Mengenal Gunung Rinjani Lebih Jauh

Mengenal Gunung Rinjani Lebih Jauh

Sharing Yaa
Lanskap Lombok di dominasi oleh Gunung Rinjani yang mencakup sepertiga dari total luas Pulau Lombok dan juga merupakan daerah tangkapan air utama dari 4 DAS ( Daerah Aliran Sungai ) terbesar yaitu Dodokan, Menanga, Putih, dan Jelateng. Di area ini, terdapat danau yang terkenal yaitu Segara Anak dengan kedalaman 250 hingga 300 m. Danau ini berfungsi sebagai waduk yang mensuplai air bagi 2,4 juta penduduk Lombok.

www.belantaraindonesia.org

Area Hutan Rinjani meliputi tiga Kabupaten ( Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Lombok Timur ) dan 3 hutan dengan tujuan khusus; Taman Nasional, Hutan lindung, dan Hutan Produksi Terbatas. Total Area Lanskap Rinjani mencapai 125.000 hektar dan merupakan wilayah hutan yang signifikan bagi masyarakat Lombok , provinsi Nusa Tenggara Barat.

Nilai sumber daya alam dan jasa lingkungan wilayah Rinjani dikalkulasikan mencapai ratusan milyar rupiah, yang meliputi 386 milyar pertahun di sektor agrikultur dan 286 milyar di sektor ekowisata. Ada lebih dari 80 desa di area tersebut dimana 42 diantaranya berbatasan langsung dengan wilayah hutan.

Total populasi di Rinjani diperkirakan 500 ribu orang. Beragam potensi vegetasi dapat ditemukan di Rinjani ( 55, 38 % jenis pohon ); 6,45 % tumbuhan menjalar; 21,53 % rumpun; 3,03 % tanaman lumut; 6,15 % rumput - rumputan; 30,7 % tumbuhan paku - pakuan. Tumbuhan endemik Nusa Tenggara juga dapat ditemukan di wilayah ini: Vernonia alnifolia ( tanaman obat - obatan ), vernonia Tenggwall, pandousa pandorana , dan dua jenis anggrek ( Perestylus rinjaniensis dan Peristylus lombalanss ).

Tanaman lainnya adalah Edelweis ( Anaphals vislida ) yang merupakan spesies khusus di wilayah pegunungan. Selain itu juga ada 16 jenis mamalia dengan beragam jenis burung. Hasil pengamatan pada tahun 2000, tercatat ada 426 jenis flora dari 95 family di wilayah ini.

Secara ekologis, komposisi vegetasi di gunung Rinjani dan hutan di sekelilingnya, memiliki arti penting dalam menjaga sistem pengairan di Lombok. Didukung juga oleh adanya wilayah Gunung Rinjani yang luas sebagai salah satu wilayah di Nusa Tenggara Barat yang berperan penting dalam menjaga fungsi rawa sebagai daerah resapan air bagi wilayah di sekitarnya.

Ada 85 sumber air dari Gunung Rinjani dengan manajemen DAS-nya. Tercatat ada 10 lokasi DAS dan 5 sub lokasinya. Tidak mengherankan jika Gunung Rinjani menjadi satu - satunya sumber air untuk sungai - sungai di Pulau Lombok yang menggerakkan 3 absorpsi air, bagian tenggara dan timur. Ada 3.000.000 penduduk yang bergantung pada sumber air tersebut.  Fmid

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin