Dentuman Iringi Letusan Gunung Loko

Dentuman Iringi Letusan Gunung Lokon

Antara - 20 Mei 2015 16:51 wib

Gunung berapi Lokon menghembuskan abu vulkanik ke udara di kota Tomohon, Sulawesi Utara, pada 28 November 2012. Foto: Antara/Sonny Dinar
Metrotvnews.com, Tomohon: Gunung Lokon di Kota Ambon, Sulawesi Utara, kembail meletus pada Rabu (20/5/2015) pukul 15.20 WITA tadi.

Kali ini, letusan disertai dentuman. "Dentuman terdengar hingga pos pengamatan gunung api di Kakaskasen yang berjarak sekitar lima kilometer dari kawah," kata petugas pos pengamatan, Ferry, di Tomohon, seperti dilansir Antara.

Dia mengatakan, sebelum erupsi sempat terjadi peningkatan kegempaan yang dimulai sejak pukul 01.00 WITA dinihari.

"Bila ditotalkan jumlah kegempaan mencapai puluhan kali dan puncaknya ditandai dengan letusan," katanya.

Peningkatan kegempaan, kata dia, sejatinya terjadi sejak awal Mei hingga sepuluh hari berikutnya. Kegempaan kemudian menurun dan kembali naik sejak subuh hari ini.

Letusan Gunung Lokon kali ini mengeluarkan material debu vulkanik yang tertiup angin ke arah barat laut hingga utara.  Ketinggian debu mencapai 1.500 meter.

Gunung Lokon terakhir meletus pada 13 September 2014 lalu. Pascaerupsi terbentuk beberapa kawah baru di rekahan seratusan meter arah barat kawah utama.

Tinggi debu letusan salah satu dari tiga gunung api aktif di Sulut ini mencapai 1.500 meter dan jatuh ke arah barat laut hingga utara.

UWA

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin