Jadwal Terencana Open Trip dan Private Trip


SALAM PETUALANGAN !!!

Apabila membutuhkan bantuan informasi, konsultasi, reservasi segera hubungi +62 85 643 455 685 [[ Syarif ]] melalui WhatApp. Pesan anda akan kami respon dengan respon terbaik kami !!!

Porter Rinjani, Suka Duka Porter Gunung Rinjani, Berjuang Demi Para Pendaki, Kasih Lebih, Jangan Ditawar

Suka Duka Porter Gunung Rinjani, Berjuang Demi Para Pendaki

Porter Rinjani, Suka Duka Porter Gunung Rinjani, Berjuang Demi Para Pendaki, Kasih Lebih, Jangan Ditawar

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
 
Lombok - Tanpa kehadiran porter, para pendaki Gunung Rinjani mungkin akan kelelahan dan tak bisa menikmati suasana. Keringat para porter adalah demi kenyamanan wisatawan.

Menyewa porter dan guide gunung adalah pilihan tepat untuk memudahkan perjalanan wisatawan mendaki gunung. Bagi seorang porter ataupun guide memerlukan keahlian dan pengalaman yang mumpuni pula agar bisa melayani tamu secara maksimal. Salah seorang porter dan juga guide Gunung Rinjani, Amanah mengisahkan pengalamannya.

Pria kelahiran 1985 ini, berasal dari Lombok Tengah lalu pindah ke Senaru untuk mencari peruntungan sebagai porter atau guide sejak 5 tahun lalu. Sebelumnya, ia pernah menjadi tukang parkir.
"Pertama nyoba-nyoba jadi lokal guide. Nganter ke air terjun. Terus 2,5 tahun kemudian nyobain naik ke Rinjani. Awalnya jadi porter trus jadi guide lagi," ucap pria yang akrab disapa Aman saat berbincang dengan detikTravel di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Rabu (9/11/2016).

"Di sini, kalau dia bisa Bahasa Inggris maka bisa langsung jadi porter. Kalau saya belajarnya otodidak, karena tidak ada pelatihan selama ini," imbuh dia.
Pemandangan Gunung Rinjani dari kejauhan (Masaul/detikTravel) 
Pemandangan Gunung Rinjani dari kejauhan (Masaul/detikTravel)

Berawal dari coba-coba menjadi guide ia pun diterima walau belum mahir berbahasa asing. Ia mengungkapkan pernah membawa tamu dari 2 sampai terbanyak 12 orang.

"Kalau guide itu barang bawaannya hanya 10-12 kilogram dan porter biasanya 30 kilogram. Tapi kita saling menyokong antar porter jika ada yang tidak kuat akan dibantu," jelas dia.

Dibanding porter, pendapatan guide gunung sedikit lebih banyak. Tahun 2016 ini sewa seorang guide berkisar Rp 250-200 ribu dan porter antara Rp 175-200 ribu perharinya. Perbulannya, Aman mengaku dapat meraup penghasilan sebesar Rp 4-5 juta pada bulan Juli-Agustus.

"Kalau yang sering naik bisa Rp 7-8 jutaan bahkan bisa lebih kalau diberi tips pelanggan. Guide itu lebih mahal karena dia menanggung risiko dan permintaan tamu. Kalau porter kan dia cuma masak dan bawa barang logistik saja," tutur dia.

Menjadi porter atau guide tentu memiliki suka duka. Perihal duka, Aman tak terlalu memikirkannya. Karena selain hobi naik gunung, ia juga mendapat penghasilan.
Para traveler bersiap mendaki Gunung Rinjani (Masaul/detikTravel) 
Para traveler bersiap mendaki Gunung Rinjani (Masaul/detikTravel)

"Paling pas ketemu cuaca buruk dukanya tapi tetap dinikmati. Sukanya pas ketemu tamu yang royal. Sudah seneng-seneng di atas dan pasti dapat tips yang banyak. Itu bagi tamu yang baik," ucap dia sambil tertawa.

Jumlah guide di pintu masuk Senaru, dikatakan Aman berjumlah sekitar 50 orang. Untuk porternya berjumlah lebih banyak, yaitu 200 orang.

"Harga jasa di Senaru dan Sembalun cenderung sama. Variasi harga tergantung dari agennya. Kalau agennya sudah terkenal harganya pun semakin tinggi," kata dia.

"Selain jadi porter dan guide, penduduk sekitar memiliki mata pencaharian sebagai petani atau berkebun. Kalau yang muda yang sering ke gunung dan gunungnya di tutup total mereka berpindah menjadi guide lokal dengan tujuan air terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile," tutup Aman.

Gunung Rinjani hingga saat ini masih berstatus Waspada dan dilarang untuk pendakian. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan para agen menerima tamu untuk naik ke puncaknya. Segala risiko pun diambil oleh pihak agen demi menghidupi perusahaan dan tentu mata pencaharian bagi warga lereng gunung ini. (aff/aff)

Sumber,
https://travel.detik.com

Call Center ExploreWisata.com,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu

Related Posts

Komentar

Open Trip Pendakian Gunung

Open Trip Pendakian Gunung Sumbing, Sindoro, Lawu dan Prau 16-17 Agustus 2020. Informasi selengkapnya hubungi +62 85 643 455 685

Gunung Buka Pasca Covid

Covid 19 memang berbahaya namun dengan pengalaman dan mengantisipasi akan menjadikan bahaya tersebut akan berkurang dan dapat ditiadakan. Dengan semangat Anda Aman Bersama Kami, kami akan berupaya untuk menjaga Anda.

Gunung Buka Pasca Covid (Jateng)

Gunung Lawu (21-24 Juni 2020) #Gunung Prau (03 Juli 2020) #Gunung Sindoro (18-24 Juli 2020) #Gunung Sumbing (01 Agustus 2020)

Jabar - Jatim - Sumatra - Lombok - DLL

Gunung Lainnya kunjungi https://www.xplorewisata.com/p/jalur-buka-tutup-pendakian-gunung.html

Cara Menulis Pesan // Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Xplore Wisata // Operator Porter dan Guide Indonesia


  1. Xplore Wisata adalah salah satu pilihan terbaik untuk pendakian gunung terbaik dengan guide dan porter yang berpengalaman di semua gunung Indonesia.
  2. Inovasi selalu kami lakukan sehingga Anda akan mendapatkan kesan terbaik ketika mendaki bersama kami.
  3. Kami akan memastikan bahwa perjalanan anda akan berkesan serta memuaskan dan rindu untuk bertemu dengan tim kami kembali.

Subscribe Our Newsletter