Porter Cikuray - Paket Cikuray Pendakian Gunung Cikuray

Paket Cikuray - Wisata Pendakian Gunung Cikuray 2.821 MDPL

Porter Cikuray, Porter Cilawu

Jalur Pendakian Gunung Cikuray Via Pemancar, Cilawu

via pemancar

Gunung Cikuray, memiliki ketinggian 2.821 mdpl, merupakan gunung tertinggi di Kab. Garut dan urutan ke-4 di provinsi Jawa Barat. Untuk ulasan umumnya, saya sudah menulisnya dalam salah satu postingan yang berjudul sejarah gunung Cikuray. Di sana, kamu bisa mengetahui berbagai informasi Cikuray secara keseluruhan.

Sedangkan, sekarang kita akan mengulas tentang jalur pendakian gunung Cikuray via Pemancar, lengkap dengan informasi transportasi dan prakiraan biayanya. Berikut ulasan lengkapnya.


Jalur Pendakian Gunung Cikuray Via Pemancar

Setidaknya, Untuk mencapai puncak Cikuray, kamu bisa memilih 3 jalur yang tersedia. Yaitu jalur Bayongbong, Cikajang dan jalur Pemancar di Cilawu. Pemancar sendiri merupakan jalur yang paling sering digunakan oleh para pendaki. Selain track-nya paling ramah, Pemancar pun paling mudah dalam urusan transportasi.

Namun, meski demikian, jalur ini adalah jalur terpanjang, sehingga waktu yang dibutuhkan relatif lebih lama. Rata-rata pendaki, mencapai puncak Cikuray membutuhkan waktu 8 jam, atau bahkan lebih. Tergantung lamanya beristirahat dan kecepatan perjalanan.

Alasan kenapa dinamakan jalur pemancar adalah keberadaan stasiun pemancar TVRI dan beberapa TV swasta di lereng gunung Cikuray di Cilawu.

Baca juga : 12 gunung terindah di Indonesia

Info Transportasi Pendakian Gunung Cikuray Via Pemancar

Bila datang dari arah Jakarta, kamu bisa menggunakan bus Primajasa atau Karunia Bakti dengan jurusan Garut. Kemudian, turunlah di terminal Guntur.

Sedangkan, jika dari arah Bandung, kamu bisa mengandalkan elf atau bus dengan jurusan Garut dan turun di terminal Guntur.


Sesampainya di terminal Guntur, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan naik ankot 06, jurusan Cilawu. Setelah, kurang lebih, 30 menit duduk manis di angkot, berhentilah di pertigaan Genteng. Lanjut naik ojeg sampai ke Pemancar. Biaya ojeg sekitar 25 ribu - 35 ribu.

Jika mendaki bersama rombongan, kamu bisa carter angkot dari terminal Guntur, langsung ke Pemancar. Biayanya bisa 40 ribu - 60 ribu per orang, tergantung kehandalanmu dalam tawar-menawar. Atau bisa lebih murah, kalau supirnya sedang gak butuh uang. Tapi, jaman sekarang, siapa juga yang gak butuh duit?.

Pendakian Gunung Cikuray Via Pemancar Cilawu

Sesampainya di pos Pemancar, kamu akan diminta biaya simaksi sebesar 10 ribu. Di sana kamu bisa istirahat terlebih dahulu, sambil mengecek kembali peralatan pendakian, perbekalan, kopi-kopi dan menikmati pemandangan alam yang sudah mulai memperlihatkan ke-asriannya.


Pos Pemancar - Pos 1

Lepas dari Pemancar, petualangan baru dimulai, track terus perlahan menanjak, pemandangan berupa perkebunan sayur milik warga di sana. Warna hijau terlihat sangat luas dan dibatasi dengan pemandangan pegunungan di sekitar. Nyaris tidak menemukan bonus, kecuali setelah berjalan 30 menitan dari pemancar. Itu pun tidak berlangsung lama.

Sampai di pos 1. Diwajibkan untuk mendaftar ulang dan memberikan nama-nama dari anggota rombongan pendakianmu. Pos ini juga merupakan tempat terakhir untuk mengisi persediaan air minum rombonganmu dan melengkapi perbekalan logistik. Sebab, di sini, kamu masih bisa menemukan warung.


Pos 1 - Pos 3

Selepas pos satu. Pemandangan sudah mulai memasuki hutan, track mulai berani mempermainkan hati, kadang bikin emosi, semakin sadis. Selain tingkat kemiringannya yang semakin meningkat, tanjakan di Cikuray pun bisa dibilang lengkap, mulai dari tanjakan berupa tanah, batu, tanah keras dan akar-akaran.

Namanya pun berbeda-beda, ada tanjakan Ambing, Cihuy, Sakti, Taraje dan tanjakan Wakwaw. Unik juga kan?, tapi mereka cukup menyiksa. Setelah puas bermain dengan tanjakan-tanjakan tersebut, sekitar 2 jam (atau bisa lebih lama), kamu sudah sampai di pos 3.

Pos 3 - Puncak Bayangan

Udah sampai puncak bayangan lagi nih bang?, selain untuk menghemat waktumu, penjelasan tentang jalur pendakian Cikuray lewat Pemancar ini saya persingkat, saya ambil point-point pentingnya saja. Setuju?. Kalau panjang-panjang nanti malah menguap.

Perjalanan dari pos 3 menuju puncak bayangan ditemani oleh tanjakan-tanjakan yang tidak bisa diremehkan dan pemandangan dipenuhi oleh barisan pohon di kiri-kananya. Setelah puas bergelut dengan tanjakan-tanjakan tersebut. Sekitar 4,5 jam. Kamu sudah sampai di puncak bayangan.

Pos bayangan merupakan kawasan tanah datar yang cukup luas. Selain beristirahat, kamu juga bisa mendirikan tenda, memasak dan tidur, menunggu waktu shubuh untuk melanjutkan perjalanan memburu sunrise di puncak gunung Cikuray.


Puncak Bayangan - Puncak Gunung Cikuray

Selepas puncak bayangan, track akan lebih tega dari sebelumnya, seperti mamah tiri, dia semakin sadis, tanjakan semakin terjal, butuh tekad kuat untuk dapat melewatinya. Terlebih, pemandangan di kanan dan kiri merupakan jurang. Berhati-hatilah saat melangkah dan telitilah ketika memilih pijakan dan pegangan.

Lebih dekat dengan puncak, pohon-pohon di pinggiran track akan terlihat lebih pendek, pada musim tertentu, bunga Edelweis akan menghiasi perjalananmu menuju puncak. Setelah tanjakan batu yang cukup merepotkan, selamat!, kamu sudah sampai di puncak Cikuray.

Secara keseluruhan, track Cikuray lewat pemancar adalah perjalanan yang menantang, tanjakan-tanjakan di sana bervariasi dan pemandangan didominasi oleh rimbunnya pepohonan. Meskipun tidak selebat hutan di jalur Cikajang.

Puncak Cikuray


puncak gunung cikuray

Puncak gunung Cikuray merupakan tanah datar yang cukup luas, mampu manampung banyak tenda. Tidak heran, kalau kebanyakan pendaki lebih memilih mendirikan tenda di puncak. Di sini, kamu bisa melihat hamparan awan dan puncak gunung Ciremai, serta menemukan bangunan kecil yang entah dibangun untuk keperluan apa dan pada tahun berapa. Saya berharap, bila kamu mengetahui tentang bangunan itu, tolong tuliskan di komentar.

Baca juga;


Demikian adalah informasi tentang jalur pendakian gunung Cikuray via Pemancar. Semoga bermanfaat. Saat mendaki di sana, atau gunung mana pun, utamakanlah keselamatan, jangan memaksakan puncak bila tidak memungkinkan, jangan melanggar aturan dan jangan lupa, kopi.
 
Sumber,

Call Center ExploreWisata.com,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu #derawan #belitung #pahawang #cartensz piramid, #trekkingcartensz #cartenz murah #sevensummit

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin