Paket Lawu - 4 Jalur Pendakian Gunung Lawu

Porter Lawu, Porter Cemoro Kandang, Porter Cemoro Sewu, Porter Candi Cetho, Mountain Guide, Paket Wisata Pendakian Gunung Lawu

Paket Lawu - 4 Jalur Pendakian Gunung Lawu
4 jalur pendakian gunung lawu

Gunung Lawu merupakan sebuah gunung yang sarat akan adat dan budaya, setiap tanggal 1 Suro, gunung Lawu selalu ramai dikunjungi oleh para penziarah, di sana mereka melakukan berbagai ritual, mulai dari pencucian keris hingga mengunjungi tapak tilas Prabu Brawijaya.

Namun, di balik itu semua, gunung Lawu juga merupakan sebuah gunung yang populer di kalangan para pendaki. Hal itu dikarenakan panorama alamnya yang memukau, tracknya yang menantang dan memiliki beberapa jalur pendakian sebagai pilihan.

4 Jalur Pendakian Gunung Lawu (Review Lengkap)

Gunung Lawu memiliki 3 puncak, yakni puncak Hargo Dalem, puncak Hargo Dumiling dan puncak Hargo Dumilah (3.265 mdpl) yang merupakan puncak tertinggi. Untuk mencapai puncaknya, setidaknya ada 4 jalur pendakian yang sering digunakan oleh para pendaki. Ulasan lengkapnya sudah saya siapkan di bawah ini.

1. Jalur Cemoro Kandang

Jalur Cemoro Kandang merupakan jalur pendakian di gunung Lawu yang dikenal sebagai jalur dengan jarak tempuh paling panjang, track yang harus dihadapi cukup bervariasi, mulai dari tanjakan, jalan datar dan jalan menurun. Namun satu hal yang pasti, di sini kamu akan dengan pemandangan alam yang megah dan mewah.

Selain batu alam yang tersusun rapih, medan di sini didominasi oleh tanah padat. Sedangkan vegetasi di jalur Cemoro Kandang didominasi oleh hutan yang rimbun. Sepanjang perjalanan, kamu akan melewati 5 pos pendakian dan 1 titik sumber air yang terletak di antara pos 3 dan pos 4.

Pintu masuknya sendiri terletak di kabupaten Karang Anyar, Jawa Tengah. Di sana sudah disediakan prasarana untuk menopang kebutuhanmu, mulai dari kamar mandi, musholla, tempat menginap dan beberapa warung yang menjual berbagai macam makanan dan minuman.

Untuk lebih detailnya, kamu dapat membaca tulisan yang berjudul pendakian gunung Lawu via Cemoro Kandang.

2. Jalur Cemoro Sewu

Lokasi pintu masuk jalur Cemoro Sewu berada tidak jauh dari basecamp Cemoro Kandang, keduanya hanya berjarak 200 meter. Lokasinya berada di kabupaten Magetan, Jawa Timur. Basecamp Cemoro Kandang cukup nyaman karena sudah ditunjang dengan sarana kamar mandi dan mushalla.

Pendakian dengan jalur Cemoro Sewu akan melewati 5 pos pendakian dan tersedia 2 titik sumber air, satu sumber air berada di antara basecamp dan pos 1, sedangkan sumber air lainnya berada di antara pos 4 dan pos 5. Jalanan di sini relatif sudah tertata rapih dan vegetasi didominasi oleh hutan rimbun yang rapat.

Untuk mengetahui lebih detail tentang jalur Cemoro Sewu, baik berupa estimasi waktu, medan di setiap pos pendakian, tempat mendirikan tenda atau keadaan vegetasi di sepanjang perjalanan, sebaiknya kamu membaca pendakian gunung Lawu via Cemoro Sewu.

3. Jalur Candi Cetho

Bila sebelumnya jalur pendakian gunung Lawu didominasi oleh 2 jalur di atas, akhir-akhir ini banyak para pendaki yang lebih memilih jalur Candi Cetho. Meskipun terbilang baru, jalur Candi Cetho menawarkan pemandangan asri dan alami di sepanjang perjalanan.

Pintu masuknya sendiri berada di kompleks candi Cetho yang berada di dusun Cetho, desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Sebelumnya, Candi Cetho sendiri merupakan obyek wisata yang populer di kalangan wisatawan. Bayangkan, seperti apa pemandangan kemegahan candi yang dibalut keindahan alam gunung Lawu?.

Pendakian gunung Lawu dengan jalur Candi Cetho, kamu akan melewati 5 pos pendakian dan 1 titik sumber air yang berada di pos 3. Untuk mengetahui informasi lebih jauh tentang jalur Candi Cetho, sebaiknya kamu membaca tulisan dengan judul pendakian gunung Lawu via Candi Cetho.

4. Jalur Jogorogo [ setau admin jalur ini belum resmi sehingga alangkah baiknya menggunakan jalur yang sudah resmi ]

Sebuah jalur yang sangat jarang digunakan oleh para pendaki, bahkan banyak para senior yang melarang para juniornya untuk memilih jalur satu ini. Sebab, track berbahaya, alam yang buas dan mitos yang mengerikan sudah siap menunggumu di sepanjang perjalanan. Selain itu, jalur satu ini dikategorikan ilegal.

Gerbang masuk jalur Jogorogo berada di desa Giri, kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Lokasi Gunung Lawu

Gunung Lawu sendiri berada di antara 2 provinsi, yakni Jawa Timur dan Jawa Tengah. Tepatnya berada di 3 kabupaten, yaitu kabupaten Karang Anyar di Jawa Tengah dan kabupaten Magetan dan Ngawi di Jawa Timur.

Informasi Lainnya Tentang Gunung Lawu

Demikian adalah informasi tentang 4 jalur pendakian gunung Lawu yang bisa kami sampaikan. Setelah mengetahuinya, jalur mana nih yang menjadi favoritmu?.

Sumber,

Call Center ExploreWisata.com,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu #derawan #belitung #pahawang #cartensz piramid, #trekkingcartensz #cartenz murah #sevensummit

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin