Hutan Tropis Sumatera Terancam Bahaya

Hutan Tropis Sumatera Terancam Bahaya

Sharing Yaa
Hutan tropis di Sumatera membentang 2,5 juta hektar. Ada 3 taman nasional, gunung api tertinggi di Indonesia dan ribuan spesies flora fauna. Inilah salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang nyatanya dalam status bahaya!

www.belantaraindonesia.org
Hutan Tropis Sumatera
Bagi para pecinta alam, hutan tropis di Sumatera bagaikan surga. Anda bisa bertualang menjelajahi hutan yang penuh pepohonan lebat, bertemu ratusan satwa yang mungkin belum pernah dilihat, atau mendaki gunung untuk memotret lanskap alam dari atas ketinggian. Tapi ingat, hutan tropis Sumatera yang jadi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO ini harus dijaga kelestariannya.


Dari situs resminya, UNESCO memiliki daftar Situs Warisan Dunia yang dalam status bahaya. Ada 44 Situs Warisan di Dunia dalam daftar tersebut, yang salah satunya adalah hutan tropis Sumatera.

www.belantaraindonesia.org

Hutan tropis Sumatera ditetapkan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO di tahun 2004 silam. Hutan ini punya luas sekitar 2,5 juta hektar yang membentang dari Aceh hingga Lampung. Lalu, apa istimewanya hutan tropis Sumatera sehingga menjadi Situs Warisan Dunia?

Hutan tropis Sumatera memiliki tiga taman nasional, yakni Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. UNESCO pun menilai hutan tropis Sumatera sebagai kawasan konservasi terbesar di Asia Tenggara. Terang saja, hutan tropis Sumatera menjadi rumah bagi 10.000 spesies tanaman, 200 lebih spesies mamalia, dan 580 jenis burung.


Dalam catatan UNESCO, hutan tropis Sumatera memiliki Rafflesia arnoldii di Bengkulu sebagai bunga paling besar di dunia. Lalu, ada juga Amorphophallus titanium alias bunga bangkai yang menjadi bunga paling tinggi di dunia.

Bicara soal keindahan alam, hutan tropis Sumatera punya segalanya. Ada Gunung Kerinci yang sebagai gunung api tertinggi di Indonesia, dengan ketinggian 3.805 Mdpl. Gunung ini jadi destinasi favorit para pendaki gunung dengan kecantikan panorama alam dari atas puncaknya.

www.belantaraindonesia.org
Danau Gunung Tujuh
Di hutan tropis Sumatera juga terdapat Danau Gunung Tujuh di Jambi. Asal tahu saja, danau yang berada di ketinggian 1.950 Mdpl ini jadi danau yang letaknya paling tinggi di kawasan Asia Tenggara.


Pegunungan Bukit Barisan, yang masuk dalam kawasan hutan tropis Sumatera bahkan disebut - sebut sebagai Andes dari Sumatera. Kekayaan alam yang berlimpah di hutan tropis Sumatera, membuat UNESCO tak salah pilih menetapkannya sebagai Situs Warisan Dunia.

Namun di balik itu, hutan tropis Sumatera masuk daftar Situs Warisan Dunia dalam status bahaya. Bagaikan bom waktu, seluruh kekayaan alam dan keanekaragaman spesies di hutan tropis Sumatera bisa musnah dan punah!

UNESCO menyebut, penebangan hutan secara liar, perburuan satwa dan perambahan lahan secara ilegal untuk tempat tinggal jadi ancaman terbesar bagi hutan tropis Sumatera. UNESCO sangat mengecam tiga hal tersebut.

www.belantaraindonesia.org
Hutan Tropis Sumatera
UNESCO mengajak dan mendukung pemerintah Indonesia serta Kementerian Kehutanan untuk menegakan hukum dan bertindak tegas. Soal perburuan liar, UNESCO mengingatkan patroli polisi hutan yang harus terus ditingkatkan. Beberapa satwa di hutan tropis Sumatera memang terancam punah, seperti harimau Sumatera dan orangutan Sumatera.


Hutan tropis Sumatera adalah aset yang harus terus dijaga. Kalau UNESCO saja memasukannya dalam situs bahaya, kita yang sebagai masyarakat Indonesia harusnya lebih peduli terhadap hutan ini. src

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin