents were sold in the market today is actually not all suitable for mountaineering, there are only suitable tent camping in the mountains or even matched only used for camping in the backyard.
In principle, do not just buy a tent by name or image / model only. Dare to ask open diberdirikan dg picky, except've got a kind of tent or borrow temennya. What is clear, try to grasp the physical
Well how about knowing the characteristics tent suitable for mountain climbing? hopefully these tips can help friends in choosing a suitable tent for mountaineering.
tenda1
tent suitable for windy areas
Mountaineering tent for construction tends to be lower than in a tent for camping, is due to be more resistant to wind tighter than the height of the mountain areas, camping sites, which were lower in the mountains. Choose lower tent construction.
Tent maximum height at least 1 meter or 40 inches. It is based on the observation tents abroad average height of 1m or less. As usual, the higher the greater the power of arrest tent wind.
benda2
avoid the tent like this hurricane-prone areas
Tent material
Consider choosing a tent material of nylon-select a tent made of cotton material inside (inner) made of cotton, if the tent is a high mountain humid temperature will be very cold, this tent can not provide good insulation for occupants . Tent with this type of material is only suitable for camping.
Tents form
Avoid choosing a tent that has the open / yawn, let alone the top, because it will be "fine" wind, because the wind and the storm is the main obstacle if you're in high places.
Weight and dimensions
Choose tent reasonable weight and small dimensions at the time of packing. In addition to practicality is also very helpful when having to carry around in the carrier.
Materials forest tent
Many sober, tarpaulin material better. not too horrible ... .udah many instances tent beneath a tarp does not guarantee the use of materials will be free from water seepage. Examples of materials recycled in an ultralight tent (a type of nylon), although a slight but can withstand water seepage. to cope with the thin material, tent footprint can be used to reduce friction with the soil / material under the hood. On foot print, preferably made not exactly the same as the forest tent, make a few cm in the bay. When is exactly the same size as the forest tent risky catch rainwater. Do not forget to make a trench around the tent to drain rain water spills.
Flysheet sheet
Tents for mountaineering must have its flysheet sheet, except for the single tent tents made of breathable garment that can withstand water condensation in the tent but could get out. As Bibler tent brand products but the price tent with this type of material as very expensive, and most of these Bibler tent wore in high snowy mountains.
In Indonesia a lot of tent camping tent sold is generally not have flysheet, even if there is a short time tend to only like decorating, such as tent Bestway brand is sold in some stores in jakarta. Flysheet very useful to protect the inside from the rain tent, flysheet is a great tent to shut down. Avoid wearing tent camping without a flysheet because when worn on the mountain with only a damp weather tends inside the tent will become damp and very bad for the health of climbers therein. Often wiry man in a tent flysheet adopted as the umbrella model COLEMEN output, but if there is a fairly strong wind, can not fly tuh tent, at least on a broken frame.
Distance flysheet and inner tent
Note also that the distance between flysheet and diding tent, a nice distance is a vexed one because then the inner tent flysheet not stick with it and if heavy rain does not follow the inner tent flysheet wet, which can cause leakage as well, a nice distance between flysheet and the inside of the tent will allow condensation of steam in the tent was lost in the wind so that does not fit inside the flysheet is water proof, if accommodated inside the flysheet will turn into water droplets and fall gets back in the tent. Kadan is what we thought the tent leaked when it rained, when the tent did not leak or mesh at all.
As a general rule, the distance is best for a fist flysheet adults or so about 10-20cm. If it gets stuck or there are parts that are stuck between the inner-outer is no risk of heat out of the human body is not thrown out, but the result is a warm tent outside in the cold because that way the showers in the tent ... can shape dew drops ..
tenda3
tent with porch
Guylines or strap fasteners
Mountaineering tent will certainly have ropes fasteners specific section are useful for resilience in the face of a tent in the mountain breeze. The ropes are generally by the factory tent placed at points that are useful tent frame construction provides additional strength to the frame so as not to break it.
Storage space
Terrace or fancy word tent vestibule, is a special bonus for mountaineering tent, because in addition can be used as storage space, can be used as a kitchen vestibule during bad weather and not allow it to cook outside the tent.
Kepkraktisan when erect.
Try to choose a tent that is easy and practical when assembled or used. If intricate impractical mending find other brands.
Stitching
Consider whether jahitan2nya already dberi seam seal / didobel plastic coating. Note also whether the four corners of the tent lifted or even parallel to the ground when it was founded. Better find already existing tent seam on jahitanya and if you can find that the corners raised a few cm from the surface (bath tub type).
Our main enemy is not snow but rain storm. If cold can still be castrated sleeping bag. Therefore look for a tent that if designed to withstand heavy winds and rain besaaar lebaat.
Those are some things we need to consider when choosing a tent for mountaineering activities. Regarding other things depending on your taste and type which we will climb the mountain.
Recommendations tent on the market Indonesia
If your only purpose is to suppose camping in the mountains, or on the beach, then tent coleman output (Sundome) or Stansport like this is enough. Price range on 400rb to 700rb. Depending on where you buy it.
coleman tentstanpic2100
Apache 2 
As for the tents to be used in tropical forests, weather permitting storm suddenly, the author loves tent lichfield output type Apache. Differences with tents that are circulating at the moment is, lichfield tents erected by building flysheetnya first layer paired with frame. Well inner part, installed after the flysheet installed. for clearer specifications please come here http://www.lichfield-outdoor.co.uk/products/tentsinfo.aspx?productid=253&modelid=159
For local brands, Consina already made a tent with a model that is almost very similar to this kind of Lichfield. But of course with different materials. The author himself never tried the brand Consina tsb.Dipasaran (July 09) will be sold at 625rb.

Jadwal OpenTrip XploreAdventure BB 7A722B86 Call. / SMS / WA / Line / WeChat 085643455685: http://www.xplorewisata.com/2015/02/tips-memilih-tenda.html#ixzz3QbQB7wR9
Follow us: @syarifain_ on Twitter | cikarsya.yogyakarta on Facebook

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin