MEMILIH KOMPOR LAPANGAN UNTUK MENDAKI GUNUNG, Guide Merbabu

MEMILIH KOMPOR LAPANGAN UNTUK MENDAKI GUNUNG, Guide Merbabu

Salah satu bagian yang dibutuhkan oleh manusia adalah makan, dengan makan kita akan memiliki energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi untuk aktivitas mendaki gunung, tanpa adanya asupan makanan maka tubuh akan kehilangan banyak sekali energi yang dibutuhkan. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk berbicara tentang kompor gunung yang akan digunakan untuk memasak pada saat pendakian. Lalu sebenarnya kompor gunung seperti apa yang cocok untuk dibawa pada saat mendaki gunung?

Jika dilihat dari bahan bakar yang digunakan, ada banyak sekali jenis kompor yang diketahui secara global mulai dari bahan bakar gas, white gas, sinar surya, alkohol atau spirtus, lilin, parafin, atau minyak tanah. Namun secara umum ada tiga bahan kompor gunung yang sering digunakan yaitu parafin, spirtus, dan juga gas.

Lalu kompor gunung seperti apa yang cocok untuk dibawa pada saat pendakian? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita ketahui dengan melakukan pendekatan dari berbagai hal yang paling efisien dalam pendakian.

1. Tingkat Ketahanan.

Kompor gunung yang memiliki tingkat ketahanan bagus ini sangat penting agar nantinya tidak mudah rusak disaat kita simpan dalam ransel. Meskipun kecil, ada baiknya materi kompor yang digunakan sangat berkualitas dan desainya pun juga kokoh.

2. Tingkat Kenyamanan.

Untuk mengetahui kenyaman ini bukan hal mudah, karena harus disesuaikan dengan keadaan lokasi yang akan kita daki. Sebagai seorang pendaki, tentu anda sudah tidak asing lagi dengan kompor gunung dengan model presure stove, namun banyak orang tidak menyukainya karena terlalu rumit disaat digunakan.

Model tragia mungkin lebih mudah dalam pemakaian namun kita sedikit kesulitan jika harus mengatur tingkat kepanasanya. Dan menurut saya kompor yang nyaman untuk mendaki adalah jenis gas karena memang sangat mudah dalam penggunaan, namun kita sedikit kesulitan jika harus mengetahui sisa gas yang ada di tabung.

3. Keamanan.

Medan pendakian yang berat kadang membuat kita menjadi bersikap sembrono dalam melakukan berbagai Walaupun banyak orang yang berkata bahwa kita harus bersikap hati-hati, pada kenyataanya jika tubuh sudah lelah otomatis tingkat kewaspadaan menjadi berkurang.

Memilih kompor gunung dengan tingkat keamanan yang bagus adalah salah satu hal untuk antisipasi. Jika dilihat dari tingkat keamanan tentu jawabanya adalah kompor parafin, lalu dibawahnya ada tragia, kompor gas, dan yang terakhir adalah pressure stove.

4. Berat.

Jika berbicara tentang berat tentu anda sendiri bisa menjawab yaitu kompor gunung jenis bahan bakar parafin. Kompor yang sering digunakan oleh orang militer ini memang sangat simpel dan ringan karena memang terbuat dari kaleng lipat. Anda haya perlu membuka bagian tengah dan memberikan parafin.

5. Tingkat Kemudahan Dalam Penggunaan.

Jika dilihat dari tingkat kemudahan pemakaian, kompor gunung dengan bahan bakar tentu sangat mudah karena memang sangat mudah dalam mengatur suhu panas. kompor gunung jenis Trangia memang juga mudah, namun jenis kompor ini lebih sulit pada saat pengaturan suhu panas seperti halnya kompor parafin.

Untuk kegiatan pendakian sendiri kami biasa menggunakan kompor bahan bakar gas karena memang sangat mudah dalam pemakaian. Namun sebagai cadangan kompor parafin juga selalu menemani perjalan kami, sekedar untuk jaga-jaga.

Sedangkan untuk kompor gunung berbahan bakar spirtus sudah jarang kami gunakan karena selain sulit mengatur suhu ada faktor lain yang sangat merepotkan yaitu membutuhkan banyak tempat penyimpanan. Lalu kompor seperti apa yang cocok untuk pendakian? Anda bisa melakukan seperti halnya kami atau menyesuaikan sendiri menurut yang anda butuhkan.

Source; blog.cozmeed.com/kompor-gunung-yang-cocok-dibawa-saat-mendaki-gunung/

Call Center ExploreWisata.com,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu #derawan #belitung #pahawang #cartensz piramid, #trekkingcartensz #cartenz murah #sevensummit

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin