Porter Gunung, Hujan Turun saat Mendaki Gunung, Apa yang Harus Dilakukan? Porter Gunung Merbabu, Porter Merapi, Porter Lawu, Porter Slamet, Porter Sindoro, Porter Sumbing, Porter Semeru, Porter Rinjani

Porter Gunung, Hujan Turun saat Mendaki Gunung, Apa yang Harus Dilakukan? Porter Gunung Merbabu, Porter Merapi, Porter Lawu, Porter Slamet, Porter Sindoro, Porter Sumbing, Porter Semeru, Porter Rinjani

Alek Kurniawan
Kompas.com - 24/04/2017, 21:04 WIB
puncak gunung prau (Kontributor Semarang, Nazar Nurdin)

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendaki gunung merupakan sebuah aktivitas luar ruangan yang cukup populer bagi masyarakat Indonesia. Bahkan aktivitas mendaki gunung seringkali dijadikan hobi yang rutin dilakukan oleh sebagian orang.

Namun ada kalanya saat mendaki gunung, pendaki berhadapan dengan berbagai kendala. Kendala-kendala ini bisa diakibatkan oleh alam dan bisa juga karena faktor lainnya. Kendala yang bisa diakibatkan oleh alam biasanya saat pergantian cuaca yang cukup ekstrem.

Bisa jadi pada pagi hari cuaca cerah, tetapi siang hari tiba-tiba hujan lebat turun. Apa yang seharusnya dilakukan pendaki saat hujan turun secara tiba-tiba?

“Jika intensitas hujan sudah lebat, disarankan untuk berhenti sejenak dan membuat tenda atau shelter sementara untuk berteduh dari air hujan dan angin,“ kata salah satu pemandu gunung profesional, Fandhi Achmad, kepada KompasTravel (24/4/2017).

“Tapi perhatikan juga daerah sekitar yang akan digunakan untuk berteduh. Hindari berteduh atau mendirikan tenda di bawah pohon tua yang rantingnya sudah rapuh. Ranting yang rapuh dikhawatirkan akan patah karena angin yang besar,“ tambahnya lagi.

Dilansir dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), apabila terjadi hujan yang disertai petir ketika Anda berada di luar ruangan, segera turun dari daerah yang tinggi.

Selain itu, hindari berbaring di tanah, segera keluar dari medan yang berair, dan jauhi benda-benda yang menghantarkan listrik, misalnya pagar kawat berduri, saluran listrik, kincir angin, dan lain-lain. Hal ini akan menghindari Anda dari tersambarnya petir ketika hujan turun di atas gunung.
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisAlek Kurniawan
EditorNi Luh Made Pertiwi F
Call Center ExploreWisata.com,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu #derawan #belitung #pahawang #cartensz piramid, #trekkingcartensz #cartenz murah #sevensummit

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin