Gunung Sumbing 3.371 MDPL

GUNUNG SUMBING 3.371 MDPL

gunung sumbing infopendaki
GUNUNG SUMBING
Gunung Sumbing adalah gunung api yang sudah lama sekali tidak meletus atau erupsi. Gunung ini terakhir kali erupsi adalah pada tahun 1730. Gunung Sumbing terletak di Jawa Tengah yakni masuk dalam kabupaten Magelang, Temanggung, dan Wonosobo. Gunung Sumbing sudah tidak aktif lagi namun di puncaknya masih terdapat kawah.
Gunung Sumbing memiliki ketinggian 3.371 mdpl. Kondisi alam di sekitar kaki gunung Sumbing sangat subur sehingga banyak dimanfaatkan masyarakat setempat sebagai perkebunan.
Jika kita memandang gunung Sumbing dari kejauhan maka gunung tersebut akan terlihat hijau biru dan subur. Seperti halnya gunung Merapi dan gunung Merbabu yang berdekatan dan disebut gunung kembar, gunung Sumbing juga memiliki kembarannya sendiri yakni gunung Sindoro. Selain itu ada pula hal unik yakni sebuah jalan yang membelah di antara gunung Sumbing dan Sindoro dan di sekalilingnya adalah sawah-sawah. Jika ingat sewaktu mengenyam Sekolah Dasar di Indonesia pastinya sangat mengenalnya.
guning sumbing dan sindoro
KLEDUNG PASS JALAN LEGENDA GUNUNG SINDORO SUMBING
JALUR PENDAKIAN
Gunung Sumbing memiliki tiga jalur pendakian namun hanya satu yang paling populer. Jalur-jalur tersebut yakni jalur Cepit Parakan (Pungungan Timur), Jalur Bogowongso (Pungungan Barat), dan Jalur Desa Garung (Pungungan Utara). Jalur via Garung menjadi favorit pertama karena jalurnya lebih pendek dan lebih bagus pemandangannya.
Jalur pendakian:
GOOGLE MAPS GUNUNG SUMBING JALUR PENDAKIAN
Untuk mencapai kaki gunung Sumbing kita bisa lewat Wonosobo (arah barat) atau dari Temanggung (arah timur). Jika naik kendaraan pribadi akan lebih mudah kita hanya perlu mengikuti jalur menuju pos pendakian gunung Sumbung. Jika menggunakan kereta kita bisa turun di Yogyakarta, dari Jogja dilanjutkan naik bus menuju Magelang atau Temanggung dilanjutkan angkutan umum menuju Wonosobo atau bilang saja arah gunung Sumbing. Yang terpenting persiapkan segalanya dahulu sebelum keberangkatan. Kita bisa tanya kepada orang di jalan tentang trasportasi menuju ke sana jika bingung. Gunakan pula GPS atau Google Maps juga bisa.
PETA PENDAKIAN GUNUNG SUMBING VIA GARUNG
PETA JALUR PENDAKIAN GARUNG GUNUNG SUMBING
GAMBARAN SINGKAT PENDAKIAN GUNUNG SUMBING
pendakian gunung sumbing naik ojek-min
Pada awal pendakian kita bisa naik ojek. Ojek ini mengantarkan kita sampai pada Pos I. Jasa ini ada pada jalur via Garung. Nah, bagi pendaki yang membawa beban berat saat naik atau sudah habis tenaga mungkin saat turun bisa menggunakan jasa ojek (15rb/orang).
pendakian gunung sumbing trek-min
Trek atau jalan yang kita lewati di gunung Sumbing terkenal terjal dan berat. Salah satunya menanjak seperti gambar.
pendakian gunung sumbing trek batu
Jika yang sebelumnya kurang menantang, ini ada yang lebih menantang. Kebanyakan jalur menuju puncak gunung Sumbing adalah bebatuan menanjak dan sangat terjal.
pendakian gunung sumbing pos-min
Tapi jangan khawatir karena akan ada balasannya. Bingo! kita bisa mendirikan tenda sekaligus disuguhi pemandangan gunung kembarannya yakni gunung Sindoro.
foto eksklusive gunung sumbing-min
Kita bisa eksen
TREK EKSTRIM SUMBING-min
Trek jalan sebelum puncak gunung Sumbing dobel berat dan ekstrim.
puncak gunung sumbing-min
Ini dia penampakkan puncak gunung Sumbing. Yang kita temui hanya bebatuan dan banyak serangga beterbangan. Terik panas matahari dan angin kencang otomatis jadi teman kita di sana.
puncak sumbing-min
PUNCAK BUNTU
KAWAH SUMBING-min
PUNCAK KAWAH SUMBING
TIPS PENDAKIAN
  1. Pilihlah hari yang bagus untuk mendaki, usahakan jangan waktu hujan
  2. Latihan fisik seminggu sebelum hari H
  3. Persiapkan tim dan perlengkapan yang akan dibawa . Jangan lupa bawa sesuatu misal benda kesayangan atau tulisan untuk seseorang supaya bisa foto bareng saat di puncak
  4. Tim yang solid adalah 5-8 orang. Jika sedikit usahakan 3 orang (1 orang harus sudah pernah naik gunung)
  5. Jangan sepelekan keselamatan. Pakai sandal atau sepatu gunung dan jaket gunung. Bawa makanan dan air secukupnya jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Yang paling penting jangan melanggar peraturan dan jangan buang sampah di gunung
  6. Untuk pendakian Sumbing kita bisa naik pagi atau malam. Jika pagi bagusnya pukul 10-13. Jika malam 6-7
  7. Dirikan tenda di tempat yang datar dan usahakan diselimuti pohon atau semak supaya tidak terkena angin gunung langsung
  8. Jika ada anggota kelompok yang tidak bisa melanjutkan perjalanan sebaiknya ditemani. Atau jika sakit parah langsung beritahu dengan kelompok lain.
INFORMASI GUNUNG SUMBING
Nama: Gunung Sumbing
Ketinggian: 3.371 mdpl
Lokasi: Wonosobo, Temanggung, Magelang
Tipe: Gunung berapi stratovolcano
Letusan terakhir: 1730
Puncak: Puncak Buntu (3362 mdpl) dan Puncak Sejati (3371mdpl)
View gunung lain dari puncak: Gn. Sindoro, Merapi, Merbabu, Slamet, Ungaran, Lawu
Kondisi: memiliki kawah, hutan, bukit, medan terjal bebatuan, masih kental dengan tradisi dan budaya
Spot alam: perkebunan teh
Flora: edelweis, anggrek, teh dll
Fauna: Berbagai macam burung
Hutan: hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung
Sumber air: –
Jalur pendakian:
  • Jalur Garung
  • Jalur Cepit Parakan
  • Jalur Bowongso
  • Jalur Mangli
Mitos: Gunung Sumbing dan Sindoro ceritanya adalah sepasang suami-isteri yang bertengakar. Si suami (Sindoro) menampar si isteri (Sumbing) hingga bibirnya robek. Si isteri tersebut jadilah gunung Sumbing (bibir sumbing) sedangkan si suami menjadi gunung Sindoro (‘ndoro=tuan) dan mereka memiliki anak yaitu Gunung Kembang
Kismis (Kisah Misteri): Gunung Sumbing sering dijadikan ritual makhluk astral
Tarif daki: Rp 5.000/orang
TRANSPORTASI
Barat: Bus jurusan Purwokerto – Semarang
Timur: Bus jurusan Yogyakarta – Temanggung lanjut Wonosobo

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin