Kawah Baru Gunung Lokon Ikut Erupsi

Kawah Baru Gunung Lokon Ikut Erupsi

Tomohon, HanTer - Kawah baru Gunung Lokon di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara yang terbentuk pascaletusan September 2014 lalu ikut bererupsi bersamaan dengan kawah utama, Rabu (20/5) sore waktu setempat.


"Debu vulkanik yang warnanya agak berbeda dengan material letusan kawah utama, itu berasal dari kawah baru," kata pengamat Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu, Ferry, beberapa saat setelah letusan di lokasi.

Ferry menambahkan, beberapa kawah baru Gunung Lokon dengan diameter bervariasi muncul di rekahan yang memanjang ke arah barat dari kawah utama Tompaluan.

"Bisa saja pascaletusan diameter kawah baru semakin membesar," katanya.

Kawah baru ini, kata dia, yang menjadi daya tarik pendaki, walaupun untuk menjangkaunya harus memutar arah barat kawah utama Tompaluan.

"Ini bahayanya kalau terjadi letusan tiba-tiba dan ada pendaki yang naik. Bisa-bisa mereka terperangkap atau masuk ke kawah utama. Tapi beruntung saat letusan tadi sore tidak ada pendaki yang naik ke kawah," katanya.

Personel badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kota Tomohon, jajaran TNI-AD serta pengamat gunung api masih menongkrongi pos pengamatan yang terletak lima kilometer dari kawah Gunung Lokon.
(Oni)

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin