I-News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Jadwal Open Trip dan Private Trip.
Private Trip, Mountain Guide, Porter Gunung, Paket Honeymoon, Study Tour, Family Gathering, Outbond, Outing, dll +62 85 643 455 865 (( WA / SMS / Telp )

Open Trip Merbabu, K2 Pendakian Tersulit di Dunia




Open Trip Merbabu, K2 Pendakian Tersulit di Dunia
Jadwal Open Trip Hubungi +62 821 383 22 722


Gunung K2 Savage Mountain - dokumenter pendakian ke puncak gunung tertinggi ke 2

Tantangan di puncak gunung tertinggi ke 2 mengalahkan puncak Everest Musim panas 2013, jalur pendakian di gunung Everest mencapai tingkat tertinggi.

Karena cuaca yang bagus, dan banyak pendaki berhasil mencapai puncak.

Salah satunya rekor baru pendaki tertua dari Jepang yang mendaki puncak Everest ketika berusia 80 tahun. Dan tim dari Wanadri Indonesia termasuk daftar pendaki yang mencapai puncak Everest.

Berbeda dengan puncak K2

  • Ada satu lagi puncak di pegunungan yang sama di garis gunung Everest, dinamai K2 atau sebagai Savage Mountain.
  •  
  • Mendaki ke K2 tidak murah. Biaya ke K2 untuk ijin $1.200 per orang, atau 7 orang $7.200. Lebih murah dibanding Everest mencapai $10.000 -20.000.
  •  
  • Deposit dan porter, mencapai $5.000. Termasuk dukungan helikopter bila terjadi masalah, biaya yang dikenakan pemerintah, pengamanan dari tentara, porter, juru masak dan tip.
  • Membutuhkan biaya peralatan $5.00 pertim. Dan tabung oksigen $500-600 per botol.
  • Transportasi $2.500 minimum ke Islamabad dan tranfer ke Askole dimana titik dimulai perjalanan menuju Basecamp K2.

  • Biayanya sekitar $20.000 total untuk pendakian sederhana (budget).
  • Puncak gunung tertinggi nomor 2 dengan nama K2, tapi rute kesana sangat berbahaya dan cuaca yang buruk dan sering berubah-ubah.
  • Pendakian di jalur ini hanya dilakukan selama musim panas antara Juni, Juli dan Agustus. Tidak ada yang berani naik di musim dingin, walau beberapa pendaki berpengalaman (Nekat) mampu mencapai puncak K2 selama musim dingin.
  • Catatan sampai 2009, sudah 305 pendaki berhasil mencapai puncak. Tetapi korban meninggal mencapai 76 orang.

  • Tahun 1986 adalah hari pendakian paling tragis yang pernah tercatat. 13 pendaki sekarat, 6 tewas.
  • Para pendaki tidak menyangka akan dihantam badai dari tanggal 6 dan 10 Agustus.
  • Padahal 6 minggu sebelumnya, 8 pendaki lainnya sudah meninggal disana.
  • Penyebabnya dari longsoran salju, terjatuh atau reruntuhan es, paling parah bila terkena badai dengan suhu dingin. Jangan melihat bongkahan es di kulkas, ini es sebesar batu ukuran kepala yang jatuh. Semakin tinggi keatas, salju tidak berbentuk serbuk es. Tapi membeku seperti batu es alias dinding es.
  • Medan pendakian sangat berbahaya selama pendakian ke puncak K2 dan sering menjatuhkan pendaki hingga tewas.
  • Apakah batu es jatuh secara acak, di gunung ini es besar dapat jatuh kapan saja bahkan reruntuhan dapat terjadi di malam hari.
  • Tahun 2009 ada 11 wanita mencapai puncak K2, meninggal 4 orang.
  • Tragedi terbesar terjadi di tahun 2008, ketika kelompok tim pendaki dari berbagai negara.
  • Sialnya satu tim mengabaikan perlengkapan yang seharusnya mereka bawa.

Pendakian

Ini yang paling tragis dalam sejarah pendakian di K2 karena kesalahan yang dilakukan para pendaki.

Kesalahan karena ambisi untuk mencapai puncak dan keteledoran dari beberapa orang akhirnya mengacaukan semua tim sampai memakan korban lebih besar.

Di awal perjalanan menuju puncak saja, satu pendaki sudah jatuh dan hilang, Tapi yang memakan korban lebih banyak ketika kembali turun.

Puncak K2 menjadi puncak ke 2 tertinggi di dunia dan sejajar dengan punggung gunung Himalaya.

Gunung K2 juga terkenal dengan 27% kegagalan atau 1 dari 4 pendaki diperkirakan tidak pulang. Letak puncak K2 berbeda dengan puncak Everest.

Letak gunung Everest ada di perbatasan China dan Nepal

Letak gunung K2 berada di Pakistan dan India. Sejauh ini kecelakaan pendakian di gunung K2 semakin menurun. Tapi persentase kegagalan para pendaki tetap ada, dan angkanya tetap lebih tinggi dibanding pendakian di puncak Everest.

Daerah Death Zone Dibawah ini perbandingan puncak gunung Everest (kiri ) dan K2 (kanan).



Area Death Zone atau zona kematian dimulai pada ketinggian 8000 meter. Kedua gunung tersebut memiliki puncak tertinggi diatas 8000m.
 
Di rute K2 terdapat jalur bottleneck dimana posisi es yang mengantung, dan pendaki harus merayap ke atas mengunakan tali.

Mengapa disebut zona kematian atau death zone.

Batas kandungan oksigen di ketinggian 8000 m akan menurun drastis. Oksigen turun kurang dari separuh dibanding kandungan oksigen di permukaan laut. Hal ini membuat pendakian lebih berat, karena tubuh mengalami kekurangan oksigen. Ibaratnya, mendaki 100 meter di pantai, setara 50 meter di puncak K2.

Paru paru harus beberapa kali untuk mengambil udara.

Hal lain yang berbahaya, tubuh beberapa orang mungkin tidak mampu beradaptasi dalam kondisi ekstrim tersebut, dan paling berbahaya ketika lepas kendali karena masalah ketinggian sampai tidak mampu berpikir jernih akibat otak kekurangan oksigen.

Pada gambar diatas di sisi kanan, terdapat Bootleneck disusul Overhang dijalur pendakian gunung K2.

Bila pendaki mengabaikan keamanan seperti tidak membawa peralatan lengkap. Atau turun menjelang malam, dan mereka tidak memberikan tanda jalan. Artinya jalan untuk turun semakin sulit ditemukan. Pilihan hanya duduk di atas gunung menunggu terang dan menunggu sampai esok pagi.

Bila bermalam di puncak K2, akan menambah cerita lainnya.

Resiko terkena frostbite atau jari yang membeku membuat darah mati di ujung jari kaki dan tangan sampai hidung. Tetapi berbahaya bila badai tiba tiba datang di puncak gunung.

Dimana puncak gunung K2, tempatnya berbeda dibanding gunung Everest

  • Google Maps puncak K2
  • Google Maps puncak Everest
Umumnya pendaki profesional yang berani dan menghitung amat sangat matang masih mengalami kesulitan dalam mencapai puncak K2.

Suhu diatas dapat turun mencapai -45 derajat. Mendaki puncak K2 itu sudah susah, tetapi kembali lebih beresiko dibanding naik. Cuaca di gunung ini memang kacau. Menit ini sangat cerah, dalam hitungan jam ceritanya berbeda. Bila terjadi badai akan terjadi begitu kencang dengan terpaan angin sangat dingin, dan suhu udara anjlok.

Mengapa masih ada pendaki yang mencoba K2.

Alasannya jalur pendakian Everest sudah terasa acara sirkus, dan dari tahun ke tahun semakin ramai.

Di jalur K2 ceritanya berbeda. Ini tantangan murni untuk pendakian. Dan pendaki yang mencapai puncak tiap tahun masih bisa dihitung dengan jari.

Perbedaan gunung K2 dan Everest K2 Everest

  • K2 berada di Pakistan. Sulit mendapatkan visa dan logistik
  • Everest berada di dekat India dan perbatasan China
Pendakian di K2 melewat gletser yang sulit di daki. Batu campuran dapat memutar pergelangan kaki pendaki.
Di basecamp Everest, berada di jalan tanah dan sangat sangat mudah dilalui

Dalam perjalanan ke K2. Setiap perjalanan akan berhenti dengan tenda sendiri
Everest berbeda, seperti menginap di kedai teh. Jadi pendaki ngak perlu jauh pergi dari tenda

Gunung K2 memiliki bentuk seperti segitiga.

Perjalanan ke Everest, adalah tikungan dan belokan jadi tidak perlu memanjat curam

Cuaca K2 tidak dapat diprediksi. Membuat pendakian disana sangat sulit.

Everest memiliki jalur paling mematikan disebut jalur Hillary. Yang lain sudah di tata dengan baik. Dan dilengkapi stasiun cuaca.

Selanjutnya video tentang K2

  • Gunung K2 Savage Mountain - dokumenter pendakian ke puncak gunung tertinggi ke 2
  • Beberapa cerita jalur K2 dan video tentang K2
  • Puncak K2 menjadi puncak yang diberi angka paling berat, sebelumnya ada K3 dan K4.
  • Rute pendakian ke puncak K2 yang pernah di daki ada 8 jalur, tapi rute paling umum digunakan hanya 2 jalur.

Jalur pendakian ke K2 pertama melalui Abruzzi, dan jalur kedua lebih berat Magic Line.

Pendaki senior sebelum tahun 2004 umumnya tidak banyak mengunakan tabung oksigen. Tetapi sejak musim pendakian 2004 pengunaan tangki oksigen semakin meningkat, pendaki lebih memilih membawa oksigen untuk keselamatan. Dan digunakan ketika menjelang puncak gunung dan kembali ke camp.

Satu tim yang gambar bawah mendaki dari Islambad. Dari tempat terakhir yang dapat dicapai kendaraan, harus berjalan selama 6 jam untuk melihat puncak K2 (basecamp pertama). Posisi basecamp baru dicapai di ketinggian 5100 meter. Hanya tersedia jalan setapak kesana, atau mengunakan helikopter militer

Porter yang membantu mengantar barang biasanya langsung menaruh barang lalu secepatnya turun kembali setelah upahnya dibayar.

Karena porter disana tidak ingin kedinginan untuk pulang setelah mengantar barang bawaan di pendakian K2. Mereka tidak memiliki baju dingin untuk siap menghadapi cuaca buruk bila terlambat pulang. Selesai membawa barang, menerima upah, dan mereka langsung lari turun ke ketinggian lebih rendah.

Salah satu [Hans Kammerlander yang mencoba menaklukan puncak K2 untuk memecahkan rekor turun dengan ski. Tim pertama naik, disusul tim ke 2. Terdiri dari 2 orang setiap tim.

Naas satu pendaki terkena runtuhan batu di bahu, tidak beberapa lama dikabarkan meninggal. Hanya dalam hitungan jam, satu nyawa sudah hilang. 2 orang kembali mencoba mendaki, walau akhirnya gagal mencapai puncak. Cerita tragis menjadi sangat cepat, dalam hitungan jam setelah mereka mendaki.


Pendaki wanita di puncak K2 Kaltenbunner

Pendaki asal Austria, bekerja sebagai perawat, kegiatan mendaki pegunungan lokal Alpen ketika akhir pekan. Akhirnya tidak membendung keinginan sebagai wanita pertama yang mendaki 14 puncak gunung tertinggi tanpa oksigen.

Dia mendaki K2 dari daerah terpencil di China. Dan di pimpin oleh suaminya Ralf Dujmovits.

Ketika mendaki dia mengalami masalah dengan bahaya longsor di tebing gunung. 2 pendaki termasuk suaminya Raf mundur ditengah jalan. Tersisa 3 pendaki termasuk Kalten. Dia berhasil mencapai K2 dan mendapat pengakuan dari Nat geo Explorer of the Years.

Video ini diceritakan oleh seorang pendaki wanita Gerlinde yang sudah mendaki 14 puncak gunung tertinggi diatas 8.000m. Pendakian ke K2 paling berkesan karena mengalami cuaca buruk dan 2 kali gagal di tahun sebelumnya, tapi berhasil mencapai puncak pada pendakian terakhir.
  • 2007 rute garis merah gagal karena cuaca buruk
  • 2009 kembali gagal setelah dua kali mencoba naik.
  • 2010 juga gagal sampai berpikir apakah akan mencoba kembali setelah gagal 3 kali.
  • Terakhir berhasil mencapai puncak K2 pada tahun 2011 dengan mengambil rute berbeda.

Video K2 Magic Line.

  • Cerita lengkap 42 menit tentang gunung K2. Satu pendaki mundur melihat keganasan K2 menjelang basecamp 2.
  • Setelah mencapai basecamp 3 "Pupil" , seluruh jalur akan menanjak melewati tebing dan es sampai base camp 4. Jalur tersebut adalah death zone karena oksigen sangat tipis. Selanjutnya menuju puncak 8.600 meter.
  • Dari seluruh pendaki, pertama berangkat satu orang sudah mundur. Dan terakhir yang sedikit lagi mencapai puncak juga mundur kembali turun.
  • Karena sudah merasa hal kurang baik kondisinya, khususnya dengan cuaca dan kondisi anggota tim.
  • Mereka memutuskan memilih menyelamatkan diri karena firasatnya sudah buruk selama perjalanan..
  • Tersisa satu orang Jordi Corominas untuk meneruskan pendakian. Keputusan para pendaki di K2 biasanya pada titik basecamp terakhir, apakah fisik mereka siap untuk meneruskan pendakian sampai ke puncak atau mundur. Disitulah keputusan penting diambil sebelum mereka terlalu lelah atau mengalami masalah dengan kesehatan.
  • Bagi pendaki berpengalaman, tidak akan mengambil resiko untuk sebuah ambisi ke puncak K2. Lebih baik gagal mencapai puncak daripada resiko pulang tanpa nyawa.

Video lain dari Youtube K2 : Climbing the World's Toughest Mountain (Full Documentary)

Dari Tunc Findik. Pendakian dilakukan 31 Juli 2012 melalui rute Abruzzi. Tim pendaki ini membawa sejumlah besar pendaki. Dan sukses mencapai K2 dengan keberuntungan dari dukungan cuaca sangat baik selama pendakian.



The Summit

Salah satu kejadian paling tragis diabadaikan dalam film pendakian The Summit oleh pendaki yang selamat tahun 2008. Film ini menceritakan kegagalan pendakian secara bersama dari gabungan beberapa pendaki dari negara berbeda.

Kesalahannya dari satu tim yang menganggap remeh pendakian di K2 dan masalah komunikasi bahasa.

Kesalahan utama dari satu tim pendaki adalah meninggalkan perlengkapan seperti tali yang seharusnya mereka bawa lebih banyak untuk keatas dan digunakan untuk turun. Sampai diatas mereka kehabisan tali dan terdampar di puncak gunung semalaman. Pendaki yang merencakan sudah membagi peralatan yang harus dibawa oleh para pendaki. Tapi ceritanya perjalanan semuanya berakhir tragis.

Ringkasan tentang pendakian K2 yang sukses dan gagal

  • 2008, pendakian 1 Agustus. Sekelompok pendakit tertimpa es yang runtuh. 4 pendaki berhasil diselamatkan, 11 orang termasuk Gerard mcDonnel orang pertama dari Irlandia yang berhasil mencapai puncak K2 tapi tidak berhasil turun dan meninggal disana. Cerita pendakian mereka dibuat dalam film The Summit
  • 2009. Beberapa kali pendaki mencoba mencapai puncak dan seluruhnya gagal.
  • 2010. 6 Agustus, Fedrik Ericsson bermaksud bermain ski dari puncak gunung, bergabung dengan Gerlinde Kaltenbrunner menuju puncak. Erricsson jatuh 1000 meter meninggal. Rekannya Kaltenbrunner memutuskan batal melanjutkan pendakian ke puncak.
  • 2009-2010 tidak ada pendaki yang mencapai puncak K2
  • 2011. 23 Agustus. Sebuah tim kecil terdiri dari 4 pendaki mencapai puncak K2 dari sisi utara dan sukses mencapai puncak tanpa oksigen tambahan.
  • 2012. Tim Rusia mencoba pendakian pada musim dingin. Satu pendaki Vitaly Gorelik mengalami radang dingin dan pneumonia, pendakian dibatalkan. Musim panas, 28 pendaki lain mencapai puncak dalam satu hari, total 30 orang berhasil mencapai puncak di musim tersebut.
  • 2013. 28 Juli, 2 pendaki dari Selandia Baru, Marty Schmit dan putranya Denali meninggal terkena longsoran es yang menghancurkan tenda mereka. Yang menemukan tim dari Inggris Adrian Hayes dan di posting di Facebook mereka.
  • 2014. 26 Juli pertama tim Pakistan mendaki K2. 6 pendaki dari Pakistan dan 3 dari Italia. 27 Juli dipimpin Garrett Madison dengan 3 pendaki Amerika dan 6 Sherpa mencapai puncak K2.
Data dari Wiki
  • Tgl Negara Penyebab meninggal
  • 2014, 30 July Spain Sakit Ketinggian
  • 2013, 26/27 July New Zealand / USA Guguran es
  • 2013, 26/27 July New Zealand / USA Guguran es
  • 2012, 6 February Russia Frostbite, masalah jantung
  • 2010, 6 August Sweden Jatuh
  • 2010, 17 July Bulgaria Penyakit ketinggian
  • 2009, 23 June Italy Jatuh
  • 2008, 2 August South Korea Jatuh
  • 2008, 2 August South Korea Jatuh
  • 2008, 2 August South Korea Jatuh
  • 2008, 2 August Pakistan Jatuh
  • 2008, 2 August France Jatuh ketika turun
  • 2008, 2 August Ireland Jatuh
  • 2008, 1 August Nepal Jatuh
  • 2008, 1 August Nepal Jatuh
  • 2008, 1 August Norway Jatuh
  • 2008, 1 August Pakistan Jatuh
  • 2008, 1 August Serbia Jatuh
  • 2007, 20 July Italy Hilang
  • 2007, 20 July Nepal Jatuh di bottle neck
  • 2006, 13 August Russia Guguran es
  • 2006, 13 August Russia Guguran es
  • 2006, 13 August Russia Guguran es
  • 2006, 13 August Russia Guguran es
  • 2004, 19 August Spain Gangguan paru paru
  • 2004, 2 August Iran Hilang di badai
  • 2004, 2 August Russia Hilang di badai
  • 2004, 29 July Kyrgyzstan Hilang di badai
  • 2004, 8 June South Korea Guguran es
  • 2004, 8 June South Korea Guguran es
  • 2004, 8 June South Korea Guguran es
  • 2003, 21 July Germany Jatuh
  • 2002, 22 July Pakistan Jatuh
  • 2002, 13 July Pakistan Guguran es
  • 2001, 22 July South Korea Jatuh
  • Angka keberhasilan mencapai puncak K2. 100 pendaki, 29 orang tidak pulang. Perbandingan di Everest mencapai 5600 pendaki mencapai puncak, di K2 hanya 376 orang (Juli 2020).
  • Andrzej Bargiel satu orang yang pernah turun dengan ski di K2.
  • Andrzej Bargiel berasal dari Polandia, dia mendaki K2 untuk main ski. Juli 2018 dia dan tim pendaki kecil berangkat ke K2 dengan sponsor Red Bull.
  • Kegiatan tim tersebut dibuat menjadi dokumentasi dalam film The Impossible Descent.
  • Pendakian dimulai 19 Juli 2018 dari basecamp. Dan tengah hari dia sudah meninggalkan tim kecilnya.


22 Juli 2020 berhasil turun dengan ski dari puncak di ketinggian 8611 meter ke camp4 8000 meter.

Tim Alberta 2016 mundur setelah nyaris dihantam guguran es. Film pendakian gunung Breathtaking K2 dari Carla Perez dan Adrian Ballinger. Mengapa puncak K2 bisa menelan korban. Puncak K2 bukan puncak pendakian biasa, hanya pendaki gunung profesional kata Pemba Gyalje seorang sherpa pahlawan.

Gunung Everest stasiun cuaca tertinggi di dunia dan jaringan 5G
 
Gunung Everest memiliki stasiun cuaca, menjadi stasiun cuaca tertinggi didunia. Berada di ketinggian 8000 meter, peneliti memasang peralatan disana seperti di dunia lain. Bagaimana membawa peralatan di ketinggian 8000 meter. Jaringan 5G tertinggi di pasang di wilayah Tibet.

Gunung Everest pendaki meninggal 2019
 
April dan Mei adalah musim pendakian di Everest, dengan kondisi cuaca musim panas dan kondisi cuaca lebih baik dari bulan lain. 22 Mei 2019 adalah rekor pendaki mencapai puncak Everest terbanyak dalam sehari. Membuat jalur mencapai puncak macet. Setidaknya 7 orang pendaki harus tinggal tetap disana, dan salah satu penyebab terlalu lama menunggu antrian.

Kesehatan jantung di ketinggian tertentu akhirnya terjawab
 
Mengapa sebagian besar manusia mengalami masalah di ketinggian, seperti berada di ketinggian 3000 meter lebih. Jumlah darah di dalam tubuh ikut berkurang sementara tekanan darah di paru-paru meningkat. Penelitian ini sangat penting ini untuk memperdalam pemahaman kita tentang bagaimana tubuh manusia mampu menyesuaikan diri

Gunung Everest pendaki 2 wanita dari Indonesia dan pendaki wanita termuda 13 tahun dari India
 
Pendaki gunung Everest termuda baru mencapai puncak Everest. Namanya Malavath Poorna dari sekolah di India dan baru berusia 13 tahun. 17 Mei 2018 2 pendaki wanita Indonesia mencapai 7 Summit termasuk puncak terakhir Everest

Gunung Everest cuplikan prestasi dan tragedi
 
Video dari Dicovery Channel dikumpulkan dari koleksi dan sejarah para pendaki di Everest ini untuk menghormati para Sherpa yang meninggal. Rekor baru pendaki paling banyak mencapai puncak Everest mencapai 22 kali pada bulan Mei 2018
Satu tim dokter berangkat ke puncak gunung tertinggi di Everest.16 dokter untuk meneliti penyelamatan. 2017, kembali diteliti mengapa orang yang mendaki di tempat ketinggian akan memiliki masalah kesehatan sedangkan yang lain tidak. Apakah benar semakin tinggi manusia tidak lagi berpikir dengan logika.

Gunung Everest apa yang tercatat bulan Mei 2013. Wanadri dari Indonesia Kamis ini mencapai puncak Everest Update
 
Yuichiro Miura 80 tahun dan putranya mendaki gunung Everest. Ayahnya pernah memecahkan rekor sebagai orang paling tua yang mencapai puncak. Setelah rekornya dikalahkan oleh pendaki Nepal dan berhasil. Posisi manusia kedua tertua mencapai Everest oleh Sherchan Nepal, gagal 6 Mei 2017 karena menderita sakit jantung.

Gunung Hkakabo Razi tertinggi di Asia Tenggara dan kembaran puncak Gamlang Razi
 
Gunung tertinggi di Asia Tenggara baru tercatat di tahun 2014 oleh tim Nat Geo dan Northface. Gunung Hkakabo Razi memiliki ketinggian 5881 meter, lebih tinggi 1000 meter dibanding puncak gunung tertinggi di Indonesia Puncak Jaya. Untuk mendaki kesana disebut Anti Everest. Artinya tidak ada porter yang mendukung pendakian. Bahkan mencapai ke basecamp harus berjalan kaki di tengah hutan

Gunung K2 dari film Siren Himalaya ke puncak nomor 2 paling ekstrem di dunia
 
Film pendakian gunung K2 Siren Himalaya ini menceritakan pendakian paling menantang. Bukan pendakian ke puncak tertinggi di gunung Everest, tapi di puncak gunung tertinggi ke 2 yaitu K2. Pendakian Everest 20 orang 1 tidak pulang, tapi di pendakian K2 rasio 4 pendaki 1 tidak pulang

Gunung Calbuco erupsi April 2015 tertangkap video oleh pendaki
 
Seorang pendaki sedang jalan jalan ke kaki gunung Calbuco. Bertepatan waktunya ketika meletus besar minggu ini. Dia sedang membuat video air terjun dibawah kaki gunung. Sedang mengagumi keindahan alam dan merekam video, setelah 20 detik terdiam tanpa suara

Gunung Ama Dablam pendakian solo Jost Kobush ke puncak 6170 meter
 
Jost Kobush usianya baru 22 tahun. Agak nekat karena mendaki seorang diri ke puncak gunung Ama Dablam. Cerita perjalanannya diliput sendiri, sejak berangkat sampai mendaki ke puncak. 2 rekor sekaligus diraih untuk gunung ini.

Gunung Everest tragedi 18 April 2014 update rute 3D
 
Dari kru NBC News sedang berada di base camp untuk persiapan film Discovery Live Everest Jump Live. Tetapi bulan itu menjadi tragedi yang menewaskan 12 Sherpa. Update lengkap dengan peta dan gambar animasi

Gunung Annapura di daki hanya 28 jam
Gunung tertinggi di dunia adalah Everest, puncak tertinggi kedua adalah puncak K2. Rata rata jalur puncak tertinggi harus ditempuh selama 2-3 hari. Gunung Annapurna memiliki ketinggian 8091m hanya di daki 28 jam.

Gunung Fuji mendaki sampai 1500x oleh Yoshinobu Jitsukawa
 
Tapi satu orang ini naik 200x dalam setahun. Namanya Yoshinobu Jitsukawa, seorang pensiunan berumur 69 tahun dari Numazu. Dia bahkan mendaki 2x dalam sehari, rekor yang tercatat sudah melewati 1500x mendaki gunung Fuji

Fotographer Oliver Grunewald datang ke kawah Ijen untuk foto
 
Indonesia memang topnya untuk gunung berapi. Sampai seorang fotographer datang ke kawah Ijen pada tahun 2008, untuk mengabadikan kandungan sulfur. Katanya mirip seperti planet alien disana.


Kota Minnesota suhunya mencapai -24 derajat Celcius update foto dari sateit
 
Bagian utara kota Minnesota sekarang suhunya merosot, update foto Satelit. Minus 24 derajat C. Setara rata-rata dinginnya dari kutub utara, bahkan lebih dingin dari suhu di Mars yang jauhnya 120 juta km dari matahari.

Benua Antartika bila tidak tertutup es disana tempat teraman
 
Siapa yang tahu seberapa besar benua Antartika. Sulit digambarkan karena selalu tetutup es. Teatpi ilmuan dari Nasa sudah bekerja keras dan memperkirakan daratan disana seperti tanah alien. Mei 2020 disana aman dan kunjungan turis dilarang mampir


Namanya Rob, seorang fotographer, disain dan penulis. Tinggal di Inggris, tapi mulai melakukan petualangan tahun 2011 dengan melakukan ekpedisi dan perjalanan. Untuk mengabadikan pemandangan dan kehidupan masyakarat lain. Dia berjalan sampai ke Himalaya, Hongkong

TimeLapse di kaki gunung Everest Nepal 
Video dibuat oleh Amit Haware dan di upload ke Vimeo. Dari data yang diberikan, video dibawah ini diambil dibawah kaki gunung Mount Everest. Dia mengambil gambar dari Lukla ke base camp pada bulan Mei 2013.

Pendaki tebing es tertimpa es jatuh, direkam sampai merosot kembali ke bawah 
Pendaki gunung sedang mendaki tebing es, mendadak dari atas jatuh sebongkah es dan akan menghantam dirinya. Mark Roberts sedang mengaktifkan camera dan es sempat terlihat jatuh. Sayangnya kosentrasinya hilang,

Sumber
  • http://www.obengplus.com/articles/1969/2/Gunung-K2-Savage-Mountain---dokumenter-pendakian-ke-puncak-gunung-tertinggi-ke-2.html

Posting Komentar

0 Komentar

Pui Pui
Pui Pui