Menantang Nyali Di Jembatan Setan Merbabu

 

Menantang Nyali Di Jembatan Setan Merbabu

Mendengar namanya nyaliku langsung ciut. Rasa takut dan ngeri terus melekat dalam benakku, sebelum pendakian ke Gunung Merbabu dimulai. Dalam bayanganku Jembatan Setan adalah sebuah jembatan yang menyeramkan, dipenuhi setan atau hantu yang mengganggu para pendaki dan mungkin jembatan yang sering memakan korban jiwa.

Saking penasaran, aku langsung browsing di internet dengan keyword “jembatan setan”. Di layar ponsel terlihat gambar-gambar yang seketika membuatku bergidik dan ngeri. Tampak disana beberapa pendaki merayap di dinding tebing terjal, tanpa pengaman apapun. Berpijak pada track yang hanya muat satu tapak kaki saja, dengan berpegang pada batu-batu terjal di tebing. Muncul keinginan untuk mengurungkan niat dalam pendakian ini, namun jiwa petualangan yang ada dalam diriku mengatakan aku harus ikut. Rasa ragu itupun seketika lenyap berganti penasaran.

Satu minggu kemudian, tepatnya tanggal 15 Agustus 2015, aku bersama 10 teman berangkat ke Gunung Merbabu dengan pilihan jalur pendakian melalui Cunthel Salatiga. Tepat pukul 09.30 wib kami meninggalkan bascamp Cunthel, dengan target menginap di Puncak Watu Tulis (puncak menara). Baru keesokan harinya bergerak menuju Puncak Kentheng Songo. Aku wanita satu-satunya dalam pendakian ini.

Jembatan Setan adalah sebuah julukan yang diberikan oleh para pendaki Gunung Merbabu. Disebut demikian karena track-nya yang sangat ekstrim, nyali pendaki betul-betul diuji disini. Satu tantangan yang diberikan oleh alam Merbabu bagi para penjelajah alam sebelum mencapai Puncak Kentheng Songo (3412 mdpl), puncak tertinggi Gunung Merbabu.

Beberapa Track Ekstrim Merbabu
Gunung yang berada di kawasan Taman Nasional Merbabu, ini memiliki 4 jalur pendakian, yakni Jalur Selo, Wekas, Tekelan dan Cunthel. Kami memilih Jalur Cunthel, selain lebih pendek, di jalur ini pendaki juga bisa menemukan mata air. Meski yang kami pilih lebih pendek, tapi track yang kami lalui cukup menantang adrenalin. Salah satu track yang paling ekstrim adalah Jembatan Setan. Meski sebelum pendakian aku sempat mengetahuinya dari internet, namun ketika Jembatan Setan yang berbatasan dengan jurang yang sangat dalam ini terpampang dihadapanku nyaliku kembali ciut. 

Tapi mendatanginya jauh lebih membuat penasaran lho ^_^ 

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin