Porter Apuy Ciremai, Begini Pamali Batu Nyungcung Di Jalur Apuy, Gunung Ciremai

 Porter Apuy Ciremai, Begini Pamali Batu Nyungcung Di Jalur Apuy, Gunung Ciremai

Sobat yang pernah mendaki gunung Ciremai tentu pernah melihat batu Nyungcung?. Ya, batu Nyungcung berada di jalur Apuy, desa Argamukti, Argapura, Majalengka, Jawa Barat dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Lokasi tepatnya, antara Transit Camp (TC) Tegal Masawa dan TC Tegal Jamuju pada ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Sebongkah batu itu berdiri tegak. Ukuran kelilingnya sekira 80 centimeter dan tingginya selutut orang dewasa. Batu itu ditumbuhi lumut. Sekilingnya dipagari bambu amat sederhana sebagai penanda 'keistimewaan'.

Menurut seorang anggota Mitra Pariwisata Gunung Ciremai (MPGC) Apuy, Mang Adang, batu Nyungcung termasuk benda keramat.

"Ini salah satu benda keramat. Jadi kita mesti santun. Ucapkan salam bila melintas dekat batu Nyungcung karena batu ini merupakan petilasan leluhur yang identitasnya masih dirahasiakan," kata Mang Adang (27/5).

Selain mengucapkan salam, menurut Mang Adang batu Nyungcung tak boleh dilangkahi. "Jangan dikangkangi ya. Karena takut 'kawalat' atau durhaka kepada leluhur," sarannya.

Masih menurut Mang Adang, para pendaki pun jangan istirahat di dekat batu karena khawatir terjadi hal yang tak diinginkan.

"Lebih baik jalan saja terus meskipun pelan. Jangan lupa sambil baca istighfar supaya kita selalu dalam lindungan Gusti Alloh," tutupnya. 

#sobatCiremai, silakan percaya atau tidak terhadap ungkapan tadi. Namun yang jelas, mari dekatkan diri kepada Gusti Alloh agar kita senantiasa selamat sampai puncak gunung Ciremai dan kembali ke rumah dengan selamat pula.

So, mari menjadi pendaki bijak, cerdas, dan bertanggungjawab.

[Teks & Foto © Tim Admin- BTNGC|062021]

Sumber Gunung Ciremai berada di Apuy, Jawa Barat, Indonesia.
.

#klhk
#ksdaehebat
#ayoketamannasional
#gunungciremai
#batunyungcung
#apuy
#roadtohkan2021
#hkan2021
#pesonakuningan
#pesonamajalengka
#pesonaindonesia
#wonderfulindonesia
#indonesiamaju
.
@kementerianlhk
@konservasi_ksdae
@ayoketamannasional.official
@inungwiratno

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin