Porter Merbabu, Mendaki Gunung saat Musim Hujan, Amankah? Porter Selo, Porter Wekas, Porter Suwanting, Porter Thekelan, Porter Cuntel, Porter Kopeng

Porter Merbabu, Mendaki Gunung saat Musim Hujan, Amankah? Porter Selo, Porter Wekas, Porter Suwanting, Porter Thekelan, Porter Cuntel, Porter Kopeng

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 10 Oktober 2017, 15:15 WIB
Ilustrasi naik gunung saat hujan

MENDAKI gunung memanglah kegiatan yang menyenangkan. Bagi sebagian orang yang khususnya pencinta alam, mendaki gunung bisa jadi tak hanya sekadar sebuah kegiatan ekstrem, tapi salah satu cara untuk menyatu dengan alam.

Namun, keadaan alam yang tidak bisa ditebak terkadang dapat memberikan halangan bagi pendaki, apalagi jika musim hujan dan cuaca tidak dapat diprediksi seperti sekarang. Sebenarnya, amankah mendaki gunung jika musim hujan? Melansir dari blog Indahnya Perjalanan, Selasa (10/10/2017), berikut jawabannya.

Menurut Indah Fajarwati, seperti yang tertulis dalam blognya, ia pernah bahkan seringkali mendaki gunung dan diiringi hujan, mulai dari hujan sedang bahkan hingga badai, pernah ia alami. Namun, bagi para pendaki yang hendak mendaki gunung saat musim hujan, Indah menyarankan untuk mempertimbangkannya matang-matang.

Alasan Indah menyarankan untuk mempertimbangkan lebih matang karena ada begitu banyak risiko yang akan dihadapi oleh para pendaki jika memaksakan untuk mendaki pada musim hujan atau badai, salah satunya ialah kemungkinan terpeleset lebih besar. Untuk itu, agar lebih aman dan tidak kecewa ketika sampai di puncak karena diselimuti kabut, Indah kembali menyarankan untuk tidak melakukan pendakian dulu.

Dalam blog pribadinya juga, Indah menyebutkan beberapa hal yang harus para pendaki pikirkan sebelum mendaki gunung dimusim hujan. Hal-hal yang harus diperhatikan oleh para pendaki ialah sebagai berikut:

1. Bahaya atau risiko yang akan muncul saat pendakian
Akan ada banyak risiko dan bahaya jika melakukan pendakian pada musim hujan. Sebagai pendaki yang bijak, kita harus mempertimbangkan keselamatan dan keamanan ketika mendaki, jangan sampai karena ingin menyatu dengan alam dan menikmati keindahan alam, berubah jadi hal yang membahayakan nyawa dan keselamatan.

2. Persiapan barang bawaan akan semakin banyak
Jika ingin mendaki gunung saat musim hujan maka harus terima membawa barang bawaan lebih banyak dari musim yang lain. Hal tersebut harus dilakukan karena perlengkapan dan peralatan yang dibawa untuk pendakian dimusim hujan akan semakin banyak. Jas hujan atau jaket double harus dibawa.

3. Bersiap kecewa karena pemandangan yang diinginkan tertutup kabut
Risiko lainnya dari pendakian yang dilakukan saat musim hujan ialah kabut yang menyelimuti pemandangan di puncak gunung. Pemandangan yang seharusnya bisa lebih indah lagi hanya sebatas kabut putih, karena cuaca yang tidak mendukung.

4. Berhenti mendaki jika cuaca tidak memungkinkan
Ketika mendaki para pendaki kerap kali menuruti ego dan mengabaikan hal-hal lain yang tidak kalah pentingnya dari puncak gunung, nyawa dan keselamatan misalnya. Maka, ketika cuaca sudah tidak memungkinkan lagi untuk sampai di puncak, para pendaki harus menghentikan langkahnya dan kembali pulang, tidak perlu memaksakan diri. Indah dalam blognya menulis, tujuan utama mendaki ialah pulang dengan selamat, dan puncak dapat didaki lagi lain kali.
(dno)
Sumber,
https://lifestyle.okezone.com

Call Center ExploreWisata.com,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu #derawan #belitung #pahawang #cartensz piramid, #trekkingcartensz #cartenz murah #sevensummit

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin