103+ Obyek Wisata Baturaden, 7 Objek Wisata Menarik di Kawasan Wisata Baturaden Banyumas

103+ Obyek Wisata Baturaden, 7 Objek Wisata Menarik di Kawasan Wisata Baturaden Banyumas
 
7 Objek Wisata Menarik di Kawasan Baturaden Banyumas - Objek Wisata Baturaden berada di bagian selatan Gunung Slamet dengan udara yang sangat sejuk. Cuaca di kawasan wisata ini semakin malam akan semakin bertambah dingin. Tak hanya mempunyai panorama alam cantik saja, tetapi Baturaden juga sangat lekat dengan legenda rakyat seperti legenda Lutung Kasarung. Baturaden sendiri berada di bagian utara Purwokerto, lebih tepatnya di bagian selatan lereng Gunung Slamet. Dikarenakan letaknya inilah, membuat kawasan ini mempunyai udara yang begitu sejuk.

Selain itu, tempat di Baturaden juga termasuk kawasan populer yang banyak digemari khususnya bagi para wisatawan lokal. Apalagi saat hari libur tiba, akan ada banyak wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata ini. Sehingga pihak pemerintah setempat pun membangun fasilitas penginapan, seperti villa dan hotel yang banyak di bangun di daerah ini. Baturaden sendiri bisa ditempuh memakai kendaraan pribadi ataupun dengan kendaraan umum. Kawasan wisata ini dari pusat kota Purwokerto hanya memakan jarak hingga 15 km saja dan bisa ditempuh selama 15 menit.

Jika Anda ingin memakai kendaraan umum, para wisatawan bisa menggunakan angkutan kota yang ada di terminal kota Purwokerto lalu turun lagi di terminal Baturaden. Anda juga bisa menggunakan taksi agar lebih praktis, namun tentunya tarif menggunakan taksi lebih mahal dibandingkan menggunakan angkot. Kawasan wisata di Baturaden ini merupakan simbol keindahan yang eksotis dan terpancar langsung dari Gunung Slamet. Tempat wisata di Baturaden ini menawawrkan akses yang sangat mudah, di sana juga terdapat banyak hotel maupun tempat penginapan lainnya untuk mengakomodasi para wisatawan.

Ada beberapa objek wisata menarik di Baturaden Banyumas sekaligus populer bagi para wisatawan yang bisa Anda kunjungi, sebagai berikut :

1. Bioskop Unik Teater Alam Baturaden
Bioskop Unik Teater Alam Baturaden
Teater Alam Baturaden
Kawasan wisata yang sangat menarik di Baturaden di urutan pertama adalah Teater Alam Baturaden. Di sini, Anda bisa menikmati pengalaman menarik dengan gaya menonton yang berbeda. Hal ini dikarenakan teater yang ditawarkan di kawasan wisata ini berbentuk pesawat. Adapun bentuk pesawat ini menyerupai jenis pesawat Foxer 28 yang dimiliki maskapai penerbangan garuda Indonesia.

Pesawat ini berdiri tepat di bagian atas tanah dengan luas sekitar 600 meter, yang mana pesawat jenis Foxer ini berlokasi di pintu masuk samping Baturaden. Namun di teater ini, Anda tak bisa menyaksikan tayangan film layar lebar layaknya bioskop di mall-mall kota besar melainkan tontonan yang menceritakan tentang kekayaan budaya dan sumber daya alam di Indonesia. Misalnya saja berupa tayangan tentang cerita budaya Taman Mini Indonesia Indah, peristiwa meletusnya Gunung Merapi, tragedi tsunami dan lain sebagainya. Sementara, durasi film yang ditayangkan di Teater Alam Baturaden ini berlangsung antara 10-15 menit saja. Jadi, sangat cocok sebagai kawasan wisata edukasi bagi anak-anak. Tempat ini juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk studytour.

2. Wisata Keluarga dan Edukasi di Kaloka Widya Mandala Banyumas
Kebun Raya Baturaden
Kebun Raya Baturaden
Jika Anda ingin menikmati objek wisata edukasi lainnya di Baturaden, Kaloka Widya Mandala inilah tempatnya. Tempat wisata Baturaden ini merupakan sebuah kebun binatang yang menawarkan beraneka ragam spesies binatang dari luar maupun dalam negeri. Ada banyak spesies hewan yang bisa Anda temukan di kebun binatang ini, seperti ayam mutiara, kelelawar, landak, kambing kaki tiga, ayam kate, beruk, sapi kaki lima, cendrawasih, elang, orang utan, rusa, buaya, kaswari, ular, monyet, gajah dan masih banyak lagi aneka satwa yang langka di taman ini.

3. Wisata Budaya Grebeg Syura di Baturaden
Wisata Budaya Grebeg Syura di Baturaden
Suasana Grebeg Syura
Baturaden juga menyajikan kawasan wisata budaya yang begitu menarik, yaitu Grebeg Syura. Anda bisa datang saat bulan pertama di tahun Islam untuk berkunjung ke Baturaden. Nah, di sinilah Anda bisa menyaksikan sebuah acara Grebeg Syura sebagai tradisi dari masyarakat setempat. Di acara ini Anda akan menyaksikan tarian tradisional Lenger, kuda lumping, musik calung hingga aktivitas untuk mengunjungi berbagai macam situs suci.

4. Wisata Alam Wana Wisata Baturaden
Wisata Alam Wana Wisata Baturaden
Wisata Alam Wana Wisata Baturaden
Di Wana Wisata Baturaden ini, Anda  bisa menemukan lokasi yang tepat untuk perkemahan. Anda bisa mendirikan sebuah tenda di tempat wisata ini jika ingin bermalam di kawasan wisata ini. Apa yang ditawarkan di kawasan wisata ini? Wana Wisata Baturaden menyajikan pemandangan hutan alam yang masih hijau dan asri sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk berkemah, baik bersama para sahabat maupun keluarga. Darigerbang masuk kawasan wisata Baturaden ini, hanya menempuh jarak 2 km saja menuju Wana Wisata Baturaden.

5. Wisata Air Terjun Curug Gede atau Curug Bayan

 Wisata Air Terjun Curug Gede atau Curug Bayan
tantodanardwi.blogspot.co.id
Di lokawisata ini, Anda bisa menikmati keelokan air terjun yang begitu menawan bak lukisan sebuah maha karya yakni di Air Terjun Curug Gede. Lokasi Curug Gede ini hanya berjarak 3 km saja dari tempat wisata di Baturaden, dan terletak di desa Ketenger. Anda juga bisa menyaksikan lempengan batu yang membingkai keindahan air terjun di Purwokerto ini.

6. Wisata Pemandian Air Panas Pancuran Pitu
Wisata Pemandian Air Panas Pancuran Pitu
Wisata Pemandian Air Panas Pancuran Pitu
Ingin mencoba pemandian air panas di kawasan Baturaden? Anda bisa berkunjung ke kawasan wisata Pancuran PItu untuk menikmati sensasi mandi air panas dengan temperatur air sekitar 60-70 oC. Selain menikmati pemandian di tempat wisata ini, Anda juga bisa menyaksikan keindahan panorama alam yang ada di sekitarnya. Tak hanya itu saja, pasalnya dengan mandi di tempat pemandian air panas Baturaden ini maka air tersebut berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Anda bisa berkunjung ke Pancuran Telu di tempat wisata Baturaden untuk terapi penyembuhan. Pancuran pitu ini berada di bagian bukit gunung Slamet, hanya berjarak 5 km saja dari jalan pertigaan kawasan Baturaden. Anda bisa menikmati jalanan dengan tikungan tajam dan berkelok menuju Pancuran Pitu, sehingga menjadikan kawasan ini sulit didaki memakai kendaraan biasa. Perjalanan mulai dari tiket masuk yang dilalui wisatawan akan melewati panorama alam yang begitu eksotis yang masih alami.

7. Telaga Sunyi
Telaga Sunyi
fadeyjevera.blogspot.co.id
Kawasan wisata Telaga Sunyi berada di pusat objek wisata Baturaden. Objek wisata ini menyajikan mata air jernih yang begitu menyejukkan. Karena air yang ada di Telaga Sunyi ini sangat dingin. Seperti namanya, tempat wisata Telaga Sunyi ini merupakan sungai yang tampak sunyi dan hening. Suasana alam di sekitar objek wisata ini sangat alami da menyejukkan. Sehingga tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk refreshing ataupun melepas penat karena rutinitas harian yang begitu membosankan. Dari tempat wisata Baturaden menuju objek wisata ini hanya berjarak 3 km saja ke arah timur. Anda pun cukup memakan waktu kurang lebih 15 menit saja dari kawasan wisata Baturaden. Akses perjalanan ke Telaga Sunyi sangatlah mudah sebab Anda bisa memakai kendaraan umum, maupun kendaraan pribadi. Agar sampai ke tempat ini, dari lokasi parkir kendaraan Anda mesti berjalan kaki danmelalui jalanan setapak, kemudian menyaksikan sungai kecil yang jernih sampai akhirnya tiba di Telaga Sunyi. Baca juga Tempat Wisata di Purwokerto.

Sumber,

Call Center ExploreWisata.com,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu #derawan #belitung #pahawang #cartensz piramid, #trekkingcartensz #cartenz murah #sevensummit

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin