Jalur Selo Banyak Di Sukai?

Mengapa Jalur Selo Gunung Merbabu Banyak Di Sukai?

Sharing Yaa
Di kalangan para pendaki gunung, gunung Merbabu menjadi salah satu gunung favorit yang layak di sambangi. Gunung Merbabu yang memiliki ketinggian maksimal 3.145 Mdpl mempunyai pemandangan indah yang sangat menawan. Dari puncak gunung ini para pendaki bisa melihat gunung - gunung lain seperti Merapi, Sumbing, Sindoro, Slamet, Prau dll

www.belantaraindonesia.org

Salah satu jalur pendakian gunung Merbabu yang paling terkenal adalah Selo. Menurut beberapa pendaki yang pernah melakukan pendakian gunung Merbabu melalui beberapa jalur, view yang disajikan jalur Selo adalah yang paling indah.

Dari jalur ini para pendaki bisa melihat Gunung Merapi yang tampak begitu gagah di hadapan mata. Jalur Selo juga menawarkan pesona yang indah pada malam hari. Gemerlap lampu kota menjadi pemandangan yang super keren ketika melakukan pendakian pada malam hari melalui jalur Selo.

Sedangkan saat siang hijaunya padang ilalang dan sabana juga akan membuat para pendaki mabuk kepayang. Maka tak heran kalau ada banyak pendaki yang menyebut jalur Selo merupakan jalur paling asik untuk mencapai puncak Merbabu.

 
Rute Pendakian
Total waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke puncak dari Jalur Selo adalah sekitar 5 sampai 6 jam, tergantung irama pendakian. Jalur Selo memiliki 5 pos yaitu Pos 1 ( Dok Malang ), Pos 2 ( Pandean ), Pos 3 ( Watu Tulis ), Pos 4 ( Sabana 1 ) dan Pos 5 ( Sabana 2 ). Dari Sabana 2 menuju Puncak Merbabu membutuhkan waktu 1,5 jam. Yang menarik dari pendakian melalui jalur Selo adalah pemandangan yang akan kita dapatkan.

Setelah berhasil melewati hutan kita akan disambut padang ilalang serta sabana. Ada dua buah padang Sabana yang akan kita lewati. Para pendaki biasanya mendirikan tenda di kedua padang Sabana ini untuk melakukan Summit Attack keesokan harinya. Perlu diingat, pendakian dari Selo tidak terdapat sumber air sehingga kamu harus menyiapkan persediaan air yang cukup.

www.belantaraindonesia.org

Track yang paling sulit dari pendakian jalur Selo adalah dari pos III ( Batu Tulis ) menuju ke Sabana II. Kira - kira, kemiringan di track ini lebih dari 70º sehingga membutuhkan kekuatan ekstra. Namun, setelah melewati track ini kita akan disambut oleh padang Sabana dengan pemandangan yang sangat indah

Adapun puncak pertama yang akan didapatkan pendaki dari jalur Selo adalah puncak Kenteng Songo. Kemudian puncak Triangulasi. Untuk menuju puncak Syarif pendaki harus berjalan sekitar 20 menit dengan melewati track yang cukup ekstrim.

Camping Ground
Ada banyak tempat yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda jika melakukan pendakian via Selo. Para pendaki biasanya akan mendirikan tenda di pos III ( Batu Tulis ), Sabana I dan Sabana II. Jika ingin Summit Attack untuk mencari Sunrise sebaiknya mendirikan tenda di sabana II. Perjalanan sampai ke puncak dari Sabana II membutuhkan waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam. Area ini juga merupakan yang paling luas. Disini banyak terdapat bunga Edelweis yang menjadi primadona alam pegunungan.

www.belantaraindonesia.org

Puncak
Setelah melewati perjalanan yang panjang dan melelahkan, tiba saatnya kita sampai ke puncak. Apa yang akan kamu dapatkan di puncak serasa sangat sebanding dengan perjuangan yang kamu lakukan selama perjalanan.

Tidak berlebihan, berada di puncak gunung Merbabu akan membuat kita serasa diatas awan. Gulungan awan putih yang menggumpal - gumpal membuat kita serasa di dunia lain yang begitu indah. Pemandangan dari atas puncak gunung Merbabu sungguh indah.

Bahkan kata seindah apapun tak akan pernah sanggup untuk mendeskripsikan keindahan yang disajikan oleh puncak Merbabu. Di puncak gunung Merbabu, mulut kita tak akan banyak bicara. Hanya mata yang akan melihat lebih banyak dari biasanya  src

1 Belantara Indonesia Fans:

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin