Porter Gunung Sumbing Via Batursari, Sipetung, Garung, Bowongso, Lamu Gajah Mungkur



Porter Gunung Sumbing Via Batursari, Sipetung, Garung, Bowongso, Lamu Gajah Mungkur

 
detikTravel Community - Banyak yang belum tahu jalur pendakian Gunung Sumbing via Batursari. Kamu yang ingin tahu kisah perjalanannya, silahkan baca ya.

Jalur Batursari ini dibuka untuk umum sekitar bulan Mei 2019, tergolong masih baru waktu itu. Jalur ini berada dilereng utara Gunung Sumbing bersebrangan dengan basecamp Grasindo Gunung Sindoro via Kledung.

Gunung Sumbing yang berketinggian 3.371 mdpl ini tidak banyak memakan waktu saat kalian mendaki gunung ini.

Di sini saya akan memberikan estimasi waktu pendakian Gunung Sumbing lewat jalur Batursari menurut realita yang saya jalani saat mendaki Gunung Sumbing lewat jalur ini.

Oh iya jalur ini Cuma melewati satu punggungan aja yaa, vegetasinya pun masih sangat rapat dan track nya menurut saya enggak begitu terjal tapi memang jalanya naik terus jarang ada bonusnya.

Perjalanan dari pos 1 menuju pos 2 akan melewati kawasan hutan sukma yang dimana kawasan tersebut diskaralkan oleh warga sekitar dan warga sekitar memberi himbauan agar tidak berlama lama istirahat di sana. Ada pula pantangan yaitu dilarang mengeluh dan berbicara kotor. Nah dijalur antara pos 1 dan pos 2 ini kalian bisa menemukan sumber air, ada 3 titik air yang bisa langsung dikonsumsi. Airnya bersih dan segar.

Di pos 2 ada pertemuan antara jalur Batursari sama jalur Sipetung, pos 2 hanya mampu menampung 3-4 tenda aja, memang pos 2 ini tidak begitu luas.

Setelah dari pos 2 kalian akan menuju camp aman badai dimana camp tersebut hanya mampu menampung 3 tenda saja dan lokasinya begitu tertutup sama pepohonan dan ilalang-ilalang.

Dari camp aman badai kalian bisa lanjut perjalanan menuju pos 3, nah pos 3 ini berada diujung punggungan. Kalian bisa lihat gagahnya Gunung Sindoro dari pos 3 ini gaess. Tapi di pos ini kalau pagi hari anginnya kenceng banget jadi kalian harus bener bener pakai tenda yang framenya kuat ya kalau tidak bisa bengkok dan patah serta retak seperti frame tenda saya haha.

Nah di pos 3 adalah tempat camp terakhir yaa karena di pos 4 tidak bisa untuk bangun tenda. Pos 4 hanya jalur setapak yang terjal, tapi tidak begitu terjal, dari pos 4 jalan lagi sampe deh dipuncak.

Ini estimasi waktu yang kalian perlukan dari basecamp sampai puncak dengan beban full pack ya.
  • Basecamp pintu Rimba bisa ditempuh 1 jam.
  • Pintu rimba pos 1 bisa ditempuh 30 menit.
  • Pos 1 pos 2 bisa ditempuh 2 jam 50 menit.
  • Pos 2 camp aman badai bisa ditempuh 40 menit.
  • Camp aman badai pos 3 bisa ditempuh 1 jam.
  • Pos 3 pos 4 bisa ditempuh 1 jam 20 menit.
  • Pos 4 puncak bisa ditempuh 1 jam 30 menit
Total waktu dari basecamp sampai ke puncak butuh waktu 9 jam. 
Buat kalian yang mau naik Gunung Sumbing wajib lewat jalur Batursari ini pemandanganya tidak kalah cantik dari jalur lain. Oh iya saya sampai lupa, nama basecamp jalur Batursari ini basecamp Azora yaa singkatan dari Alam Zona Batursari.Contac basecamp via Batursari.

Penulis : Ganna Sine

1 Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin