Porter Gunung Kembang, Pendakian Gunung Kembang via Blembem Wonosobo

Porter Gunung Kembang, Info Jalur Pendakian Gunung Kembang via Blembem Wonosobo

 
 
 
Ada yang tau tentang gunung kembang? Sebuah gunung kecil yang terletak tepat di sebelah gunung sindoro ini sering dijuluki dengan nama “anak gunung sindoro” karena memang lokasinya yang menempel dengan gunung sindoro.

Dulu gunung kembang tidaklah populer di kalangan para pendaki, tapi kini gunung kembang menjadi salah satu gunung yang cukup diminati oleh pendaki karena pemandangannya yang tak kalah indah dengan gunung di sekitarnya.

Ada beberapa jalur pendakian gunung kembang yang bisa kita coba, salah satunya dan yang paling populer adalah jalur via Blembem Wonosobo.

Basecamp Blembem berada di Desa Blembem, Kaliurip, Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah. Sangat mudah untuk ditemukan karena berada di dekat jalan raya.

Gunung kembang memiliki ketinggian 2340Mdpl. Tidak cukup tinggi memang, tapi jalur pendakian di gunung satu ini tak boleh kita remehkan karena tidak berbeda jauh dengan gunung andong yang memiliki trek menanjak terus menerus.

Estimasi Pendakian Gunung Kembang via Blembem Wonosobo

Pendakian kita mulai dari Basecamp Blembem menuju kebun teh. Dari sini jalur masih terbilang ringan, ditambah dengan pemandangan kebun teh yang sangat indah dan menyejukkan, sangat cocok untuk hunting foto nanti saat turun.

kebun teh gunung kembang
kebun teh gunung kembang. foto ig : @apriyanto_ari


Setelah melewati kebun teh, kita akan sampai di pos Istana Katak, dari Istana Katak ini lebih baik Kamu melanjutkan perjalanan menuju Kandang Celeng saja. Dari Kandang Celeng ini jalur sudah sedikit menanjak, istirahatlah sebentar.

Dari Kandang Celeng untuk menuju ke Pos 1 kita harus melewati hutan terlebih dahulu, disini jalur sudah agak menanjak dengan pepohonan yang cukup rimbun dan tidak ada pemandangan yang bisa kita saksikan.

Sesampainya di Pos 1, kamu bisa istirahat sebentar sebelum melanjutkan pendakian menuju Pos 2. Pos 2 gunung kembang via blembem ini dinamakan simpang 3 karena disini terdapat persimpangan. Karena itu Kamu tidak disarankan untuk mendaki di malam hari ketika sepi agar tidak tersesat.

hutan gunung kembang
hutan gunung kembang. foto ig : @djokopranyoto790

Dari Pos 2 menuju Pos 3 Akar hanya butuh waktu kurang lebih 15-20 menit saja, jadi lebih baik dari Pos 2 Kamu langsung menuju Pos 3 saja tanpa perlu istirahat untuk menghemat waktu.

Pos 3 dinamakan dengan Pos Akar karena di lokasi ini terdapat banyak akar-akar pohon, baik yang di tanah maupun yang bergelantungan. Istirahatlah sebentar di Pos 3 untuk mengisi tenaga karena perjalanan menuju Tanjakan Mesra cukup jauh.

Pos 3 ini juga menjadi akhir dari vegetasi hutan di gunung kembang, setelah ini kita akan melewati sabana dan sampai di Tanjakan Mesra.

Dari Tanjakan Mesra menuju puncak jalur semakin menanjak dengan hamparan rumput tanpa ada pepohonan yang akan menaungimu dari teriknya sinar matahari terlepas dari itu kita juga disajikan pemandangan alam yang indah. Sama halnya ketika kita bertemu dengan mantan, kita ingat kenangan indah bersamanya, tapi kita sadar kalo dia sudah tidak bersama kita.

Nah, mulai dari Sabana hingga puncak kita sudah bisa melihat pemandangan sekitar, seperti gunung sindoro yang tepat berada di samping, gunung sumbing, gunung prau bahkan gunung merbabu yang terlihat samar-samar.

Puncak gunung kembang tidak terlalu luas dan tidak terlalu sempit, setidaknya bisa menampung 20 tenda. Karena itu jika Kamu ingin mendaki di gunung kembang, disarankan untuk naik lebih awal agar tidak kehabisan tempat camp atau mendaki saat hari biasa saja.

Di puncak gunung kembang juga terdapat kawah mati seperti di gunung sumbing. FYI gunung kembang juga biasa dijadikan tempat untuk semedi masyarakat sekitar, jadi jangan heran jika nanti Kamu menemukan sesajen di puncaknya.

sunrise gunung kembang
sunrise gunung kembang. foto ig : semutabang


RINCIAN PENDAKIAN GUNUNG KEMBANG VIA BLEMBEM

  • Basecamp - Istana Katak (15 menit)
  • Istana Katak - Kandang Celeng (45 menit)
  • Kandang Celeng - Pos 1 (35 menit)
  • Pos 1 - Pos 2 Simpang Tiga (20 menit)
  • Pos 2 - Pos 3 (20 menit)
  • Pos 3 Akar - Sabana Kecil (40 menit)
  • Sabana - Tanjakan Mesra (15 menit)
  • Tanjakan Mesra - Puncak (25 menit)
TOTAL : kurang lebih 3 jam tergantung kecepatanmu berjalan.

Untuk bisa mendaki di gunung kembang via blembem ini kita dikenakan biaya retribusi meliputi :
  • Rp. 10.000 (tiket masuk)
  • Rp. 5.000 (parkir motor)
  • Rp. 10.000 (parkir mobil)
  • Rp. 5.000 (biaya perawatan basecamp)

FYI:
Di Gunung Kembang tidak diperbolehkan membawa tisu basah dan botol air mineral.
Sebagai gantinya nanti pihak basecamp akan meminjamkan jerigen untuk wadah air kita dengan uang jaminan Rp. 10.000.

Jerigen boleh dibawa pulang, tapi uang tidak kembali.
Sedangkan jika jerigen kita kembalikan, maka uang kita kena potongan Rp. 2.000 sebagai biaya sewa.

TARIF GUIDE DAN PORTER GUNUNG KEMBANG

On What App

Tips Mendaki Gunung Kembang via Blembem

  • Untuk saat ini tidak disarankan mendaki ketika malam, karena kondisi gunung kembang masih seperti hutan belantara.
  • Sangat disarankan untuk mendaki di siang hari saja.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu jaga alam kita tercinta.
Jadi, kapan Kamu akan mendaki ke gunung kembang ?

sumber foto header :
https://www.instagram.com/ajikdoang/
 
Source :

Us Contact Admin Operator dan Provider Pendakian - XploreWisata - XploreGunung
WisataGunung - Journey Indonesia - Altitude Indonesia 
Dengan menghubungi admin operator dan provider XploreWisata anda akan mendapatkan penawaran terbaik dari kami 
  ===============
+ 62 85 643 455 685 [ WA Rekomended ]
 ===============
Us Contact Admin Operators and Climbing Providers - Xplore Tours - Xplore MountainsWisataGunung - Journey Indonesia - Altitude Indonesia
By contacting the operator admin and Xplore provider, you will get the best offer from us
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu #derawan #belitung #pahawang #cartensz piramid, #trekkingcartensz #cartenz murah #sevensummit

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin