Jadwal Terencana Open Trip dan Private Trip


SALAM PETUALANGAN !!!

Apabila membutuhkan bantuan informasi, konsultasi, reservasi segera hubungi +62 85 643 455 685 [[ Syarif ]] melalui WhatApp. Pesan anda akan kami respon dengan respon terbaik kami !!!

7 Tempat Terdingin di Indonesia

Guide dan Porter Gunung Indonesia
Pemandu dan Porter Gunung Rinjani, Kerinci, Semeru, Argopuro
Call Center 085.643.455.685 / 7A722B86

7 Tempat Terdingin di Indonesia

pict : www.boredpanda.com
Indonesia, negara kita tercinta yang memiliki semuanya. Alam, tempat wisata, kuliner, suku, agama dan ras. Semua tumpah ruah disini. Namun Indonesia masuk ke dalam negara yang di lewati oleh garis katulistiwa, artinya adalah Indonesia merupakan Negara yang memiliki iklim tropis. Musimnya juga cuma 2, yaitu hujan dan kemarau. Jadi nggak heran kalau Indonesia saat musim kemarau panasnya minta ampun, ditambah sekarang isu pemanasan global sedang besar-besarnya. Sudah panas ditambah panas lagi. 

Namun dari semua itu, terdapat beberapa tempat di Indonesia yang ternyata memiliki suhu dingin ekstrem layaknya seperti di Eropa atau Amerika. Walaupun kebanyakan memang di daerah gunung, paling tidak kamu tahu tempat itu.

7. Dataran Tinggi Dieng

pict : www.pandawasakti.url.ph

Dalam sejarahnya, arti kata Dieng terdiri dari 2 kata yaitu "di" dengan arti tempat atau gunung dan "Hyang" yang berarti Dewa. Jadi arti kata Dieng adalah daerah pegunungan yang menjadi tempat bersemayamnya dewa dan dewi.

Dataran tinggi Dieng atau Dieng Plateau secara administratif berlokasi di Jawa Tengah dan masuk dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo.

Walaupun ketinggian rata-rata puncak Dieng hanya 2000 mdpl, namun suhu minimal dari daerah ini jangan disepelekan. Pada musim-musim tertentu seperti musim kemarau (Juli-Agustus) suhu minimal di puncak Dieng bisa mencapai 0°C bahkan ada yang mengatakan bisa sampai minus.

6. Puncak Mahameru

pict : www.imgkid.com

Bagi yang memang asli orang Indonesia pasti tahu kan gunung semeru? Yah, tujuan favorit pendaki di Indonesia ini memang memiliki pesona yang luar biasa, bahkan tidak hanya turis lokal saja yang ingin mendaki, namun ada turis dari mancanegara yang sering ikut serta dalam mencicipi nikmatnya mendaki gunung ini. Bahkan Gunung Semeru semakin terkenal saat keindahan gunung ini menjadi salah satu setting dari film 5 cm.

Gunung ini secara administratif berada di Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo. Jika ingin mendaki gunung ini terdapat beberapa jalur, bisa dari Malang atau dari Lumajang. Namun memang kebanyakan semua orang mengambil dari jalur Malang.

Saat mendaki kamu akan berhenti dan istirahat di surganya gunung Semeru, yaitu Ranu Kumbolo. Ranu Kumbolo yang merupakan Danau ini berada di ketinggian 2400 mdpl ini juga memiliki suhu yang terbilang ekstrem pada musim tertentu. Disebutkan kalau suhu minimal di Ranu Kumbolo mencapai -5° C sampai -20° C, biasanya pada dini hari sedangkan pada siang hari hanya 15° C sampai 20°C. Bahkan terkadang jika pada subuh, sering turun butiran-butiran es walau tidak sering turun.



Naik sampai puncaknya yaitu Mahameru yang berada di ketinggian 3676 mdpl, suhu bisa terus turun apalagi ditambah dengan kancangnya angin yang membuat udara semakin dingin. Rata-rata suhu siang hari di Puncak Mahameru mencapai 0° C sampai 4°C.

5. Gunung Rinjani 

pict : www.triphemat.com

Gunung Rinjani saat ini masuk ke dalam Gunung Tertinggi di Indonesia yang mempunyai ketinggian 3726 mdpl. Gunung yang terletak di Pulau Lombok ini juga menjadi salah satu tujuan para pendaki dari seluruh Indonesia karena keindahannya apalagi terdapat danau yang bernama Segara Anakan. Segara Anakan juga sama seperti Ranu Kumbolo yaitu sebuah Danau yang berada di ketinggian 200 mdpl. Untuk mancapai lokasi danau ini pera pendaki bisa menempuhnya melewati Desa Senaru dan Desa Sembalun Lawang.

Gunung yang pernah meletus pada tahun 1994 ini ternyata juga memiliki suhu udara yang terbilang dingin. Apalagi ketinggian gunung ini melebihi gunung Semeru. Pada siang hari di Puncak Rinjani bisa mencapai 4°C dan jika di malam hari bisa turun menjadi -5°C.

4. Gunung Kerinci

pict : www.id.wikipedia.org

Gunung berapi aktif tertinggi di Indonesia ternyata ada di Sumatra tepatnya di Provinsi Jambi dan berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat. Gunung Kerinci memiliki ketinggian sekitar 3805 mdpl dan juga menjadi salah satu tujuan favorit dari para pendaki baik lokal maupun mancanegara.

Selain itu Gunung Kerinci juga masuk dalam salah satu gunung yang berada dalam gugusan bukit barisan yang membentang dari Lampung sam[ai Aceh. Jika sudah sampai di puncak Rinjani kamu bisa melihat jelas kota Jambi, Bengkulu, Padang dan Samudera Hindia. Selain itu Gunung ini juga merupakan habitat asli dari Harimau Sumatera dan Badak Sumatera. Jadi hati-hati kalau bertemu dengan salah satu hewan ini.

Sebagai gunung api tertinggi di Indonesia pasti Gunung ini memiliki suhu yang akan menusuk dan meremas tulangmu. Di puncak gunung ini kamu bisa merasakan suhu minimal sekitar 5°C sampai 0°C.

3. Puncak Trikora

pict : www.tempo.co

Sekarang kita masuk ke dalam sebuah Provinsi paling Timur di Indonesia yaitu Papua. Papua walaupun bagian paling timur Indonesia ternyata memiliki keajaiban alam yang sangat mempesona dan bahkan diakui dunia. Di Papua terdapat Pegunungan yang menjadi 7 Summit atau salah satu 7 puncak tempat pendakian di dunia.

Sekarang mari kita bahas mengenai Puncak Trikora. Puncak Trikora atau Puncak Wilhelmina ini merupakan puncak yang memiliki tinggi 4750 mdpl. Pada tahun 1936 sampai tahun 1962 di puncak ini sering ditutupi oleh salju. Jadi karena dengan adanya salju sudah bisa dipastikan Puncak ini pasti memiliki suhu ekstrem dan tidak mungkin para pendaki hanya menggunakan jaket seadanya. Pada siang hari suhu di lokasi ini bisa mencapai dibawah titik beku (0° sampai minus tak terhingga) dan bisa mengakibatkan radang beku pada jari-jari tangan atau kaki.

2. Puncak Mandala


Setelah melewati puncak Trikora, maka kamu akan sampai di puncak tertinggi kedua yaitu puncak Mandala. Puncak Mandala dulu juga memiliki salju yang menutupi puncaknya, namun karena pemanasan global saat tahun 2003 salju itu sudah tidak ada lagi. Namun walaupun begitu suhu di ketinggian 4760 mdpl juga tetap tidak bisa dianggap remeh. Pada ketinggian itu kita tetap akan merasakan suhu di bawah titik beku yang sama seperti di Puncak Trikora.

Puncak Mandala memang didominasi oleh bebatuan yang berukuran raksasa dan berada di sebelah Timur Puncak Trikora. 

1. Puncak Jayawijaya

pict : www.wisataindonesia.net

Sampai saat ini Puncak Jayawijaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia yang memiliki ketinggian 4884 mdpl dan masuk dalam 7 Summit di Indonesia. Selain Jayamijaya masih terdapat beberapa puncak didekatnya seperti Puncak Ngga Pulu (4862 mdpl) dan Puncak Sumantri (4870 mdpl).

Dari ketiga puncak utama pendakian ini sampai sekarang masih ditemukan sedikit salju yang menutupi puncaknya. Namun para peneltiti menyebutkan pada tahun 2015 ini salju di ketiga puncak ini bisa saja mencair dan akan menghilang. Sungguh sangat disayangkan bukan? jika salju abadi yang dibanggakan Indonesia bisa hilang?

Dipuncak Jayawijaya ini juga memiliki suhu yang sangat ekstrem. Pada siang hari suhu antara 0°C sampai -5°C dan jika pada malam hari bisa saja bisa turun hingga -10°C atau bisa lebih.
 
Sumber :

Related Posts

Komentar

Open Trip Pendakian Gunung

Open Trip Pendakian Gunung Sumbing, Sindoro, Lawu dan Prau 16-17 Agustus 2020. Informasi selengkapnya hubungi +62 85 643 455 685

Gunung Buka Pasca Covid

Covid 19 memang berbahaya namun dengan pengalaman dan mengantisipasi akan menjadikan bahaya tersebut akan berkurang dan dapat ditiadakan. Dengan semangat Anda Aman Bersama Kami, kami akan berupaya untuk menjaga Anda.

Gunung Buka Pasca Covid (Jateng)

Gunung Lawu (21-24 Juni 2020) #Gunung Prau (03 Juli 2020) #Gunung Sindoro (18-24 Juli 2020) #Gunung Sumbing (01 Agustus 2020)

Jabar - Jatim - Sumatra - Lombok - DLL

Gunung Lainnya kunjungi https://www.xplorewisata.com/p/jalur-buka-tutup-pendakian-gunung.html

Cara Menulis Pesan // Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Xplore Wisata // Operator Porter dan Guide Indonesia


  1. Xplore Wisata adalah salah satu pilihan terbaik untuk pendakian gunung terbaik dengan guide dan porter yang berpengalaman di semua gunung Indonesia.
  2. Inovasi selalu kami lakukan sehingga Anda akan mendapatkan kesan terbaik ketika mendaki bersama kami.
  3. Kami akan memastikan bahwa perjalanan anda akan berkesan serta memuaskan dan rindu untuk bertemu dengan tim kami kembali.

Subscribe Our Newsletter