Kulon Progo - Puncak Kendeng dan Kebun Teh Nglinggo, Samigaluh, Kulon Progo

Kulon Progo - Puncak Kendeng dan Kebun Teh Nglinggo, Samigaluh, Kulon Progo

Magelang ; Samigaluh Kulon Progo
Pemandangan dari Puncak Kendeng

Hari minggu kemarin, saya dan teman-teman saya berkesempatan untuk menikmati suasana pagi di Puncak Kendeng Gunung Kukusan yang berdekatan dengan Kebun Teh Nglinggo. Kami berangkat dari jogja sekitar pukul 05.00 dan tiba di lokasi sekitar pukul 06.30. Setibanya di lokasi, suasananya masih sangat sepi dan segar. Hal ini lah yang menjadi alasan kenapa kami berangak begitu pagi dari jogja.


Samigaluh Kulon Progo
Kebun Teh Nglinggo
Puncak Kendeng dan Kebun Teh Nglinggo merupakan salah satu obyek dan daya tarik wisata alam andalan yang berada di Perbukitan Menoreh. Kedua obyek wisata ini berada di dalam satu area yang sama namun terletak di dua kabupaten yang berbeda. Kebun Teh “Nglinggo” secara administratif berada di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Sedangkan Puncak Kendeng Gunung Kukusan yang berada tepat di seberang Kebun Teh, secara administratif sudah berada di Kabupaten Magelang.







Bukit Jaran
View Bukit Jaran dari Puncak Kendeng
Puncak Kendeng Gunung Kukusan merupakan semacam bukit kecil yang terbuka dan memungkinkan para wisatawan untuk menikmati pemandangan dari ketinggian. Bukit ini menawarkan pemandangan alam yang sangat menawan. Ketika cuaca cukup cerah, kita dapat melihat Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi, dan Merbabu secara bersamaan. Lokasinya berada sekitar 200 meter dari perkebunan teh / lokasi parkir dan dapat dicapai dengan berjalan kaki (tracking) sekitar 5 menit. Merupakan salah satu spot alternatif untuk menikmati sunrise dan sunset di kawasan Kulon Progo. Untuk wisatawan yang ingin sekedar menikmati suasana kebun teh sembari beristirahat dari padatnya rutinitas kota, tersedia warung-warung di sekitar kawasan wisata yang menawarkan teh dan kopi olahan masyarakat sekitar.


Aksesibilitas :
Kawasan Kebun Teh Nglinggo ini dapat diakses menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Kondisi jalan cukup baik, tidak terlalu lebar, tapi masih sangat memungkinkan bagi mobil untuk berpapasan. Karena berada di kawasan perbukitan, jalan cukup menanjak dan berkelok-kelok. Untuk pengguna kendaraan roda dua, pastikan agar kondisi motor dalam keadaan baik (terutama rem pada motor jenis matic).

Rute menuju lokasi (dari jogja) :
Jalan Godean – Jembatan Sungai Progo – Perempatan Kenteng (ambil kanan) – Perempatan Dekso (ambil kiri) – Balai Desa Purwoharjo – Balai Desa Gerbosari – Balai Desa Ngargosari - Pertigaan Plono (Pasar), ambil kanan – Kebun Teh Nglinggo.

Waktu terbaik untuk berkunjung :
Pagi hari merupakan waktu yang sangat tepat untuk berkunjung ke lokasi ini. Selain udaranya masih segar dan dingin, pemandangannya pun akan sangat indah ketika cuaca sedang cerah. Untuk para wisatawan yang gemar menikmati sunrise maupun sunset, Bukit Kukusan merupakan lokasi yang layak masuk ke dalam list anda.

Spot wisata terdekat lainnya :
Bukit Jaran, Hutan Pinus, Gardu pandang, Bukit Widosari, Watu Amben, dan Air Terjun Watu Jonggol.

Sumber,
http://mandrapahlawa.blogspot.co.id

Call Center ExploreWisata.com,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu #derawan #belitung #pahawang #cartensz piramid, #trekkingcartensz #cartenz murah #sevensummit

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin