Paket Trekking Pendakian Gunung Kerinci 2H1M VIP Eksekutif

Porter Kerinci, Paket Wisata Pendakian Kerinci, Murah Berkualitas
Paket Trekking Pendakian Gunung Kerinci 2H1M - 3H2M - 4H3M - 5H4M
Porter Kersik Tuo, Kayu Aro, Open Trip Pendakian Gunung Kerinci Murah.
More Info +62 85 643 455 685

Kekayaan Flora dan Fauna di Taman Nasional Kerinci Seblat



Kekayaan flora dan fauna di taman nasional kerinci seblat, salah satunya adalah harimau sumatera (foto: kabar24.bisnis.com)
HarianBernas.com - Wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan Taman Nasional yang berada di 4 Provinsi yaitu Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, dan Sumatera Selatan. Masuk ke dalam 9 kabupaten, 43 kecamatan dan 134 desa sehingga di taman nasional ini adalah rangkaian pegunungan Bukit Barisan Selatan di  Pulau Sumatera bagian tengah.

Karena luasnya inilah maka Taman Nasional ini memiliki banyak ekosistem. Dari ekosistem inilah, terdapat kekayaan flora dan fauna di dalamnya. Di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat secara umum tumbuh lebih kurang 4.000 jenis flora dari 63 famili.

Jenis flora tersebut banyak terdapat di kawasan hutan yang  di telah di dominasi oleh oleh famili Dipterocarpaceae, Leguminosae, Lauracea,  Myrtaceae, Bommacaceae, Moracea, Anacardiaceae, Myristicaceae, Euphorbiaceae  serta Meliaceae.

Sedangkan di ketinggian 500 m hingga 2000 m dpl, jenis flora  yang tumbuh di hutan ini telah banyak didominasi oleh famili dari Fagaceae, Erycaceae serta semak-semak sub alpin dari jenis Vaccinium dan Rhododendron

Taman  Nasional Kerinci Seblat juga terdapat banyak jenis vegetasi yang menjadi ciri khasnya,  seperti Histiopteris insica atau tumbuhan berpembuluh  tertinggi  yang dapat ditemui di dinding kawah Gunung Kerinci, berbagai jenis tumbuhan seperti Nepenthes  sp, Pinus mercusii strain Kerinci, Kayu Pacat atau Harpullia arborea,  Bunga Raflesia atau Rafflesia arnoldi, Agathis sp.

Di tahun 1993, Biological  Science Club (BScC) telah melakukan penelitian di daerah buffer zone dan menemukan 115 jenis vegetasi ethnobotanical. Jenis vegetasi ini dapat digunakan untuk keperluan obat-obatan, kosmetik, makanan, anti nyamuk, dan berbagai keperluan rumah tangga.

Untuk jenis fauna yang ada dalam Taman Nasional Kerinci Seblat tercatat 42 jenis mamalia, 10 jenis reptil, 6 jenis ampibi, 306 jenis burung dari 49 famili serta  8 jenis burung endemik.

Beberapa jenis mamalia bisa dijumpai seperti Badak Sumatera atau Dicerorhinus sumatrensis, Gajah Sumatera atau Elephas  maximus sumatrensis, Macan Dahan atau Neopholis nebulosa, Harimau  Loreng Sumatera atau Panthera tigris sumatrensis, Kucing Emas atau Felis  termminncki, Tapir atau Tapirus indica, Kambing Hutan atau Capricornis  sumatrensis.

Sedangkan untuk jenis amphibia yang ada di Taman Nasional Kerinci Seblat antara lain: Katak Bertanduk (Mesophyrs  nasuta), jenis primate yaitu Siamang (Sympalagus syndactylus), Ungko (Hylobates  agilis), Wau-wau Hitam (Hylobates lar), Simpai (Presbytis  melalobates), Beruk (Macaca nemestrina) serta Kera Ekor Panjang (Macaca  fascicularis)

jenis burung endemik yang ada di Taman Nasional ini seperti Burung Tiung Sumatera (Cochoa  becari), Burung Puyuh Gonggong (Arborophila rubirostris), Burung Celepuk  (Otus stresemanni) serta Burung Abang Pipi (Laphora inornata).

Banyaknya jenis-jenis flora dan fauna yang ada di Taman Nasional Gunung Kerinci Seblat ini semakin membuat kita sebagai masyarakat Indonesia mensyukuri nikmat yang telah Tuhan berikan. Sehingga kita sebagai generas muda Indonesia harus mau menjaga keindahan dan kelestarian alam Indonesia.

Source :
https://www.bernas.id

Us Contact Admin Operator dan Provider Pendakian - XploreWisata - XploreGunung
WisataGunung - Journey Indonesia - Altitude Indonesia 
Dengan menghubungi admin operator dan provider XploreWisata anda akan mendapatkan penawaran terbaik dari kami 
  ===============
+ 62 85 643 455 685 [ WA Rekomended ]
 ===============
Us Contact Admin Operators and Climbing Providers - Xplore Tours - Xplore MountainsWisataGunung - Journey Indonesia - Altitude Indonesia
By contacting the operator admin and Xplore provider, you will get the best offer from us
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu #derawan #belitung #pahawang #cartensz piramid, #trekkingcartensz #cartenz murah #sevensummit

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin