Goa Jatijajar

Goa Jatijajar
Kebumen Jawa Tengah

Goa Jatijajar terletak di 21 Km sebelah barat daya Kecamatan Gombong, atau 42 Km sebelah barat daya kota Kebumen. Goa ini memiliki kedalaman 40 meter dan panjang 250 meter. Anda tidak perlu menyiapkan stamina prima untuk menjelajahi goa jatijajar karena goa ini sudah dilengkapi dengan jalan dan interior goa yang di desain dengan sangat baik. Bagi anda pecinta goa yang alami mungkin tidak begitu suka dengan interior disini namun tidak ada salahnya juga menikmati goa dengan interior yang dibangun berdasarkan legenda Raden Kamandaka atau Lutung Kasarung.

Memasuki komplek area goa Jatijajar anda akan bertemu dengan Goa Intan dan Goa Dempok, kedua goa ini tidak terlalu besar. Naik beberapa anak tangga anda akan menjumpai patung dinosaurus yang dari mulutnya mengeluarkan air yang berasal dari dalam goa menuju kolam renang. Mulut goa Jatijajar sangat besar, pada langit-langit goa terdapat banyak coretan tangan dari pengunjung di masa awal pembukaan tempat wisata ini. Untuk dapat menuliskan nama di langit goa mereka harus membayar kepada juru tulis. Tidak perlu terburu-buru menelusuri goa Jatijajar karena patung-patung yang menceritakan legenda Lutung Kasarung sangat menarik, belum lagi stalagmite dan stalagtite yang menghiasi goa. Ventilasi/lobang di atap goa juga menjadi pemandangan yang menarik membuat saya berpikir kalo goa jatijajar mengembangkan wisata cave tubing seperti di Goa Jomblang, Gunung Kidul mungkin oke juga. Penataan lampu dan warna-warna lampu yang menghiasi sudut goa juga sudah dipertimbangkan dengan sangat matang, bagi anda pecinta fotografi akan menjadi pengalaman yang menarik untuk mendapatkan foto dengan komposisi dan pencahayaan bagus.

Goa Jatijajar, Ayah, Kebumen
Goa Jatijajar, Ayah, Kebumen
Goa Jatijajar memiliki sungai bawah tanah yang masih aktif, alirannya dapat di lihat di 2 sendang yang di buka untuk umum yaitu Sendang Kantil dan Sendang Mawar, sedangkan 2 sendang lainnya yaitu Sendang Jombor dan Sendang Puser Bumi  tidak dibuka untuk wisatawan umum, kecuali memperoleh ijin dari pengelola wisata. Konon katanya, air di Sendang Mawar dipercaya dapat membuat awet muda, sedangkan jika mengusap patung di Sendang Kantil maka keinginannya dapat terwujud. Sebelum anda mempercayainya sebaiknya hitung dulu jumlah kerutan  saya yang sudah beberapa kali cuci muka di sendang mawar
:D

Keluar dari Goa anda akan di sambut penjual makanan yang enak dan murah, saya suka sekali dengan pecel + bakwan + peyek dengan iringan music pengamen. Sambil duduk santai atau bermain ayunan anda dapat melihat pepohonan rindang yang menutupi permukaan goa. Seperti juga lokasi wisata lainnya, untuk menuju pintu keluar anda akan melewati pasar cenderamata

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin