Daftar Wisata di Banyuwangi

Daftar Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Banyuwangi – Banyuwangi adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur dan terletak di paling ujung timur Pulau Jawa. Banyuwangi menjadi kota transit para wisatawan yang ingin pergi ke Bali menggunakan jalur darat dan menyeberang di pelabuhan Ketapang. Jadi bagi Anda yang ingin berlibur ke Bali, bisa singgah untuk menikmati beberapa objek wisata di Banyuwangi, mulai dari wisata alam hingga wisata kuliner.
Beberapa objek wisata di Banyuwangi cukup terkenal hingga ke Mancanegara, seperti Kawah Ijen, Pantai Sukamade dan Pantai Plengkung. Ketiga objek wisata tersebut memiliki karakteristik wisata yang khas. Masih banyak lagi tempat wisata di Banyuwangi yang sayang jika Anda lewatkan. Jika ingin tahu apa saja destinasi wisata di daerah ini, simak penjelasan berikut ini.

7 tempat wisata di Banyuwangi yang terkenal

  1. Kawah Ijen
kawah-ijen-banyuwangi
Kawah Ijen (Blue Fire)
Kawah Ijen adalah sebuah kawah danau terbesar di Pulau Jawa dan  memilki pemandangan alam yang sangat indah, membuat siapa pun yang menyaksikannya akan kagum. Daya tarik utama dari objek wisata di Banyuwangi ini adalah api biru (blue fire). Api dengan warna biru di kawah ini terlihat semakin cantik saat kondisi di sekitarnya gelap. Jadi jika Anda ingin melihat keindahan api biru ini datanglah pada dini hari. Untuk sampai ke lokasi ini ada 2 jalur, yaitu jalur utara dan selatan. Waktu tempuh untuk jaur utara sekitar 2,5 jam yaitu dilalui dari Situbondo menuju Sempol (Bondowoso) dan berakhir di Paltuding. Jika menggunakan jalur selatan, melalui Banyuwangi menuju Licin yang berjarak kurang lebih 35 km.
  1. Pantai Sukamade
Pantai-Sukamade-Banyuwangi
Pantai Sukamade
Salah satu tempat wisata di Banyuwangi dengan keindahan alam yang luar biasa adalah pantai Sukamade. Kawasan di Pantai ini masih terjaga kealamiannya dan memiliki air yang bersih. Di sini anda bisa melihat secara langsung konservasi penyu yang mulai punah. Jalur untuk mencapai Pantai ini cukup berat, Jadi Anda harus benar-benar menjaga fisik untuk sampai kesini.
  1. Pantai Plengkung
Pantai-Plengkung-Banyuwangi
Pantai Plengkung
Pantai Plengkung adalah objek wisata di Banyuwangi yang dikenal luas dan memiliki reputasi baik di kalangan peselancar domestik dan mancanegara. Ombak di pantai plengkung disebut sebagai ombak terbaik kedua di dunia setelah ombak di Hawaii. Di sekitar pantai ini juga tersedia banyak cottage dan jungle camp. Bagi Anda yang gemar surfing maka jangan lewatkan untuk mencoba ombak di Pantai ini.
  1. Teluk Hijau
teluk-hijau-banyuwangi
Telauk Hijau
Teluk yang memiliki hamparan pasir putih yang lembut dan dikelilingi hutan tropis ini memasuk kedalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Teluk hijau memiliki air yang jernih kehijauan dan panorama alam yang memikat. Perjalanan ke objek wisata teluk hijau cukup melelahkan namun akan terbayar dengan keindahan alamnya yang mengagumkan. Disini Anda juga bisa melakukan banyak kegiatan seperti snorkeling, memancing dan berenang.
  1. Pantai Pulau Merah
pantai-pulau-merah-banyuwangi
Pantai Pulau Merah
Nama Pantai ini disebut pulau disebabkan adanya pulau kecil tak jauh dari bibir pantai yang jika diamati mirip seperti bukit dengan tanahnya yang berwarna merah. Pantai ini pernah dijadikan sebagai tempat kompetisi selancar Internasional pada tahun 2013. Tempat wisata di Banyuwangi yang satu ini juga memiliki ombak yang ideal bagi peselancar.
  1. Pantai Watu Dodol
Pantai-Watu-Dodol-Banyuwangi
Pantai Watu Dodol
Lokasi pantai ini tidak jauh dari Pelabuhan Ketapang, disini Anda bisa menjumpai banyak batu yang berserakan di sepanjang pantai. Ciri khas pantai ini ditandai dengan adanya patung penari Gandrung dan batu raksasa. Anda bisa menikmati pemandangan alam Watu Dodol yang indah dari bukit yang berada di dekat pantai. Untuk fasilitas Anda tidak perlu khawatir karena di sekitar objek wisata ini terdapat banyak warung makan dan tersedia motel.
  1. Air Terjun Lider
air-terjun-lider-banyuwangi
Air Terjun Lider
Air terjun lider berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut dan memiliki terjunan air sekitar 60 meter. Untuk mencapai lokasi ini membutuhkan stamina yang prima karena cukup jauh sekitar 45 km dari Kota Banyuwangi. Namun dalam perjalanan menuju tempat wisata di Banyuwangi ini Anda akan menyaksikan pemandangan yang indah seperti hamparan perkebunan dan masih banyak lagi.
Nah, ketujuh tempat wisata diatas hanyalah sebagian yang ada di Banyuwangi. Masih banyak tempat wisata di Banyuwangi yang sayang jika Anda lewatkan. Berikut ini akan kami informasikan daftar objek wisata lainnya yang ada di Banyuwangi.

Daftar tempat wisata di banyuwangi  lainnya

  1. Pantai Wedi Ireng
  2. Pantai Sukamade
  3. Pantai Plengkung
  4. Pulau Merah
  5. Teluk Hijau
  6. Pantai Rajegwesi
  7. Pantai Boom
  8. Pulau Tabuhan
  9. Pantai Grajagan
  10. Pantai Watu Dodol
  11. Pantai Cacalan
  12. Pantai Pancer
  13. Pantai Muncar
  14. Pantai Trianggulasi
  15. Pulau Santen
  16. Pantai Blimbing Sari
  17. Pantai Pancur
  18. Blok Bedul/Segara Anakan
  19. Kawah Ijen
  20. Air Terjun Lider
  21. Air Terjun Kampung Anyar
  22. Air Terjun Tirto Kemanten
  23. Air Terjun Kali Selogiri
  24. Air Terjun Selendang Arum
  25. Air Terjun Kali Bendo
  26. Perkebunan Bayu Lor
  27. Perkebunan Kali Klatak
  28. Perkebunan Agrowisata Kalibendo
  29. Perkebunan Kendeng Lembu
  30. Perkebunan Kalitelepak
  31. Perkebunan Glenmore dan Kalibaru
  32. Pemandian Taman Suruh Umbul Pule
  33. Taman Nasional Meru Betiri
Ternyata cukup banyak destinasi wisata di daerah ini. Nah, demikianlah informasi tentang tempat wisata di banyuwangi yang bisa kami berikan, semoga dapat membantu Anda dalam mencari refrensi wisata di banyuwangi. semoga bermanfaat dan terima kasih.

6 Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

  1. Xplorewisata.com sukses,,informasi website yang sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  2. Sungguh destinasi yang sangat mempesona, ternyata di Banyuwangi banyak keindahan alam yang cocok untuk menghabiskan liburan bersama keluarga.

    BalasHapus
  3. De tumpit resto

    Satu-satunya resto yg berada di banyuwangi selatan dengan kapasitas 300 pax siap melayani tamu group maupun individu dengan fasilitas ruang meeting,musolla,19 toilet,parkir luas.
    dengan lokasi yg sangat dekat dengan pantai pulau merah,pantai mustika,wedi ireng,teluk ijo,merubetiri,rajegwesi dll.

    Melayani:
    -prasmanan
    -cathering
    -ulang tahun
    -meeting
    -pernikahan.

    Contact us:
    081338715050 WA & Line
    081238707503

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin