Pertanyaan dan Jawaban (Questions and Answers) Tentang XploreWisata


Porter Gunung, Guide, Swiper, Koki Gunung, Paket Pendakian, Private Tour, Open Trip, Share Cost

Pertanyaan dan Jawaban (Questions and Answers) Tentang XploreWisata


Apa itu XploreWisata ??

XploreWisata merupakan salah satu event organizer yang bergerak dalam layanan wisata, transportasi, wedding, seminar, outbond dan outing yang bertujuan untuk memudahkan urusan yang sedang Anda persiapkan.

Kami menyediakan jasa konsultasi secara gratis dan siap membantu semampu kami. 


Apa itu Porter Pendakian ??

Porter Pendakian, Porter Gunung mempunyai makna seseorang atau sekelompok orang yang menyediakan jasa untuk membantu pendaki untuk membawakan beban, baik dengan tas untuk Gunung Jawa dan sekitarnya dan menggunakan pikulan / tas untuk Gunung Rinjani atau yang mempunyai vegetasi lebih rendah.

Untuk saat ini porter gunung merupakan peranan yang penting untuk kesuksesan pendakian.

Sesuai kesepakatan bersama bahwa beban seorang porter mampu membawa beban seberat 20kg barang pendaki + 3kg barang pribadi porter.

Tanggung Jawab porter merupakan membawakan barang sampai ke tenda dan terkadang membantu mendirikan tenda, memasak dan mempersiapkan camping ground sesuai dengan kompetensi dan ketrampilan masing masing porter.

Untuk mendapatkan hal tersebut, maka kami menyarankan memilih porter yang berpengalaman sekaligus berkualitas. 

Nama nama atau istilah porter yang biasa disebut dalam pendakian,

  • Porter inap, porter yang mempersiapkan pendakian dari awal hingga akhir
  • Porter air, porter yang bertanggung jawab mempersiapkan air
  • Porter drop, porter yang bertanggung jawab mengantarkan barang ke lokasi yang disepakati, kemudian kembali turun ( barang ditinggalkan )
  • Porter pribadi, porter yang bertanggung jawab membawakan perlengkapan pribadi pendaki / tas pendaki / sesuai kesepakatan.


Apa itu Guide, Swiper, Leader Pendakian ??

Guide Pendakian merupakan seseorang yang menyediakan jasa untuk menunjukkan, mendampingi, memberikan saran baik sebelum, saat dan setelah pendakian berlangsung.

Seorang guide mempunyai tanggung jawab penuh dari persiapan, saat mendaki sampai turun kembali ke garis finish.

Apabila jumlah pendaki cukup banyak, maka ada seorang / beberapa guide yang berada menemani pendaki terakhit yang kemudian biasa disebut swiper.

Dan juga ada Leader untuk menyukseskan kegiatan pendakian yang sedang dipersiapkan. Leader akan mengakomodir dari persiapan ( transportasi, penginapan, belanja, menyiapkan alat, menjalin kerjasama dengan mitra, dll ) demi kesuksesan pendakian. Leader bisa ikut selama pendakian, atau tetap di bawah untuk mengantisipasi hal hal yang kurang dikehendaki seperti, kekurangan pasokan air, emergency, menyiapkan transportasi, penginapan, makan, dll setelah turun.

Perbedaan Mendasar Porter, Guide, Swiper, Leader

  • Porter Pendakian Gunung, Dari Basecamp Sampai Tenda
  • Guide Pendakian Gunung, dari basecamp sampai ke tenda, kemudian melanjutkan ke puncak. Untuk yang one day trip ( tektok / tanpa inap ) maka dari basecamp sampai turun ke basecamp kembali.
  • Swiper Pendakian Gunung, guide yang mendampingi kelompok yang paling belakang.
  • Koki Pendakian Gunung, orang yang memasak demi kesuksesan rasa dalam masakan. Bisa dari porter, guide ataupun swiper atau tenaga ahli yang memang ber profesi sebagai koki dalam pendakian. Karena semakin banyak jumlah yang dimasak, akan membutuhkan skill yang lebih banyak untuk mencegah gagal masak.
  • Leader Pendakian Gunung, orang yang menyiapkan guide, swiper, koki gunung, porter gunung, porter pribadi, porter drop, porter air, transportasi, penginapan dan hal hal penunjang kegiatan pendakian demi kelancaran dan kesan terbaik.


Apa itu Paket Pendakian / Private Trip / Tour ?

Paket Pendakian adalah sebuah paket yang disusun untuk memberikan kemudahan sekelompok orang untuk mendaki. Paket Pendakian juga sering disebut dengan Private Tour, Private Trip yang mempunyai makna suatu trip diperuntukkan untuk kelompok tersebut. Tidak digabung dengan trip pendakian yang lain. Menyiapkan pra pendakian dan menyelesaikan semua urusan pasca pendakian.

Dalam Paket Pendakian, Private Trip, Private Tour juga melayani

  • Transportasi, by request
  • Penginapan, by request
  • Paket Pendakian, sesuai dengan yang dibutuhkan dan disepakati bersama penyedia layanan.

 

Apa itu Open Trip ?

Berbeda dengan Paket Pendakian, Open Trip adalah cara untuk mengumpulkan orang orang yang masih kesulitan mendapatkan teman / rekan untuk mendaki. Open Trip biasanya sudah mempunyai kalkulasi waktu dan anggaran sehingga memudahkan untuk menyiapkan waktu dan dana. Namun Open Trip sangat terbatas apabila kuota minimal tidak terpenuhi dan akan muncul, opsi penundaan sampai kuota terpenuhi atau dengan menyesuaikan biaya ( menghitung ulang biaya operasional ).

 

Apa itu Share Cost ?

Pada prinsipnya share cost adalah jalan tengah antara Paket Pendakian dan Open Trip, yang mana share cost juga mengumpulkan orang orang yang ingin mendaki bareng, biasanya sudah ditentukan waktunya kemudian perkiraan biaya yang akan dikeluarkan. Dan pada akhirnya saat pelaksanaan tinggal membagi dengan jumlah yang ikut. Semakin banyak yang ikut maka jumlah pembagi semakin banyak yang berakibat jumlah iurang menjadi lebih sedikit.

Secara ringkas perbedaan Private Trip, Open Trip, Share Cost adalah sebagai berikut

  • Private Trip, orang dalam satu kelompok yang sudah saling mengenal, paham karakter masing masing pendaki, bebas dalam menentukan tanggal, biaya, fasilitas dan lainnya.
  • Open Trip, orang yang kesulitan mencari teman mendaki dan mencari jadwal pendakian yang sudah disusun berserta anggarannya.
  • Share Cost, orang yang kesulitan mencari teman mendaki, atau sudah saling mengenal dengan mengalkulasikan anggaran keseluruhan kemudian membagi dengan jumlah yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Pilihan Paket Pendakian Gunung Indonesia

 

Apa itu SIMAKSI, Tiket Masuk ( Registrasi ) dan Asuransi Pendakian ?

  • SIMAKSI adalah singkatan dari Surat Ijin MAsuk Kawasan KonservaSI. Untuk beberapa Gunung yang ada di Indonesia memang wilayah konservasi sehingga untuk memasuki kawasan konservasi dibutuhkan SIMAKSI. Untuk kepengurusan SIMAKSI biasanya membutuhkan identitas resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk pendataan diri masuk dan keluar kawasan meliputi KTP / SIM / Passport / KIA / KK / KTM / semisalnya yang mencantumkan Nama Terang, Alamat untuk mempermudah pendataan. Simaksi biasanya diperuntukkan untuk Gunung atau kawasan yang dikelola oleh Taman Nasional.
  • Tiket Masuk / Registrasi hampir sama dengan SIMAKSI namun mempunyai kelonggaran data yang diberikan. Biasanya Tiket Masuk / Registrasi dibutuhkan untuk Gunung Gunung yang dikelola oleh Perhutani / Bumdes / Organisasi Penyangga Gunung.
  • Asuransi Pendakian adalah asuransi yang bertanggung jawab untuk membawa pendaki turun apabila mengalami kendala dalam pendakian. Untuk beberapa kawasan terutama di gunung vulkanis memberikan batas aman pendakian dan membuat surat pernyataan bahwa, terdapat batas asuransi dan jika melanggar maka konsekuensi ditanggung oleh pendaki.
  • Harapan dari adanya asuransi ini adalah meminimalisir hal hal yang kurang dikehendaki selama pendakian, meski demikian kita berharap jangan sampai memanfaatkannya dan selalu berdoa pendakian selalu aman, lancar dari persiapan sampai kembali turun
  • Sebagai contoh batas asuransi pendakian,
    • Gunung Merapi, sampai Pasar Bubrah
    • Gunung Semeru, sampai Puncak Kalimati
    • Gunung Slamet, sampai batas Vegetasi
    • Gunung Sindoro, sampai batas Vegetasi
    • Gunung Rinjani, sampai Plawangan
    • Gunung Kerinci, sampai batas Vegetasi
    • dan gunung gunung lainnya.

 

Apa itu TRANSPORTASI / SHUTTLE PENDAKIAN ?

  • Transportasi Pendakian adalah transportasi yang diperuntukkan penjemputan di titik meeting point dan mengantarkan kembali di finish point.
    • Sebagai contoh apabila rekan rekan pengen ke Merbabu dari Yogyakarta naik pesawat dan turun di YIA, maka bisa menggunakan jasa tambahan transportasi dari Yogyakarta ke Basecamp Pendakian / Penginapan.
    • Apabila rekan rekan pengen sekaligus dari Jakarta ke Basecamp Pendakian / Penginapan, maka juga tidak ada salahnya menggunakan jasa tambahan transportasi agar perjalanan lebih aman dan nyaman karena driver gunung lebih menguasai medan tanjakan, tikungan.
  • Shuttle Pendakian adalah transportasi lokal yang diperlukan apabila merasa ragu kurang menguasai medan menuju basecamp, transport tambahan karena armada dari kota tinggal ke penginapan / parkiran tidak memungkinkan bisa berupa pick up, elf, angkot, jeep dan semisalnya menyesuaikan dengan medan yang akan di lalui.
    • Sebagai gambaran,
    • Gunung Prau, maka armada bis tinggal di Kota Wonosobo dan dilanjutkan dengan shuttle lokal Dieng
    • Gunung Semeru, maka armada ditinggal di Pos Tumpang dan dilanjutkkan dengan jeep ke Pos Resort Ranu Pane
    • Gunung Merbabu, maka armada ditinggal di penginapan dan dilanjutkan dengan L300 / Pick Up ke Pos Resort Gunung Merbabu
    • Gunung Ciremai, maka armada ditinggal di terminal dan dilanjutkan dengan pick up ke Pos Resort Gunung Ciremai.


Apa itu Penginapan ?

Penginapan dalam pendakian mempunyai beberapa nama / istilah yang bersifat umum ( publik ) / gabung dengan pendaki lain atau yang sifatnya privacy ( berbayar ).

Untuk saat ini sebagian jalur pendakian sudah mempunyai banyak kemudahan dengan munculnya berbagai penginapan dalam bentuk homestay, cottage, resort, villa maupun hotel yang tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran masing masing pendaki.

Untuk yang bersifat umum bisa berupa rumah singgah, rumah transit, basecamp pendakian atau semisalnya dengan biaya yang lebih terjangkau dan sebagian besar gratis. Adapun kalau dikenakan biaya untuk kebersihan, toilet ( sebagian basecamp kesulitan air / buat beli air ), parkir, wifi / internet dan lainnya.

Apabila Anda termasuk orang yang tidak ingin repot dan ribet, bisa menghubungi kami dan akan kami rekomendasikan beberapa penginapan yang menurut kami akan sangat membantu rencana pendakian Anda. 


Apa itu Paket Corporate ?

Paket Corporate adalah paket untuk sebuah perusahaan, baik untuk staff saja atau sekalian direksi dan pimpinan perusahaan.


Apa itu Paket Gathering ? 

Paket Gathering adalah paket untuk menambah ukhuwah antar anggota keluarga, baik keluarga trah, keluarga alumni sekolah, keluarga perusahaan atau keluarga yang lain.

 

Apa itu Paket Outbond dan Outing ?

Paket Outbond adalah paket untuk merelaksasi kembali pikiran dalam rangka mengurai kejenuhan dalam beraktifitas dalam bentuk kegiatan fisik.

Paket Outing adalah paket untuk merelaksasi kembali pikiran dalam rangka mengurani kejenuhan dalam beraktifitas dalam bentuk konsentrasi dan pikiran.

 

Apa itu Paket MICE Meeting ?

MICE merupakan singkatan dari Meeting, Incentive, Conference, Exhibition sehingga Paket MICE merupakan sebuah layanan untuk memudahkan Anda menyelenggarakan Meeting, Incentive, Conference dan Exhibition.

Tim XploreWisata yang sudah memiliki banyak pengalaman dan mampu bekerja secara profesional untuk menyelenggarakan program MICE. Program yang kami rancang akan menyesuaikan dengan kebutuhan, maksud dan tujuan sehingga membawa dampak yang positif bagi yang mengikuti kegiatan.

Pada saat ini kami sudah bekerjasama dengan pengelola hotel dan meeting room, baik indoor maupun outdoor yang menjadikan paket yang kami tawarkan akan memberikan kesan terbaik.Kegiatan tersebut dapat dipadukan dengan kegiatan wisata, outbond, outing, offroad atau kegiatan lainnya agar pengalamannya menjadi lebih berkesan.

Kami memiliki jaringan yang luas dengan maskapai penerbangan, hotel, transportasi, catering, dokumentasi dan penyelenggara kegiatan yang lainnya.

Mari, segera rencanakan MICE bersama kami dan akan kami bantu untuk menyusunkan rundwon kegiatan dan anggarannya.

Paket MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition)

  • Travel Arrangements (Agenda Perjalanan)
  • Land Arrangement ( LA )
  • Konsultasi Pra dan Pasca Event (Perencanaan, Anggaran, Negosiasi dll)
  • Gala Dinner
  • Team Building dan Bonding
  • VIP Services
  • VIP Transportasi
  • Reservasi Akomodasi
  • Reservasi/Group Booking Maskapai Domestik & International
  • Venue penyelenggaraan MICE
  • Corporate Meeting
  • Special Events
  • Wedding Event dsb


Apa itu Paket Honeymoon ?

Paket Honeymoon adalah paket yang kami tawarkan untuk pasangan yang baru saja melakukan ijab kabul atau bagi pasangan yang ingin mengembalikan keharmonisan yang sempat terganggu oleh kesibukan / rutinitas. 

Untuk pilihan lokasi bisa menyesuaikan dengan tujuan wisata.

 

Apa itu Paket Adventure ?

Paket Adventure yang kami maksud adalah kegiatan wisata yang memacu adrenalin baik berupa susur sungai ( rivertubing / rafting sungai ), susur gua ( caving vertikal / horisontal ), susur hutan, pasir ( offroad ), paralayang / terjun payung dan kegiatan yang memacu adrenalin lainnya.

Paket wisata ini bisa dikombinasikan sesuai dengan kebutuhan, baik mencari yang having fun atau memang masuk ke minat khusus.

 

Apa itu Perlengkapan Pribadi ? Perlengkapan Kelompok ? Dalam Pendakian

Perlengkapan Pribadi adalah perlengkapan perlengkapan yang sebaiknya dimiliki oleh masing masing pendaki.

Perlengkapan Kelompok / Team / Grup adalah perlengkapan yang dipergunakan oleh satu team / grup / kelompok yang tidak semua harus dimiliki oleh masing masing pendaki namun harus dibawa ketika melakukan pendakian.

Apabila Anda menggunakan jasa layanan wisata pendakian dalam bentuk paket, private trip maka perlu memastikan fasilitas yang termasuk dan tidak termasuk sehingga pendakian berjalan sebagaimana mestinya.

Perlengkapan Pribadi

  • Tas Cariel
  • Tas Ransel / Daypack
  • Obat Pribadi
  • Sleeping Bag
  • Matras
  • Sleeping Pad / Matras Angin / Kasu Angin
  • Sepatu Gunung
  • Sandal Gunung / Sandal
  • HeadLamp / Senter
  • Trekking Pole
  • Geiter / Penahan Pasir Masuk Sepatu
  • Buff / Masker / Slayer
  • Topi
  • Handphone / Kamera
  • Kaos Kaki
  • Kaos Tangan
     

Perlengkapan Kelompok

  • Tenda
  • Alat masak
  • Alat makan
  • Alat minum
  • Cangkul / Sekop
  • Meja / Kursi
  • Tenda Toilet
  • Pisau
  • Logistik Pendakian
  • Lampu Tenda
  • Flysheet
  • Tiang Flysheet
  • Penerangan area camp 

Apabila Anda menggunakan jasa layanan paket pendakian xplorewisata maka ada baiknya mengunjungi link https://www.xplorewisata.com/2022/11/perlengkapan-pendakian-yang-harus-di.html untuk mengetahui mana yang sudah termasuk dan belum termasuk sehingga mengurangi beban yang harus dibawa naik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin