Porter Lawu, Jalan Highway 10 Sebagai Jalan Terlurus di Dunia

 

Porter Lawu, Jalan Highway 10 Sebagai Jalan Terlurus di Dunia


Eyre Highway, di Australia, sering disebut sebagai jalan lurus paling terkenal di dunia, dengan panjang mencapai 145,6 km. Akan tetapi, jika berbicara soal jalan lurus yang betul-betul 'terpanjang', jawabannya adalah Highway 10, di Arab Saudi, yang membentang sejauh 240 kilometer.

Betapa membosankannya, jika kamu berkendara tanpa mendengarkan musik di Highway 10. Sejauh mata memandang ke depan, dari Haradh ke Al Batha, yang terlihat hanya jalanan tanpa belokan. Kalaupun menengok ke kiri atau ke kanan, tidak ada pemandangan yang menyegarkan mata: hanya padang pasir.

Mulanya Highway 10 dibuat sebagai jalan pribadi untuk Raja Fahd (SAU), yang menghubungkan Highway 75 (di daerah Haradh) ke Highway 95 (di barat Arab Saudi). Panjangnya mencapai 240 km dan memotong gurun tanpa ada satu pun tikungan ke kiri atau ke kanan.

Bahkan, tidak ada pula kemiringan naik atau turun yang berarti, di jalur Haradh-Al Batha. Selama perjalanan datar itu, pengemudi mau tak mau harus menikmati pengalaman perjalanan yang monoton begitu saja.

Jadi, apa yang bisa dinikmati dari jalan raya terpencil yang tidak berhiaskan tanda-tanda peradaban? Sejujurnya, hampir tidak ada, selain bukit pasir dan langit yang bersih, atau playlist musik kesukaanmu. Hewan pun tidak berani mendekati Highway 10, karena letaknya berdekatan dengan salah satu gurun paling tandus di Bumi, Rub Al Khali.

Caption by Kumparan

https://www.facebook.com/100067038861164/posts/pfbid02ovBGzCVYcSMkzcCaunQpqQCri3hVK9o9qW4nTQD8P216vk8gqsufXXLMeKZGwFVzl/?app=fbl

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin