Porter Lawu, Fakta Unik Desa Rawaapu Cilacap


Porter Lawu, Fakta Unik Desa Rawaapu Cilacap

Rawaapu adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Patimuan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Desa ini terletak di sepanjang lembah Sungai Citanduy yang menjadi garis pembatas antara wilayah provinsi Jawa Tengah (Kabupaten Cilacap) dengan Jawa Barat (Kabupaten Ciamis dan Pangandaran).

Sebagian besar wilayah desa berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat, maka tidak heran apabila desa ini dihuni dua suku yang berbeda, yaitu suku Jawa dan Sunda. Perbedaan tersebut bukan merupakan ganjalan untuk dapat hidup bermasyarakat. Pembauran kedua suku ini dapat terlihat salah satunya dengan hubungan pernikahan antarsuku tersebut.

Bahasa utama yang digunakan di wilayah ini adalah Bahasa Banyumasan, akan tetapi bahasa Sunda pun banyak digunakan oleh warga. Rata-rata penduduk wilayah Kecamatan Patimuan mampu berkomunikasi dalam dua bahasa daerah, yaitu Sunda dan Jawa (Banyumasan).

Di desa ini berdiri sepasang gapura megah yang dikelilingi taman indah di sekitarnya, yaitu gapura perbatasan antara Jawa Tengah dengan Jawa Barat (Kabupaten Cilacap dengan Kabupaten Pangandaran) yang termasuk dalam Jalan Lingkar Selatan Selatan (JLSS). Di gapura tersebut terpampang tulisan Jawa Tengah baik dalam huruf latin maupun aksara Jawa, dan menjadi salah satu spot cantik untuk berfoto.

Sumber :
* Wikipedia (dengan sedikit tambahan)
* Foto @kangmilar (instagram) & Mahfud Syuhada (Gmaps)

#JJD
#Rawaapu
#Perbatasan_Jateng_Jabar
#Kabupaten_Cilacap

 

Sumber  https://www.facebook.com/groups/1933039306821013/permalink/4594230254035225/

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin