Guide dan Porter Gunung : Jalur Menuju Basecamp Gunung Andong


Jalur Menuju Basecamp Gunung Andong (Taruna Jayagiri)

Banyak Pendaki yang belum begitu mengenal gunung Andong, dimana sih itu gunung, kok gag muncul di peta ? nyari di google pun masih gag jelas ? jalur ke sananya lewat mana sih ?. mungkin sedikit banyak itu beberapa keluhan dan pertanyaan dari rekan rekan pendaki yang sering mampir di Hape, FB saya. biar lebih jelas dan lebih afdhol dalam tulisan kali ini akan saya jelaskan jalan dan jalur menuju basecamp Gunung Andong.

Alamat :
Basecamp Taruna Jayagiri
Rt 3/ Rw 5, Dusun Sawit, Desa Girirejo
Kecamatan Ngablak. Kabupaten Magelang
Dari Arah Utara, (Semarang, Ungaran, Salatiga,  Solo, Boyolali dan sekitarnya)
Start dari jalan raya Semarang Solo tepatnya di terminal Pasar Sapi Salatiga → belok ke arah Magelang (jalan raya Salatiga – Kopeng) →Kopeng → lanjut ke arah magelang → Pasar Ngablak (perhatikan gapura pasar Ngablak yang berwarna biru) → Belok KANAN di gapura yang kedua kearah Grabag (mangli) jika anda melewati lapangan sepak bola ngablak berarti anda di jalur yang benar → maju sekitar 2 KM akan ada pertigaan makam dusun kenteng (perhatikan Plang Arah Penunjuk jalan) → belok kiri dan ikuti jalan itu sampai bertemu plang selanjutnya → SD Girirejo 2 (belok kanan)  → Sampai lah  di Dusun SAWIT. start pendakian Gunung Andong.

Gapura biru, Pasar Agro Bisnis


PASAR NGABLAK
Sumber photo
Dari Arah Selatan (Magelang, Ketep Jogjakarta, Purworejo dan sekitarnya)
Start dari Terminal Tidar Magelang → belok kanan  di lampu merah canguk ke arah Kopeng/ketep → Pasar Ngablak (perhatikan gapura pasar Ngablak yang berwarna biru) → Belok Kiri di gapura yang pertama kearah Grabag (mangli) jika anda melewati lapangan sepak bola ngablak berarti anda di jalur yang benar → maju sekitar 2 KM akan ada pertigaan makam dusun kenteng (perhatikan Plang Arah Penunjuk jalan) → belok kiri dan ikuti jalan itu sampai bertemu plang selanjutnya → SD Girirejo 2 (belok kanan)  → Sampai lah  di Dusun SAWIT. start pendakian Gunung Andong.

Gunung Andong 1.736 mdpl
view Gunung Andong dari Lapangan Ngablak

Dari arah Barat (Grabag, Secang, Temanggung, Parakan, Wonosobo dan sekitarnya)
Start dari Terminal SECANG/simpang 3 Secang → Pertigaan KRINCING (pertigaan pertama dari lampu merah ke arah semarang) → Belok KANAN di pertigaan krincing menuju arag Grabag  →Pasar Grabag (Perempatan Pasar Grabag) → LURUS terus ke arah MANGLI → MANGLI (BUMI PERKEMAHAN MANGLI) → Naik terus melewati 2 dusun (dusun Mantran wetan dan mantran kulon) → sampai di SD Girirejo 2 (belok kiri) → Sampai lah  di Dusun SAWIT. start pendakian Gunung Andong.

Alternatif : setelah Buper mangli dan desa mantran kulon (desa pertama) akan bertemu pertigaan jalan ((aspal (lurus) kearag Mantran wetan dan beton Dua lajur (ke arag Hutan Pinus). jika mau ke basecamp bisa menyusuri jalanan beton tersebut sampai bertemu pertigaan pertama → belok kanan kearah Desa Sawit. jalur beton ini sebagai start jalur pendakian Gunung andong.

Sumber :
Share on Google Plus

Profil Paket Merbabu - Semeru - Raung | Xplore Wisata | Moutain Guide and Porter | XploreWisata.Com | XploreNesia | Porter Gunung | Mountain Guide

XploreWisata merupakan salah satu biro perjalanan wisata yang melayani paket domestik dan mancanegara. Dengan tenaga muda dan ahli di bidang pariwisata, akan menjadikan wisata anda lebih berkesan dan menyenangkan. Layanan konsultasi langsung saja WhatApp di nomor 085 643 455 685 [klik send]
Ayo follow Instagram @xplore.wisata dan @syarifain #|# Ayo follow Facebook @xplore.wisata dan @syarifain

0 komentar:

Posting Komentar