Pendaki Diimbau Tak Bermalam Tahun Baru di Puncak Merapi

Pendaki Diimbau Tak Bermalam Tahun Baru di Puncak Merapi

Sabtu, 27 Desember 2014 | 12:22 WIB
 
KOMPAS IMAGES / FIKRIA HIDAYAT Anggota komunitas Jalin Merapi dan mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Mineral Indonesia mengumpulkan sampah di kawasan Pasar Bubrah usai mendaki puncak Gunung Merapi (2.896 mdpl), Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (8/6/2014).
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Para pendaki diimbau tidak menghabiskan malam tahun baru di puncak Gunung Merapi demi keselamatan mereka. Curah hujan di puncak gunung berapi aktif tersebut diperkirakan tetap tinggi. 

"Rekomendasi kami masih tetap, bagi pendaki yang ingin menghabiskan tahun baru di Merapi hanya sampai Pasar Bubrah," tegas Kasi Gunung Merapi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Agus Budi Santoso, Sabtu (27/12/2014)

Agus menuturkan, beberapa hari ini wilayah puncak Merapi sering terjadi Badai. "Jika pendaki ada di atas dan badai, maka bahayanya adalah tersesat," tandasnya.

Selain itu, sambungnya, struktur kawah di puncak Gunung Merapi masih belum stabil sehingga berpotensi besar terjadinya longsoran material. Terutama ketika terkena hujan, material dapat terbawa air dan longsor. Kondisi ini berbahaya bagi pendaki yang berada di puncak.

Ia juga mengatakan bahwa potensi letusan freatik juga masih ada. Terlebih pada musim hujan ketika air yang mengisi kawah berpotensi memicu terjadinya letusan freatik seperti yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Letusan freatik masih mungkin terjadi, apalagi di musim penghujan ini. Dan radius bahayanya antara 1 sampai 2 kilo dari puncak," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Sleman Ayu Laksmidewi menyampaikan kepada masyarakat yang ingin mendaki Gunung Merapi pada pergantian Tahun agar tidak melewati jalur selatan.

"Pendaki disarankan naik dari jalur Selo Boyolali. Rute jalur selatan tidak dianjurkan, sebab medannya curam dan sangat berbahaya," pungkasnya.

Penulis: Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma
Editor : Hindra Liauw 



Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin