Press Release Pendakian Lawu


Petunjuk Teknis Pendakian Gunung Lawu
Naik dan Turun Cemoro Sewu Magetan Jawa Timur
Sabtu - Ahad, 14-15 Februari 2015

Informasi Umum
Catet Nomor Kami 085.643.455.685
Add facebook kami (www.facebook.com/syarifain)

Tertanggal hari Selasa, 27 Januari 2015 maka Petunjuk Teknis Rencana Pendakian Gunung Lawu dirilis sementara sebagai gambaran pelaksanaan kegiatan. Adapun temen temen yang ingin mendapatkan informasi maka dimohon kan untuk koment dalam postingan ini.

Mengapa ?? harapannya di tempat ini lah semua pertanyaan temen temen akan kami tampung kemudian kami usahakan untuk menjawabnya dengan sebaik mungkin.

Pertanyaan yang serupa mungkin akan muncul sehingga untuk efisiensi waktu dan media, maka saluran inilah yang akan menjadi penyatu kegiatan besok.

Informasi Umum Pendakian Gunung Lawu,
Hari : Sabtu - Ahad
Tanggal : 14-15 Februari 2015
Jam : 14.00 - selesai 
Tempat Meet Point : Bawah Jembatan Layang Janti 'Masjid Al Fitroh'
 
Basecamp Naik dan Turun via Jalur Cemoro Sewu Magetan Jawa Timur (fix)
 
Biaya : 
  • Rp. 70.000,00 fasilitas seperti yang pernah kami publikasikan
  • Rp. 500.000,00* fasilitas seperti yang pernah kami publikasikan (baca selengkapnya).
Fasilitas : Rp. 70.000,00
  • Administrasi Join XploreWisata.Com
  • Pemandu berpengalaman dari XploreWisata.Com
  • Tiket Masuk Kawasan konservasi 
Fasilitas : Rp. 500.000,00
  • Transportasi Mobil AC Yogyakarta - Basecamp Cemoro Sewu - Yogyakarta
  • Administrasi Join XploreWisata.Com
  • Pemandu berpengalaman dari XploreWisata.Com
  • Tiket Masuk Kawasan konservasi
  • Makan 2 kali
  • Tenda dan Kompor Lapangan
Nama dan Jumlah Peserta

Nama dan Jumlah Peserta akan kami revisi dan restart serta perbarui diurutkan dari jumlah konfirmasi dan pembayaran yang dilakukan.

Update Konfirmasi
Kami akan memperbaruai konfirmasi sehingga data yang fiks ikut adalah yang sudah melakukan pelunasan biaya pendaftaran melalui rekening utama kami.

Bagi yang kemarin sudah daftar mohon untuk konfirmasi kembali sesuai dengan cara konfirmasi yang sudah kami tetapkan. Boleh nitip melalui teman yang ingin mendaftarkan namun sebaiknya menggunakan nomor handphone sendiri karena nomor tersebut akan kami save dan informasi dari kami akan lebih cepat tersampaikan kepada calon peserta pendakian.

Apa manfaatnya ??
Kalian akan mudah kami kenal dan akan kami berikan pelayanan yang optimal termasuk dalam pembagian kelompok tenda, boncengan atau tebengan.

CARA KONFIRMASI
PENDAKIAN LAWU via CEMORO SEWU MAGETAN
ketik : LAWU_Nama Lengkap_Tempat Tinggal_Usia_Ada Motor/Tidak_Ada Tebengan/Belum_Penyakit Bawaan_Alamat Facebook

kemudian kirim ke 085.643.455.685


apabila ada penambahan jumlah peserta akan kami usahakan untuk selalu uptodate jika memungkinkan.

CONTOH

LAWU_Syarifain Ghafur_Tambakbayan 06 No. 01 Caturtunggal Depok Sleman Yogyakarta 55281_22 tahun_Ada Motor_Belum_Asma_www.facebook.com/syarifain

send to 085.643.455.685

Dalam konfirmasi ini kami sudah mendapatkan informasi pribadi calon peserta dan akan memberikan saran untuk Meet Point di bawah Jembatan Janti Ring Road Timur karena tempat tinggal berdekatan dengan lokasi Meet Point 01. Kami juga mendapatkan informasi kalau peserta sudah mempunyai transport dan belum mempunyai tebengan maka untuk memperlancar kegiatan akan kami carikan tebengan sebagai teman ngobrol sewaktu diperjalanan. dan yang tidak kalah penting adalah penyakit bawaan yang tidak disarankan untuk ditutup - tutupi karena pendakian memang erat kaitannya dengan kecelakaan penanganan pertama. Semua berharap baik baik saja sehingga panitia dalam kesempatan ini memohon kerjasamanya. Satu karakter tidak begitu berharga jika dibandingkan dengan satu nyawa ataupun satu kegiatan.


CARA PEMBAYARAN 
TRANSFER VIA REKENING  BANK SYARIAH MANDIRI
NO. REK 704-324-904-7
AN. Syarifain Ghafur
Kode ATM Bersama 451

atau bisa mengunjungi tempat tinggal kami. informasi lebih lanjut hubungi 085.643.455.685

Pendataan konfirmasi akan kami pergunakan untuk mengurutkan yang sudah melakukan pembayaran. Siapa cepat dia yang mendapatkan pelayanan optimal dari kami.

Pembagian Tenda Menunggu Konfirmasi Peserta

Perlu kami sampaikan bahwa pada kesempatan kali ini panitia tidak menyediakan fasilitas tenda karena beberapa hal. Diantaranya karena keterbatasan tenda yang kami punyai dan kondisinya yang sudah tidak layak pakai. Apabila temen temen mempunyai sanak saudara atau kawan yang mempunyai tenda kami saran kan untuk dipinjam atau kami berikan share cost nya.

Harga penyewaan tenda yang biasa kami jumpai di alat persewaan adventure adalah kapasitas 2-3 orang senilai Rp. 20.000,00 - Rp. 30.000,00 dan yang berkapastias 4-5 orang senilai Rp. 30 - Rp. 50.000,00 semua tergantung dimana akan menyewa.

Tentu hal ini kami nilai positif dengan perhitungan maksimal
Kapasitas 2 - 3 orang -> Rp. 30.000,00 per 24 jam -> 2 hari Rp. 60.000,00

Jadi untuk menyewa tenda kapasitas 2 - 3 orang bisa seharga Rp. 60.000,00 maksimalnya jika dibagi 3 orang maka akan dikenai biaya Rp. 20.000,00 per orang (maksimalnya)

Tentu hal ini kami nilai positif dengan perhitungan maksimal
Kapasitas 4 - 5 orang -> Rp. 50.000,00 per 24 jam -> 2 hari Rp. 100.000,00

Jadi untuk menyewa tenda kapasitas 4 - 5 orang bisa seharga Rp. 100.000,00 maksimalnya jika dibagi 5 orang maka akan dikenai biaya Rp. 20.000,00 per orang (maksimalnya)

Manfaat konfirmasi yang lain adalah untuk pembagian tenda. Setelah konfirmasi masuk ke tempat kami maka kami akan membagi tenda dan apabila berkenan sekalian kami pinjamkan maka saat itu pula dilakukan pelunasan.
Adapun alasan lain mengapa kita mengurangi fasilitas tenda bisa ditanyakan langsung kepada admin.

Pembagian tenda ini bersifat fleksibel menyesuaikan kondisi lapangan. Apabila mempunyai tenda mohon untuk dibawa.

Pembagian Transportasi
Menunggu Konfirmasi Peserta

Kami sampaikan bahwasanya sisa motor yang tidak dibawa ke Basecamp Cemoro Sewu Magetan Jawa Timur mohon dititipkan di penitipan motor pertigaan Jembatan Layang Janti.

Mengapa ??
Karena terkadang motor kita kurang fit maka diperlukan penggantian motor yang lebih rekomended untuk tanjakan sehingga dengan dibawa ke tempat meet point kita lebih leluasa memilih mana motor yang bisa diajak lari ke Basecamp tersebut. Rekomended semua motor yang mempunyai paling tidak 125 CC atau sudah dimodifikasi.

Asumsi pembagian motor diatas terlihat sudah sangat baik namun kami sarankan untuk tetap membawa sampai di bawah Janti :)
Kami juga menyediakan fasilitas transportasi menggunakan mobil bagi yang merasa kurang nyaman jika mengendarai kendaraan bermotor.

Kode Etik Berkendara

Kode Etik Dalam Berkendara,
  1. Berdoa sebelum berangkat (kami sangat bersyukur apabila rombongan bisa berangkat jam 15.00 namun jika terjadi keterlambatan mohon untuk memaklumi karena kita adalah team work. Mengeluh dan berkeluh kesah malah menunjukkan kekurang sabaran) :) :)
  2. Mengingat kita adalah team work maka kami berharap untuk kecepatan tempuh yakni maksimal 60 km / jam agar tidak ada rombongan yang tertinggal.
  3. Dalam perjalanan menuju Basecamp kita akan beristirahat dua kali, yakni isi penuh Bensin dan saat jatah makan sore/malam. Untuk pembiayaan makan sore / malam sudah menjadi tanggungan crew kami, kecuali ada yang memilih opsi pembiayaan lain. Kami sarankan untuk mengisi penuh / full tank untuk efisiensi waktu. Bensin belum termasuk dalam fasilitas sehingga kami berharap yang menebeng atau yang mengendarai untuk berkenan iuran 25ribu (bisa dirundingkan bersama pasangannya). Kami asumsikan untuk PP habis 50ribu ditanggung oleh 2 orang tentu akan jauh lebih bersahabat.
  4. Ketika lampu hijau dimohon untuk pimpinan transport untuk mengurangi kecepatan sehingga yang menjadi anggotanya tidak ketinggalan di lampu merah. Sebagai anggota yang tertinggal mohon untuk segera menghubungi pimpinan regu (yang dituju adalah yang membonceng melalui sms / call).
  5. Ketika hendak belok mohon menghidupkan lampu sein.
  6. Ketika ada Ban Bocor, Meletus atau hambatan lain mohon untuk segera disampaikan ke pimpinannya.
  7. Kode etik yang lebih utama dari hal tersebut adalah berhati hatilah dalam mengendarai. Kita ingin berwisata bukan menambah jumlah kecelakaan. Merasa ngantuk segera komunikasikan dengan yang lain untuk istirahat sejenak. Untuk yang mengendarai ketika mengantuk pembonceng bisa melihat dari fokusnya berkendara (misal sering belok belok tanpa sebab pasti mau mendahului atau lainnya, ngerem atau ngegas mendadak). Untuk yang membonceng bisa diketahui ketika helm berbenturan ketika kondisi normal (kalau di rem maka hal ini wajar).

Lokasi Meet Point

Dimanakah letak pastinya meet point ??
Meet Point 01 di bawah Jembatan Janti
Untuk sementara belum bisa kami pastikan tepatnya tapi kami usahakan untuk sedekat mungkin dengan Rel Kereta Api dari Utara. Kemungkinan terbesarnya adalah di Masjid Al Fitroh Kalaupun tidak menemukan segera menghubungi kami via sms. Kami hendak memasang banner bertuliskan XploreWisata.Com namun belum tahu spot pastinya.
Jam 14.00 kami harapkan sudah sampai di lokasi Meet Point.
Meet Point 02 di Masjid Baitul Wahidin sekitar 30 menit setelah pemberangkatan dari Meet Point 01
dari Terminal Jombor ke Utara -> POM BENSIN Pertama di Barat Jalan -> ke Utara Sedikit di kiri 'Barat' jalan akan ketemu tulisan MASJID BAITUL WAHIDIN.
Untuk Pendakian Gunung Lawu hanya ada satu Lokasi Meet Point di Masjid Al Fitroh Timur Jembatan Layang Janti.

Rencana Kegiatan
 
Rencana kegiatan ini kami susun sebagai gambaran tentang acara apa saja yang akan dilakukan selama kegiatan Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu Magetan Jawa Timur maupun yang lainnya. 
 
Sabtu, 14 Februari 2015
 .... - 14.00 menuju titik kumpul (Masjid Al Fitroh di Timur Jembatan Janti)
14.00 - 15.00 meet point sebelum pemberangkatan, melengkapi semua perlengkapan yang masih diperlukan.
15.00 - 19.00 perjalanan menuju basecamp Cemoro Sewu Magetan Jawa Timur
19.00 - 21.00 istirahat, makan malam, sholat dan mempersiapkan buat pendakian
21.00 - 01.00 pendakian menuju pos pendirian tenda

Ahad, 15 Februari 2014
21.00 - 01.00 pendakian menuju pos pendirian tenda
01.00 - 04.00 pendirian tenda dilanjutkan istirahat
04.00 - 06.00 bangun, sholat Subuh, berburu sunrise dan persiapan melanjutkan perjalanan ke Puncak Hargodumilah
06.00 - 10.00 perjalanan menuju Puncak Hargodumilah
10.00 - 11.00 istirahat di Puncak Hargodumilah
11.00 - 13.00 perjalanan menuju pos pendirian tenda
13.00 - 16.00 perjalanan menuju basecamp Cemoro Sewu Magetan Jawa Timur
16.00 - 20.00 perjalanan menuju Yogyakarta (bisa ditempuh dalam waktu 3 jam kalau lancar).
 
*) jadwal ini hanya bersifat sebagai pegangan dan dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.
 

Untuk yang berasal dari luar Kota Yogyakarta kami sarankan untuk sampai di Yogyakarta maksimal jam 14.00 dan untuk memesan homestay dengan mengomunikasikan kepada admin terlebih dahulu untuk menanyakan solusi terbaik antara tempat yang terdekat dengan Bandara, Terminal atau Stasiun.

Misalkan
Sabtu siang -> sampai Yogyakarta -> Basecamp dan Mendaki
Ahad malam -> sampai Yogyakarta -> Bermalam di Homestay
Senin Pagi -> di Yogyakarta -> Siap Berangkat dari Yogyakarta

Daftar Perlengkapan

1. Perlengkapan Kelompok, panitia sediakan
  • Tenda (sudah kami bagi seperti acuan di atas)
  • Kompor (gas 1, parafin 1 dan spritus 1 )
  • Nesting (panci untuk memasak) apabila mempunyai dimohon untuk dibawa karena perlengkapan panci / nesting kami terbatas.
2. Perlengkapan Pribadi, dibawa masing masing
  • Tas gunung/carier
  • Air Minum 1,5 liter 3 botol (1 buat minum, 1 buat masak, 1 buat Wudhu jika memungkinkan).
  • Tas daypack/ransel kecil (cadangan)*
  • Jaket gunung (dobel)
  • Pakaian
  • Matras*
  • Sepatu hiking / Sandal gunung (boleh salah satu)
  • Sleeping bag
  • Senter/headlamp
  • Tongkat*
  • Kacamata (bening dan hitam)*
  • Kompas dan peta (optional)*
  • Jam tangan*
  • Ponco/jas hujan
  • Kaos kaki (dobel) -> usahakan 3 buah
  • Sarung tangan (dobel) -> usahakan 3 buah
  • Topi rimba*
  • Masker / Slayer -> usahakan bawa
  • Syal*
  • Gaiter (penghalang pasir agar tidak masuk ke sepatu)*
  • Korek api*
  • Pisau lipat*
  • Peralatan makan*
  • Peralatan mandi*
  • Obat obatan pribadi (panitia tidak menyediakan P3K) 
  • Plastik untuk membawa sampah dan mencegah air masuk
  • Tisu Basah 
  • Logistik (Cemilan, Pop Mie, Energen, Cofee, Roti Tawar, dst) 
  • di Mitos kan tidak boleh mengenakan pakaian / celana yang mengandung unsur hijau / batik namun dengan memperhatikan semua peraturan yang kami pandu insya Allah aman. tapi bagi yang merasa ada keraguan boleh menghindari pakaian hijau / batik.
*) boleh dibawa boleh tidak dengan mempertimbangkan berat bawaan yang akan dibawa.
 
Fungsi,
  • Sepatu / Sandal kami sarankan yang paling nyaman untuk dipakai saja. Tidak perlu memaksakan harus pakai sepatu ataupun pakai sandal yang penting usahakan yang paling nyaman untuk dipergunakan saat berjalan.
  • Kaos kaki dan Kaos tangan kami sarankan 3 untuk menghalangi masuknya suhu luar ke dalam tubuh sehingga Hypotermia bisa dicegah. 2 untuk dikenakan saat pendakian dan 1 untuk cadangan. Ketika sudah sampai ditenda maka cadangan yang akan kita pakai dan 2 buah yang kita kenakan tadi kita keringkan.
  • Slayer kami sarankan dibawa untuk mengurangi masuknya udara luar yang masuk. Dalam hal ini untuk mengurangi kelembapan udara sehingga bisa mencegah dari paru paru basah.
  • Senter ya buat penerangan :D :D :D
  • Kacamata Hitam buat narsis narsis an ajah :D tongsis ?? boleh deh dibawa :D :D
  • Sleeping Bag ya buat mempertahankan biar lemakny tidak banyak yang terbakar :D :D biar tetep gendut ajah :D :D
  • Tas harus Gede / harus Carier ?? yang penting muat untuk semua barang bawaan saja :) :) :)

Untuk Yang Beragama Islam
 
Sholat adalah sebuah kewajiban yang tidak boleh kita tinggalkan kecuali ada udzur yang membolehkannya. Oleh karena itu kami berharap pada kegiatan ini yang beragama Islam untuk menunaikan sholat sebagaiama seperti biasanya.

Untuk sholat Ashar dilakukan saat menempuh basecamp dan untuk sholat Maghrib dan Isya' kami sarankan untuk di jama' qashar karena ini adalah sebuah keringanan yang dicontohkan oleh Rasulullah shalallahu'alaihi wassalam.

Untuk sholat Subuh kami sampaikan ini adalah tantangan berat kita untuk berwudhu namun kami tetap menyarankan untuk membawa 3 botol agar ada sisa air yang bisa kita pergunakan untuk masak.
 

Cara Berkomentar Yang Baik
 
Perlu kami sampaikan bahwasanya beberapa peserta yang kami cantumkan di atas masih anonim sehingga kami menyarankan untuk memberikan nama dan menyertakan link facebook ketika berkomentar.

Apa manfaatnya ??
Ya setidaknya sebelum kita bertemu kita sudah mengenal sedikit tentang teman seperjuangan kita.

Belum tau caranya ??
Lihat paling ujung bawah postingan ini kemudian perhatikan,





Masih Ada Pertanyaan ??
Mohon tuliskan pertanyaan dalam koment tersebut dan minimal sya helo biar yang lain bisa add facebook mu :) :)

GoodLuck
 
dan mari berdoa dan berharap Allah meridhai kegiatan kita dengan mengijinkan kita semua menggapai Puncak Hagodumilah Gunung Lawu tanpa hujan / kabut / bisa melihat sunrise dan kebesarannya dengan mata kepala sendiri.

Pemilihan Basecamp
 
Hal ini pernah membuat kami galau untuk menentukan mau memilih jalur Cemoro Sewu atau Jalur Cemoro Kandang namun mulai hari Selasa, 27 Januari 2015 kami memutuskan untuk melewati Jalur Cemoro Sewu dengan pertimbangan,
  • Track pendek (meskipun terjal) 7 km Cemoro Kandang 14 km (meskipun landai)
  • Hujan (untuk menghindari tergelincirnya kaki karena licin) sudah tertata dengan batu Cemoro Kandang masih tanah
  • Sudah tertata Cemoro Kandang rawan longsor
Semoga penentuan ini bisa diterima oleh semua peserta pendakian :) :)

Maaf atas pelayanan kami yang kurang memuaskan :)

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin