Halaman Keempat Situs Mataram Kuno Liyangan

Ditemukan, Halaman Keempat Situs Mataram Kuno Liyangan

26 Mei 2015 21:06 WIB Category: Suara Kedu 




BANGUNAN CANDI: Tim ekskavasi Situs Liyangan di Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung kembali membuka timbunan material di bangunan candi yang disertai dengan petirtaan, Selasa (26/5).(suaramerdeka.com/ Raditia Yoni Ariya)
TEMANGGUNG, suaramerdeka.com – Ekskavasi Situs Mataram Kuno Liyangan di Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung membuahkan hasil. Yakni ditemukannya halaman atau teras keempat. Pada halaman keempat ini ditemukan struktur bangunan yang diperkirakan candi atau petirtaan. Temuan ini sangat penting karena menandakan adanya penemuan teras keempat.
Sugeng Riyanto Ketua Tim Peneliti Dari Balai Arekologi Yogyakarta mengatakan, area peribadatan Situs Liyangan selama ini dibagi tiga teras atau halaman. Yakni halaman pertama candi, halaman kedua ditemukan batur dan 12 lubang tiang. Sedangkan halaman ketiga tempat ditemukan data penting berupa artefak.
“Kita buka halaman empat yang tahun lalu ditemukan semacam candi atau peturtaan dan baru ketemu sudut dengan dua jaladwara. Sekarang kita buka lebih luas melalui ekskavasi diketahui bangunan itu berukuran 4,5 m x 5,5 m menghadap ke arah tenggara atau ke arah jalan batu,”ujarnya Selasa (26/5).

Raditia Yoni Ariya/ CN40/ SM Network

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin