Paket Pendakian Gunung Arjuno Welirang, Asal Usul dan Wisata Puncak Gunung Welirang 3.156 mdpl

Porter Welirang, Open Trip Arjuna Welirang, Paket Wisata Pendakian Gunung Welirang, Mountain Guide Welirang, Trail Run Arjuno Welirang

Paket Pendakian Gunung Arjuno Welirang, Asal Usul dan Wisata Puncak Gunung Welirang 3.156 mdpl

objek wisata di indonesia
gunung welirang

Tempat wisata gunung welirang – gunung welirang adalah salah satu gunung yang terdapat di provinsi jawa timur lebih tepatnya di di kabupaten malang ,gunung welirang ini juga berdekatan dengan gunung arjuno ,jadi bagi anda yang mendaki ke gunung welirang anda bisa melihat juga pemandangan dan keindahan gunung arjuno ,gunung welirang yang artinya dalam bahasa indonesianya belerang mempunyai keunikan dan keindahan yang sangat luar biasa ,dan salah satunya merupakan tempat objek wisata pendakian yang terdapat di jawa timur ,dan gunung ini juga memiliki kandungan belerang yang melimpah dan dimana sampai saat ini belerangnya masih terus di gali di tambang oleh masyarakat sekitar ,gunung welirang ini memiliki ketinggian sekitar 3156 mdpl ,dengan berbagai keindahan alamnya yang sangat melimpah dan juga terdapat bukit bukit dan hutan yang masih lebat dengan tumbuh tumbuhan endemik di sekitar puncaknya ,dan ini adalah tempat wisata pendakian yang paling ramai di kunjungi para wisatawan di berbagai kota .
objek wisata di indonesia
Gunung welirang ini masih aktif dengan menyemburkan asa belerangnya dan merupakan bagian dari kompleks gunung anjasmoro ,gunung ringgit ,gunung kembar 1, gunung kembar 2 ,dan gunung arjuna yang masih satu barisan ,gunung ini sangat baik untuk para wisatawan yang ingin mendaki apalagi baru pemula ini sangat cocok juga bagi yang belum pernah mendaki gunung . baca juga wiasata gunung penanggungan

Legenda dan sejarah gunung welirang
Wisata GunungWelirang merupakan salah satu gunung suci dari sembilan gunung suci di Jawa. Perihal kesuciannya tersebut diabadikan dalam Kitab Tantu Panggelaran. Kitab ini berasal dari tahun 1557 Saka (1635 M). Dalam kitab ini diceritakan tentang proses pemindahan Gunung Mahameru oleh para Dewa dari tanah Jambudwipa ke pulau Jawa, dan terbentuknya gunung-gunung di Jawa. Beginilah kisahnya:
Col andap kulwan, maluhur wetan ikang nuşa jawa; yata pinupak sang hyang mahāmeru, pinalih mangetan. Tunggak nira hana kari kulwan; matangnyan hana argga kelāça ngarannya mangke, tunggak sang hyang mahāmeru ngūni kacaritanya. Pucak nira pinalih mangetan, pinutĕr kinĕmbulan dening dewata kabeh; runtuh teka sang hyang mahāmeru. Kunong tambe ning lĕmah runtuh matmahan gunung katong; kaping rwaning lmah runtuh matmahan gunung wilis; kaping tiganing lmah runtuh matmahan gunung kampud; kaping pat ing lmah runtuh matmahan gunung kawi; kaping limaning lmah runtuh matmahan gunung arjuna; kaping nĕm ing lmah runtuh matmahan gunung kumukus (Pigeaud, 1924).
objek wisata di indonesia
Terjemahan dalam bahasa Indonesia:
Dilepaskan turun di sebelah barat, menuju ke timur pulau Jawa. kemudian dilepaslah Sang Hyang Mahameru, dipindah ke timur. Dasarnya tertinggal di barat. Oleh sebab itu terciptalah gunung yang bernama Kailaca nanti. Mengenai Sang Hyang Mahameru beginilah ceritanya. Puncaknya dipindah ke timur, dikitari oleh semua para dewa; runtuh dari Sang Hyang Mahameru. Setelah jatuh ke tanah terciptalah Gunung Katong yang kedua tanah jatuh menciptakan Gunung Wilis; yang ketiga tanah runtuh tercipta Gunung Kampud ; yang ke empat pada tanah yang runtuh tercipta Gunung Kawi; yang kelima tanah runtuh menciptakan Gunung Arjuno; yang keenam tanah runtuh menciptakan Gunung Kamukus .
Dari kutipan di atas, diketahui bahwa sekitar abad 16-17 nama “Welirang” belum digunakan dan masih menggunakan nama “Gunung Kamukus”. Legenda Gunung Welirang merupakan runtuhan keenam setelah Gunung Arjuna dari rentetan guguran Sang Hyang Mahameru yang dipindah dari india ke tanah Jawa. Jadi, sebagai salah satu bagian dari Sang Hyang Mahameru maka Gunung Welirang adalah gunung suci bagi umat Hindu. Kesucian tersebut dapat pula dilihat dari ditemukannya bangunan suci berupa reruntuhan bangunan suci di lereng-lerengnya, salah satu contohnya adalah Candi Songgoriti dan Candi Jawi.
Lokasi gunung welirang
Untuk lokasi gunung welirang sangat strategis dan mudah sekali untuk mencapai tempat atau loket pendakian ,gunung welirang ini berada di kawasan kabupaten Malang dan kabupaten mojokerto provinsi jawa timur .untuk jalur pendakiannya pun yang lebih mudah anda bisa jalur tretes atau pendakian gunung welirang via tretes karena jarak tempuhnya yang lebih dekat dan mudah ,selain itu ada berbagai jalur lainnya ,untuk menuju pos perizinan jika anda melalui jalur tretes anda dapat menggunakan tranportasi seperti Bus ,sepeda motor atau pun mobil pribadi ,untuk anda yang ingin menikmati suasana dan keindahan alam gunung welirang untuk dari kota mojokerto ke lokasi hanya membutuhkan 30 menit saja .

objek wisata di indonesia
Dan setiba di lokasi anda bisa langsung menuju keperizinan pos jalur tretes anda dapat di tempuh dengan berjalan kaki yang kira kira jaraknya hanya 30 meter di pos perizinan anda mengurus dan di wajibkan mengisi formulir dan identitas lengkap anda dan membayar uang pendaftaran sebesar 4500 per orang .
 
Selanjutnya anda bisa mendaki dengan teman teman anda ,untuk pengalaman pribadi saya tempat ini yang sering dan banyak di kunjungi para pendaki atau wisatawan salah satunya gunung welirang ,dengan pemandangan yang membuat kita enngan kembali dan juga menikmati keindahan gunung welirang ini ,anda juga menikamati air terjun kake bodo dan air terjun elang yang menyimpan sejumlah cerita dan misteri di jaman kerajaan di jaman dahulu ,
Tips untuk mendaki 
Untuk anda yang ingin dan berlibur untuk mengunjungi dan mendaki untuk menikmati keindahan gunung welirang jawa timur ini ,ada beberapa tips yang wajib anda lakukan sebelum memulai perjalanan atau liburan ,sehingga liburan anda tidak mengganggu atau pun ada beban sehingga liburan anda menggembirakan ,dan di bawah ini beberapa tips untuk mendaki gunung welirang sebagai berikut :
  1. Yang pertama anda menentukan waktu liburan anda sebelum melakukan perjalanan atau dadakan  
  2. Pilihlah waktu pada malam hari untuk mendaki sesuai pengalaman saya ,sekitar 21.00 sehingga anda bisa menikmati matahari terbit setiba di puncak
  3. Bawalah peralatan kemah atau pun lain lainnya yang di butuhkan nanti di puncak seperti peralatan masak
  4. Jangan lupa membawa peralatan pribadi seperti memakai jaket dan sandal gunung ,membawa makanan ringan atau pun mentahan ,jangan lupa membawa air mineral yang lebih ,dan bagi anda yang ingin mengabadikan momen indah ini anda bisa membawa kamera .
  5. Dan yang terakhir anda wajib membawa sampah anda kembali turun .
Berbagai tips untuk mendaki yang yang wajib anda ingat di atas ,sebelum anda menikmati keindahan gunung welirang ini ada yang perlu anda ketahui ,di puncak ada welirang ada belerang dengan bau yang menyengat anda pun harus berhati hati dan menjauhinya dan jangan lupa bersama kelompok dan teman teman anda jangan berpencar ,untuk anda yang ingin bermalam da bisa bermalam di pos pondokan karena lokasinya lebih aman dengan air yang melimpah .
Dan di atas ini beberapa informasi mengenai wisata mendaki dan sejarah gunung welirang ,semoga bermanfaat bagi anda yang hoby mendaki dan menikmati keindahan alam ,karena pemandngan disana tak beda jauh dengan gunung gunung lainnya dan bagi anda yang belum kesana pasti anda sangat terpukau dengan keindahan alam gunung welirang ini .dan bagi anda yang ingin mencari info objek wisata di indoneisa anda bisa mengunjungi WisataNesia yang memberikan info info terlengkap.
 
Sumber,

Call Center ExploreWisata.com,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu #derawan #belitung #pahawang #cartensz piramid, #trekkingcartensz #cartenz murah #sevensummit

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin